5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari, Yang Harus Kamu Ketahui

5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari, Yang Harus Kamu Ketahui

Infokeluarga.com – 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari, Yang Harus Kamu Ketahui. Insomnia adalah kondisi yang membuat seseorang sulit untuk tertidur, terbangun beberapa kali saat tidur, atau tidak dapat kembali tidur setelah terbangun dari tidurnya. Kondisi ini tidak hanya akan mengganggu aktivitas keesokan harinya, tetapi juga memicu berbagai penyakit.

Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Penyebab sulit tidur di malam hari bermacam-macam, mulai dari gangguan tidur, kebiasaan tidur yang buruk, hingga penyakit tertentu. Namun, ada beberapa hal yang juga sering menjadi penyebab insomnia namun tidak disadari, yaitu:

1. Minumlah minuman berkafein sebelum tidur

Mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh, minimal 6 jam sebelum tidur dapat menyebabkan kamu sulit tidur. Ini karena kafein dapat menghambat kerja adenosine, yaitu senyawa aktif di otak yang memicu rasa kantuk.

2. Makan sebelum tidur

Kebiasaan makan mendekati waktu tidur juga bisa menjadi penyebab sulit tidur di malam hari. Hal ini bisa terjadi karena saat makan, tubuh akan mengeluarkan hormon insulin untuk mengolah makanan menjadi energi.

Proses ini dapat mengganggu ritme sirkadian atau siklus tidur dan membuat kamu tetap terjaga di malam hari.

3. Main gadget sebelum tidur

Tanpa disadari, kebiasaan bermain gadget sebelum tidur bisa membuat kamu sulit tidur, meski lampu kamar tidur redup. Pasalnya, cahaya biru yang dipancarkan layar gadget bisa menurunkan produksi hormon melatonin, yakni hormon pengatur siklus tidur.

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa cahaya biru dapat meningkatkan kewaspadaan otak dan dapat merangsang fungsi kognitif yang pada gilirannya membuat tubuh tetap terjaga dan sulit tidur.

4. Stres

Penyebab sulit tidur di malam hari adalah stres. Stres dapat mempengaruhi durasi dan kualitas tidur karena kondisi ini dapat meningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh.

Efeknya, detak jantung meningkat dan otot menjadi tegang sehingga tubuh tidak rileks dan sulit tidur.

5. Kurang sinar matahari

Meski terdengar absurd, kurangnya paparan sinar matahari bisa menjadi penyebab susah tidur di malam hari. Padahal, paparan sinar matahari di pagi hari bisa memperbaiki siklus tidur dan menjaga tubuh tetap terjaga sepanjang hari. Efeknya, saat malam tiba tubuh akan merasa ‘butuh tidur’.

Selain beberapa hal di atas, insomnia juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti kamar tidur yang tidak nyaman, baru saja melakukan perjalanan jauh di zona waktu yang berbeda, hingga efek mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti metylphenidate.

Beberapa masalah medis, seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan saraf, GERD, dan kanker, juga kerap menyebabkan penderitanya sulit tidur.

Pentingnya Mengatasi Keluhan Susah Tidur Malam

Penyebab sulit tidur malam perlu kamu ketahui agar keluhan ini bisa segera ditangani. Meski terlihat sepele, insomnia bisa menghalangi kamu untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Akibatnya, tubuh akan terasa lemas, mudah mengantuk, dan sulit berkonsentrasi keesokan harinya.

Tak hanya itu, dalam jangka panjang, kurang tidur juga dapat membahayakan kesehatan karena dapat menurunkan imunitas tubuh dan meningkatkan risiko terkena penyakit serius, seperti penyakit kardiovaskular.

Untuk mengatasi susah tidur di malam hari, disarankan agar kamu mengubah kebiasaan yang menimbulkan keluhan susah tidur. Misalnya, jika kamu terbiasa minum kopi di sore hari, sebaiknya minum kopi hanya di pagi hari atau jauh sebelum tidur.

Jangan lupa biasakan tidur pada waktu yang sama setiap hari agar terbentuk siklus tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *