12 Indikator Keluarga Sehat

Berikut ini adalah 12 indikator Keluarga Sehat yang harus diketahui, apa saja?

Mengikuti KB

Setiap keluarga wajib mengikuti program KN dari pemerintah

Lakukan Persalinan di Faskes

Sekarang dilarang untuk melakukan persalinan di dukun beranak. Sebab tidak higienis dan bukan dilakukan oleh ahlinya. Maka karena itu, dianjurkan untuk melahirkan di faskes resmi sesuai arahan kemenkes.

Bayi Diharuskan Mendapat Imunisasi Lengkap

Jika memiliki bayi, pastikan mendapat imunisasi lengkap.Anak yang usianya satu sampai dua tahun wajib mendapat imunisasi dasar, yang lengkap. Pastikan imunisasi juga dilakukan oleh tenaga medis yang berwenang.

Bayi Diberi ASI Eksklusif

Bayi harus mendapatkan ASI, bukan minuman lainnya. Bayi mendapatkan ASI eksklusif dari usia nol, hingga enam bulan. Jika ibu tidak bisa menyusui, maka bisa memberikan susu formula. Sebab ada kondisi kesehatan dimana ibu tak bisa menyusui sama sekali.

Monitor Pertumbuhan Bayi dan Balita Tiap Bulan

Jika memiliki bayi dan balita, maka pertumbuhannya harus dipantau selalu. Caranya dengan mengunjungi posyandu, atau bisa ke dokter anak. Biasanya pemantauan dilakukan dengan menimbang berat anak dan berbagai pengecekan lainnya

Pasien TBC Diberi Pengobatan Sesuai dengan Standar yang ditentukan

Apabila ada keluarga yang batuknya lebih dari dua minggu, pastkan ke dokter ya! Sebab bisa jadi penyakit yang serius sedang menunggu. Penyakit yang tidak diinginkan bisa saja menulari kita. Maka karena itu harus memastikan di lingkungan ada pelayanan kesehatan yang layak.

Jika Pasien Hipertensi Harus Berobat Teratur

Jika ada keluarga yang mengidap hipertensi, maka risiko berbagai penyakit mematikan lainnya mengancam. Maka karena itu, harus benar-benar diperhatikan pengobatannya dengan serius. Keluarga juga membiasakan hidup sehat, untuk mendukung pasien hipertensi tersebut

Tidak Merokok

Rokok sangat berbahaya bagi perokok aktif dan pasif, maka karena itu rokok sangat dilarang. Untuk wujudkan keluarga sehat, semua harus terbebas dari asap rokok.

Jadi Anggota JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional

Kita tahu jika JKN merupakan asuransi resmi dari pemerintah melalui BPJS kesehatan. Semua anggota keluarga dalam KK, wajib mendaftar. Supaya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan cuma-cuma.

 Akses Air Bersih

Hal lainnya yang menjadi indikator keluarga sehat adalah memiliki akses untuk air bersih. Tak hanya itu saja, namun juga untuk air layak minum. Sarana tersebut misalnya adalah sumur yang bersih, atau PDAM. Hal ini tak sekadar di lingkungan saja, namun di tempat umum pun tersedia.

Keluarga Memiliki Jamban Sehat

Setiap keluarga harus memiliki jamban sendiri, dengan bentuk leher angsa dan bukan di sungai, apalagi yang hanya berbentuk sungai.

Anggota Keluarga yang Gangguan Jiwa Dirawat di RSJ

Jangan sampai malu saat anggota keluarga memiliki gangguan jiwa. Bawa mereka ke tenaga medis, supaya mendapat perawatan yang layak.

Demikian adalah indikator yang dibuat supaya keluarga sehat Indonesia bisa terwujud dengan baik. Bagaimana, apakah keluarga anda sudah memenuhi semuanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.