5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Anak, Yang Jarang Diketahui

5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Anak, Yang Jarang Diketahui

Infokeluarga.com – 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Anak, Yang Jarang Diketahui. Dibalik rasanya yang manis dan enak, ternyata ada berbagai manfaat buah pir untuk kesehatan anak lho Bun. Manfaat tersebut karena kandungan nutrisi di dalamnya. Yuk Bunda, kenali apa saja manfaat buah pir untuk kesehatan anak yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Buah pir mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Buah berbentuk lonceng ini kaya serat, air, dan antioksidan, namun rendah kalori. Buah pir juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, folat, magnesium, potasium, tembaga, dan kalsium.

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Anak

Karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, wajar jika buah ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk anak, antara lain:

1. Memperkuat imun tubuh

Kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan berbagai mineral pada buah pir bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Manfaat ini sangat penting untuk si Kecil, apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, Bun.

Selain itu, kandungan antioksidan pada buah pir juga memiliki khasiat untuk dapat mencegah dan meredakan peradangan. Dengan manfaat tersebut, tubuh si Kecil bisa lebih bugar dan tidak mudah jatuh sakit.

2. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Buah pir merupakan sumber serat yang sangat baik untuk pencernaan anak. Buah ini mengandung serat dan air yang dapat merangsang buang air besar dan melunakkan tinja, sehingga pencernaan anak akan lebih lancar.

Dengan memberikan Si Kecil asupan serat yang cukup, baik dari buah pir maupun sayur dan buah lainnya, ia bisa terhindar dari sembelit. Karena kandungan seratnya lebih tinggi pada kulit buah pir, sajikan buah ini tanpa dikupas. Dengan begitu, manfaat buah pir untuk kesehatan anak akan lebih maksimal.

3. Mengontrol kenaikan berat badan

Selain baik untuk pencernaan anak, kandungan serat dan air pada buah pir dapat membuat anak merasa kenyang lebih lama. Manfaat buah pir dapat mengurangi keinginan si kecil untuk makan makanan ringan yang tidak sehat, seperti keripik, permen, es krim atau biskuit, sehingga terhindar dari obesitas.

Tidak hanya dapat mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan, konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur juga dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

4. Menjaga kesehatan saraf dan otot

Dalam 100 gram buah pir, terdapat sekitar 120 mg potasium. Mineral ini diperlukan untuk menjaga kesehatan dan fungsi sistem saraf dan otot. Selain itu, potasium juga memiliki manfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan memperkuat tulang dan gigi.

5. Mencegah dan mengobati dehidrasi

Pir merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan air yang tinggi. Selain itu, buah ini juga banyak mengandung elektrolit, seperti potasium, magnesium, dan sodium. Dengan asupan cairan dan elektrolit yang cukup, Si Kecil akan terhindar dari dehidrasi.

Selain memberikan si kecil buah pir atau buah lain yang banyak mengandung air, kamu juga perlu memberinya ASI, susu, atau air putih yang cukup agar kebutuhan cairannya terpenuhi.

Selain berbagai manfaat di atas, buah pir juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit anak.

Itulah segudang manfaat buah pir untuk kesehatan anak yang perlu kamu ketahui. Namun, pastikan Bunda mencuci buah pir sebelum menyajikannya untuk si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *