6 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh

infokeluargasehat.com – 6 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh. Rambutan atau Nephelium lappaceum tumbuh subur di iklim tropis yang meliputi Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Sesuai namanya, pori-pori dan kulit buah ini penuh dengan rambut.

Buah rambutan memiliki daging buah berwarna putih, terdiri dari biji, dan berbentuk seperti bola kecil. Saat dikupas, buah ini terlihat seperti leci atau lengkeng.

Buah rambutan ini memiliki rasa manis dan cocok dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk anak-anak dan ibu hamil.

Kandungan gizi buah rambutan

Seperti buah lainnya, rambutan mengandung banyak vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam seratus gram buah rambutan terdapat sekitar 70 energi dan :

  • 0,9 gram protein
  • 18 gram karbohidrat
  • 0,8–1 gram serat
  • 15 miligram kalsium
  • 15 miligram fosfor
  • 0,5 miligram zat besi
  • 15 miligram natrium
  • 110 miligram kalium
  • 60 miligram vitamin c

Selain vitamin di atas, buah rambutan juga mengandung magnesium, folat, seng, kolin, dan berbagai vitamin lainnya, termasuk vitamin A dan vitamin B. Buah rambutan juga kaya akan berbagai antioksidan, termasuk antosianin, senyawa fenolik, dan flavonoid.

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan

Karena mengandung banyak vitamin, tak heran jika buah rambutan bisa memberikan berkah kebugaran yang luar biasa, berikut:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Rambutan merupakan salah satu bentuk buah yang mengandung cukup banyak serat. Kandungan serat ini sangat baik untuk pencernaan dan proses pembuangan feses pada tahap tertentu saat buang air besar. Dengan konsumsi serat yang cukup dari buah rambutan atau buah dan sayuran lainnya, kamu akan terhindar dari konstipasi atau sembelit.

2. Perkuat Daya Tahan Tubuh

Rambutan juga merupakan sumber nutrisi C yang luar biasa. Selain itu, buah ini mengandung nutrisi A dan antioksidan. Kandungan inilah yang membuat buah rambutan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan sistem kekebalan yang lebih kuat, tubuhmu dapat memerangi kuman dan virus penyebab penyakit dengan lebih baik. Hal ini sangat cocok untuk membuatmu kini tak mudah jatuh sakit, lho.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Sama seperti banyak jenis buah lainnya yang mengandung potasium, rambutan memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium adalah salah satu bentuk mineral yang berperan penting dalam mengurangi tekanan darah dan menjaganya tetap stabil.

Selain itu, antioksidan dalam rambutan juga berperan dalam menurunkan peradangan, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

4. Membantu penurunan berat badan

Asupan sayuran dan buah-buahan, serta buah rambutan, bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga mampu mengurangi nafsu makan. Sangat bagus untuk membantu menurunkan berat badan ekstra.

Selain makan sayur dan buah agar bisa menurunkan berat badan, Kamu juga dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat, tidak melewatkan sarapan, cukupi cairan, makan makanan kecil tapi biasa, dan sering berolahraga.

5. Menjaga kebugaran tulang

Seiring bertambahnya usia, kebugaran dan kesehatan tulang kamu akan menurun. Namun hal ini bisa dicegah jika kamu sering mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan kalium, antara lain buah rambutan, sayuran berdaun hijau, ikan, kacang-kacangan, susu, keju, dan yogurt.

Selain mengonsumsi makanan yang akan menjaga kebugaran tulang dengan baik, Kamu dianjurkan untuk hidup aktif dalam olahraga, tidak lagi merokok, dan tidak lagi mengonsumsi minuman beralkohol. Jika diinginkan, Kamu juga dapat mengonsumsi suplemen.

6. Mengurangi bahaya kanker

Buah rambutan mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal akibat radikal bebas dan merusak sel-sel tubuh. Kandungan antioksidan pada buah ini juga memiliki manfaat dalam menurunkan risiko kanker pada tubuhmu lho.

Sejumlah penelitian juga menemukan bahwa buah atau ekstrak buah rambutan memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah prevalensi berbagai jenis kanker, termasuk kanker kulit dan kanker usus besar.

Selain manfaat di atas, buah rambutan juga dipercaya dapat mengurangi resiko pembentukan batu ginjal. Namun, khasiat buah rambutan ini masih membutuhkan penelitian serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *