5 Manfaat Bersepeda Saat Hamil, Yang Perlu Kamu Ketahui

5 Manfaat Bersepeda Saat Hamil, Yang Perlu Kamu Ketahui

infokeluargasehat.com – 5 Manfaat Bersepeda Saat Hamil, Yang Perlu Kamu Ketahui. Manfaat bersepeda saat hamil banyak, mulai dari memperbaiki mood, meningkatkan stamina, hingga membuat tidur lebih nyenyak. Jika ibu hamil tertarik untuk mendapatkan manfaat tersebut, yuk baca artikel ini lebih lanjut.

Berolahraga saat hamil tidak dilarang. Selama ibu hamil dalam keadaan sehat, dokter akan tetap mengizinkan ibu hamil untuk berolahraga kok. Salah satu jenis olahraga yang diperbolehkan adalah bersepeda.

5 Manfaat Bersepeda Saat Hamil

Bersepeda umumnya dilakukan di luar ruangan, namun jika ibu hamil ingin membatasi kontak fisik selama pandemi COVID-19, ibu hamil diperbolehkan bersepeda di dalam ruangan dengan sepeda stasioner.

Baik bersepeda di dalam maupun di luar ruangan, keduanya tetap memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi ibu hamil, antara lain:

1. Meningkatkan suasana hati

Semua jenis olahraga, termasuk bersepeda, sangat bagus untuk meningkatkan mood Anda. Hal ini terjadi karena saat berolahraga, tubuh akan melepaskan endorfin yang dapat memicu perasaan positif, mengurangi stres, dan menghilangkan rasa sakit selama kehamilan.

Aktivitas fisik atau olahraga secara teratur, seperti bersepeda, juga baik untuk kesehatan mental ibu hamil, terutama ibu hamil yang sering mengalami perubahan suasana hati. Perubahan suasana hati ini umumnya terjadi karena lonjakan hormon dalam tubuh selama kehamilan.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Selama kehamilan, beberapa ibu hamil mengeluh sulit tidur, baik di pagi hari maupun di malam hari. Padahal, tidur yang cukup saat hamil sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin, lho.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil dianjurkan untuk rutin berolahraga, misalnya dengan bersepeda. Olahraga ini bisa membuat ibu hamil menghirup udara segar atau menikmati pemandangan yang indah. Oleh karena itu, aktif selama kehamilan dapat membantu menghilangkan stres dan membantu ibu hamil mendapatkan istirahat yang cukup.

3. Mendukung kesehatan otot dan sendi

Bersepeda dapat memperkuat otot paha, betis, tungkai, pinggul, perut, lengan, dan bokong. Olahraga juga baik untuk meningkatkan stamina dan menunjang kesehatan otot dan persendian ibu hamil, sehingga tubuh ibu hamil lebih siap untuk melahirkan nantinya.

Dengan stamina yang lebih tinggi, ibu hamil juga akan lebih semangat menjalani aktivitas sehari-hari tanpa harus cepat merasa lelah.

4. Meningkatkan daya tahan

Selain dengan pola makan yang sehat dan istirahat yang cukup, ibu hamil dapat memperkuat daya tahan tubuh selama hamil dengan rutin bersepeda.

Dengan daya tahan tubuh yang sehat dan kuat, ibu hamil tidak mudah sakit dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Bagus juga untuk mendukung pembentukan sistem imun janin, lho.

5. Membantu mengontrol berat badan selama kehamilan

Bersepeda dapat membantu menjaga agar kenaikan berat badan selama kehamilan tetap stabil, terutama bagi ibu hamil yang mengalami obesitas. Hal ini karena olahraga seperti bersepeda dapat membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain berolahraga, untuk mengontrol kenaikan berat badan selama kehamilan, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari, antara lain biji-bijian, sayuran, dan berbagai buah-buahan.

Tips Bersepeda Aman Saat Hamil

Meski bersepeda bisa dilakukan saat hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum ibu hamil melakukannya, yaitu:

  • Kenakan pakaian yang nyaman dan aman.
  • Pastikan ibu hamil dalam keadaan sehat.
  • Pilih waktu yang tepat jika ingin bersepeda di luar ruangan yang tidak terlalu panas atau hujan, dan terapkan protokol kesehatan untuk melindungi diri dari virus Corona.
  • Hindari bersepeda di tempat yang terlalu ramai atau udaranya kotor.
  • Selalu berhati-hati saat bersepeda. Jika memungkinkan, ibu hamil dapat meminta untuk didampingi oleh pasangan atau keluarganya saat menjalani aktivitas ini.

Melihat banyaknya manfaat bersepeda saat hamil, ibu hamil kini bisa mulai mencoba memulai hari dengan rutin bersepeda atau berolahraga. Namun, pastikan ibu hamil sudah mendapat ‘lampu hijau’ dari dokter untuk berolahraga.

Jika selama bersepeda atau jenis olahraga lainnya, ibu hamil mengalami beberapa gejala, seperti sakit atau kontraksi perut, sakit kepala dan pusing, bahkan pendarahan vagina, segera hentikan aktivitas ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.