5 Cara Menjalani Diet Cepat yang Aman

5 Cara Menjalani Diet Cepat yang Aman

infokeluargasehat.com – 5 Cara Menjalani Diet Cepat yang Aman. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan diet cepat yang aman. Tak hanya untuk hasil yang maksimal, cara diet ini juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan jika dilakukan dengan cara yang tidak tepat.

Sebenarnya diet cepat menurunkan berat badan tidak dianjurkan, karena pola diet ini sulit diterapkan dalam jangka panjang. Kalaupun diet ini berhasil, Anda lebih berisiko mengalami masalah kesehatan, bahkan kenaikan berat badan yang cepat setelah diet ini berhenti.

Namun, jika Anda tetap ingin mencoba diet cepat untuk menurunkan berat badan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar diet yang Anda ikuti aman untuk kesehatan Anda.

Cara Tepat Menjalani Diet Cepat Aman

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara diet puasa yang aman, ada baiknya Anda mengetahui bahwa ada anjuran penurunan berat badan yang harus dilakukan saat diet, yaitu 0,5–1 kg dalam seminggu.

Penurunan berat badan lebih dari jumlah tersebut dapat dilakukan dengan melakukan diet cepat. Namun, untuk tetap aman, Anda dapat melakukan hal berikut:

1. Kurangi porsi makan

Salah satu hal yang dianjurkan saat melakukan diet ketat adalah dengan mengurangi porsi makan. Jika Anda masih bingung berapa banyak makanan yang perlu dikurangi, Anda cukup mengurangi porsi makan menjadi setengah dari porsi makan yang biasa Anda konsumsi.

Saat mengurangi porsi makanan ini, Anda disarankan untuk mengurangi jenis makanan yang mengandung karbohidrat atau gula, lemak jenuh, dan garam. Sedangkan untuk porsi sayur dan buah dianjurkan untuk tidak mengurangi dan malah menambahnya.

2. Hindari konsumsi karbohidrat olahan

Selain mengurangi konsumsi karbohidrat, Anda juga disarankan untuk menghindari konsumsi karbohidrat olahan dan menggantinya dengan sumber karbohidrat dari biji-bijian utuh, seperti gandum, yang lebih tinggi seratnya serta banyak mengandung vitamin dan mineral.

Makanan yang termasuk dalam karbohidrat olahan antara lain nasi putih, pasta, biskuit, roti, donat, dan kue kering. Anda bisa menggantinya dengan nasi merah, roti gandum, atau pasta gandum.

3. Tambahkan makanan rendah kalori

Jika setengah porsi makan tidak membuat Anda merasa kenyang, cara mengatasi kekurangan tersebut adalah dengan menambahkan makanan rendah kalori ke dalam piring makan Anda atau menjadikannya sebagai cemilan sehat.

Salah satu makanan rendah kalori yang dianjurkan adalah sayur dan buah. Kedua jenis makanan tersebut tinggi serat sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Berolahraga secara teratur

Saat Anda menjalani diet cepat yang aman, bukan hanya pola makan Anda yang harus diubah, tetapi juga gaya hidup Anda. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari untuk membakar lemak di tubuh.

Selain rutin berolahraga, Anda juga bisa memperbanyak aktivitas fisik seperti menggunakan tangga daripada menggunakan eskalator.

5. Konsumsi banyak air

Dalam mengikuti diet puasa yang aman, dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi air putih sebelum makan dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebihan, sehingga berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *