15 Manfaat Telur Asin Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

15 Manfaat Telur Asin Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

infokeluargasehat.com – Telur asin merupakan produk olahan dari telur yang diolah dengan garam, yang dikenal sebagai makanan tradisional di berbagai negara. Selain rasanya yang khas dan lezat, telur asin juga mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Telur asin yang menggunakan telur bebek juga mengandung lebih banyak nutrisi, terutama protein, lemak sehat, vitamin dan mineral. Dengan begitu, manfaat telur asin yang didapat bisa maksimal. Plus, telur bebek memiliki rasa yang lebih enak, tekstur lebih halus, dan lebih besar dari telur ayam.

Kandungan gizi pada telur asin

Manfaat telur asin yang terbuat dari telur bebek tidak terlepas dari kandungan gizinya. Dalam 100 gram telur asin terdapat 182 kalori dan beberapa nutrisi lainnya, seperti:

  • 13 gram protein
  • 13 gram lemak
  • 2 gram karbohidrat
  • 1982 miligram natrium
  • 109 miligram kalsium
  • 345 miligram kolesterol
  • 1364 IU vitamin A

Selain itu, telur asin juga mengandung vitamin B2, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, betakaroten, asam folat, kolin, selenium, zat besi, dan fosfor.

Dibandingkan dengan telur ayam, kuning telur bebek memiliki warna kuning yang lebih pekat. Ini pertanda bahwa kuning telur bebek mengandung lebih banyak vitamin A dan asam lemak omega-3.

Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah 15 manfaat telur asin bagi kesehatan:

  1. Sumber protein : Telur asin merupakan sumber protein yang baik, yang dapat membantu dalam pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh.
  2. Sumber mineral : Telur asin mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi yang dibutuhkan tubuh.
  3. Meningkatkan kesehatan jantung : Telur asin mengandung kolesterol, tetapi juga mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.
  4. Meningkatkan kesehatan tulang : Telur asin mengandung kalsium yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang.
  5. Meningkatkan kesehatan otak : Telur asin mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu menjaga kesehatan otak.
  6. Membantu dalam proses pencernaan : Telur asin mengandung lemak yang dapat membantu dalam proses pencernaan.
  7. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh : Telur asin mengandung protein dan mineral yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  8. Membantu dalam pengobatan tradisional : Telur asin dapat digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.
  9. Membantu dalam diet : Telur asin mengandung protein yang dapat membantu dalam diet, karena dapat membuat kenyang lebih lama.
  10. Menjaga kesehatan kulit : Telur asin mengandung protein yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.
  11. Membantu dalam proses penuaan: Telur asin mengandung mineral yang dapat membantu dalam proses penuaan.
  12. Meningkatkan kesehatan rambut : Telur asin mengandung protein yang dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut.
  13. Membantu dalam masakan tradisional : Telur asin dapat digunakan dalam masakan tradisional untuk menambah rasa dan nutrisi.
  14. Membantu dalam proses metabolisme : Telur asin mengandung protein yang dapat membantu dalam proses metabolisme tubuh.
  15. Sumber vitamin : Telur asin juga mengandung vitamin seperti vitamin B12 yang penting untuk kesehatan tubuh.

Namun, perlu diingat bahwa telur asin mengandung tinggi garam yang dapat meningkatkan risiko hipertensi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi telur asin dalam jumlah yang moderat dan kombinasikan dengan pola makan yang sehat dan aktivitas fisik yang cukup.

telur asin merupakan makanan tradisional yang kaya akan nutrisi dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Namun, perlu diingat untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang moderat agar tidak meningkatkan risiko kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *