6 Cara Mengatasi Sesak Nafas Akibat Asam Lambung di Rumah

6 Cara Mengatasi Sesak Nafas Akibat Asam Lambung di Rumah

infokeluargasehat.com – 6 Cara Mengatasi Sesak Nafas Akibat Asam Lambung di Rumah. Sesak napas merupakan salah satu gejala penyakit asam lambung. Beberapa cara mengatasi sesak napas akibat asam lambung dapat kamu lakukan sendiri di rumah sebagai pertolongan pertama sebelum memeriksakan diri ke dokter.

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan pencernaan, di mana asam di lambung terus naik hingga ke kerongkongan. Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai gejala, mulai dari mulas, sesak napas, nyeri dada, sulit menelan, hingga rasa asam di mulut.

Sesak napas atau dyspnea akibat asam lambung terasa menakutkan karena dapat menyebabkan komplikasi pernapasan yang mengancam jiwa. Sesak napas terjadi karena asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa masuk ke paru-paru, dan menyebabkan saluran udara membengkak. Ini biasanya terjadi saat tidur.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Akibat Asam Lambung

Untuk meredakan gejalanya, ada beberapa cara mengatasi sesak napas akibat asam lambung yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Dengan begitu, kamu bisa merasa tenang sejenak sebelum menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut beberapa caranya:

1. Duduklah dengan dada condong ke depan

Duduk dengan dada agak ke depan bisa menjadi salah satu cara mengatasi sesak napas akibat asam lambung. kamu bisa duduk di kursi, lalu posisikan kaki rata di lantai. Condongkan dada ke depan, dan sandarkan siku di lutut atau pegang dagu dengan tangan. Pastikan otot leher dan bahu kamu tetap rileks.

Posisi ini bertujuan untuk menciptakan lebih banyak ruang di rongga dada agar kamu dapat kembali bernapas dengan nyaman.

2. Bernapaslah dengan mulut kamu

Teknik ini dilakukan dengan menarik napas melalui hidung sebanyak 2 hitungan, dan menutup mulut. Kemudian, kerutkan bibir kamu seperti sedang bersiul, dan buang napas melalui mulut selama 4 hitungan.

Cara mengatasi sesak nafas akibat asam lambung yang satu ini bertujuan untuk memperlambat pernafasan agar tidak bekerja terlalu keras setiap kali menarik dan menghembuskan nafas. Selain itu, bernapas dengan bibir ini juga dapat membantu mengeluarkan udara di dalam paru-paru, sehingga udara segar dapat masuk.

3. Lakukan pernapasan diafragma

Latihan pernapasan seperti pernapasan diafragma dapat menjadi cara mengatasi sesak napas akibat asam lambung. Untuk melakukan ini, kamu bisa duduk di kursi dengan lutut ditekuk. Pastikan bahu, kepala, dan leher kamu tetap rileks.

Letakkan tangan kamu di perut, lalu tarik napas perlahan melalui hidung dan rasakan perut kamu bergerak di bawah tangan. Kemudian, buang napas melalui mulut dengan bibir mengerucut. Saat kamu mengeluarkan napas, kencangkan otot kamu dan rasakan perut kamu masuk.

Ulangi cara ini selama kurang lebih 5 menit hingga kamu bisa bernapas dengan lebih lega.

4. Berdiri dengan punggung ditopang

Teknik ini dapat melemaskan jalan napas dan meredakan sesak napas akibat asam lambung. Caranya adalah berdiri di dinding dan sandarkan pinggul ke dinding. Posisikan kaki selebar bahu, lalu letakkan tangan di atas paha. Setelah itu, condongkan tubuh ke depan dan ayunkan tangan ke depan.

5. Tidur dalam posisi santai

Ada dua posisi tidur yang bisa kamu coba sebagai cara mengatasi sesak napas akibat asam lambung.

Pertama, cobalah berbaring miring lalu letakkan bantal di antara kepala dan kaki kamu. Jaga punggung kamu lurus. Kedua, kamu bisa berbaring telentang, lalu letakkan bantal di bawah kepala dan di bawah lutut.

Kedua posisi ini akan merilekskan tubuh dan jalan napas kamu, sehingga memudahkan kamu bernapas.

6. Arahkan kipas ke wajah
Mengarahkan kipas angin ke wajah diketahui bisa meredakan gejala sesak napas akibat asam lambung yang kamu alami. Putar kipas angin ke arah wajah kamu hingga nafas yang tadinya sesak menjadi lega. Kipas angin akan meniupkan udara sejuk yang akan membantu kamu mengatur napas.

Cara Mencegah Sesak Nafas Akibat Asam Lambung

Mencegah sesak napas akibat asam lambung tentunya berkaitan dengan upaya pencegahan penyakit asam lambung atau GERD. Untuk mencegah munculnya penyakit ini, kamu harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Berikut ini adalah beberapa perubahan gaya hidup yang dapat kamu lakukan:

Menjaga berat badan agar selalu sehat dan ideal

Ubah pola makan kamu menjadi lebih sehat dengan makan porsi kecil tapi sering, dan hindari konsumsi cemilan sebelum tidur

  • Hindari makanan dan minuman pantangan asam lambung
  • Berhenti merokok dan batasi konsumsi minuman beralkohol
  • Hindari paparan polutan dan alergen
  • Tidurlah yang cukup setiap hari
  • Tinggikan kepala sekitar 10–20 cm saat tidur untuk mencegah makanan naik ke kerongkongan

Jika beberapa cara mengatasi sesak napas akibat asam lambung tidak mampu meredakan gejala yang kamu alami, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *