6 Manfaat Latihan TRX untuk Kesehatan Tubuh, Yang Perlu Kalian Coba

6 Manfaat Latihan TRX untuk Kesehatan Tubuh, Yang Perlu Kalian Coba

Infokeluarga.com – 6 Manfaat Latihan TRX untuk Kesehatan Tubuh, Yang Perlu Kalian Coba. Olahraga TRX populer dan populer di kalangan anak muda. Tidak hanya praktis dan lebih terjangkau, jenis olahraga ini bisa menjadi pilihan bagi orang yang ingin melatih dan membentuk otot tubuh.

TRX adalah olahraga untuk melatih kekuatan seluruh tubuh dengan memanfaatkan berat badan tanpa harus menggunakan barbel atau alat fitness. Olahraga ini mengandalkan berat badan saat melakukan gerakan yang menentang gravitasi. Latihan dilakukan dengan bantuan tali elastis khusus atau karet yang biasa disebut suspender/tali suspensi.

6 Manfaat Latihan TRX untuk Kesehatan Tubuh

TRX diklasifikasikan sebagai jenis latihan intensitas sedang. Namun, TRX juga bisa menjadi latihan berintensitas tinggi, tergantung pada jenis gerakan yang dilakukan. Olahraga ini baik untuk membangun kekuatan otot dan persendian serta membakar kalori.

Jika dilakukan secara rutin, TRX dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Kencangkan otot

Bagi Anda yang menginginkan perut lebih rata dan kencang, olahraga TRX bisa menjadi pilihan. Jenis latihan ini juga dianggap sebagai alternatif latihan beban biasa.

TRX bagus dan efektif untuk membangun massa otot, meski menggunakan peralatan sederhana. Inilah alasan mengapa banyak orang, terutama anak muda, tertarik padanya.

2. Perbaiki postur tubuh

Jika Anda memiliki postur tubuh yang buruk, seperti banyak membungkuk, latihan TRX bisa menjadi pilihan latihan yang baik untuk memperbaiki postur tubuh Anda.

Latihan dan gerakan dalam olahraga TRX baik untuk membentuk dan mengencangkan otot-otot tubuh, termasuk otot inti di perut, dada, bahu, dan punggung. Latihan di area ini dapat memperbaiki postur.

3. Tingkatkan fleksibilitas

Beberapa gerakan dalam latihan TRX mengharuskan Anda untuk menjaga keseimbangan. Sepanjang latihan, Anda juga akan diminta untuk melakukan peregangan pada interval yang berbeda. Alhasil, tubuh akan lebih lentur.

Tidak hanya membuat tubuh lebih lentur dan kuat, latihan TRX juga dapat menjaga dan meningkatkan kemampuan koordinasi dan gerakan refleks tubuh.

4. Meredakan sakit punggung

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa latihan TRX baik untuk meredakan nyeri punggung. Hal ini dikarenakan gerakan dalam latihan TRX dapat memperkuat otot-otot di sekitar punggung, sehingga dapat meredakan nyeri punggung bawah.

Namun, jika Anda memiliki keluhan sakit punggung dan ingin mencoba latihan TRX, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter agar dokter dapat menentukan intensitas dan gerakan yang aman.

5. Meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah

Latihan TRX dapat meningkatkan aliran darah, menjaga irama jantung normal, dan menurunkan tekanan darah. Manfaat tersebut menjadikan TRX sebagai olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

6. Menghilangkan stres dan membuat tidur lebih nyenyak

Saat Anda berolahraga, tubuh Anda melepaskan endorfin. Endorfin dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stres dan kecemasan. Hormon ini juga dapat meredakan rasa sakit dan meningkatkan kualitas tidur.

Selain berbagai manfaat di atas, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa latihan TRX baik untuk mengurangi nyeri sendi dan otot akibat radang sendi (osteoarthritis). Namun, jika Anda menderita radang sendi dan ingin mencoba olahraga ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.