6 Manfaat Melon Untuk Kesehatan Tubuh Anak

6 Manfaat Melon Untuk Kesehatan Tubuh Anak

Infokeluargasehat.com – 6 Manfaat Melon Untuk Kesehatan Tubuh Anak. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, ternyata ada berbagai manfaat buah melon untuk kesehatan anak lho, Bun. Manfaat tersebut didapat dari kandungan nutrisi dan antioksidan yang terdapat pada buah melon. Tidak hanya bisa dikonsumsi langsung setelah dikupas dan dipotong, buah ini juga bisa diolah menjadi jus atau salad buah.

Buah melon kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk menunjang tumbuh kembang anak, antara lain kalium, folat, magnesium, kolin, dan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Buah melon juga mengandung banyak antioksidan, seperti polifenol. , flavonoid, dan lutein.

6 Manfaat Melon Untuk Kesehatan Tubuh Anak

Beberapa anak mungkin menolak makan melon, terutama ketika mereka pemilih makanan. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengolah melon menjadi masakan lain, seperti jus, smoothies, atau campuran salad buah yang mungkin disukai si kecil.

Tidak hanya baik untuk memenuhi asupan nutrisi harian si kecil, ada banyak manfaat melon yang bisa ia dapatkan, di antaranya:

1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Sekitar 90% kandungan melon adalah air. Selain itu, buah biji ini juga mengandung elektrolit penting yang dibutuhkan tubuh, seperti magnesium, potasium, sodium, dan kalsium.

Kandungan air dan elektrolit memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh si kecil, yaitu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegahnya mengalami dehidrasi.

2. Mendukung kesehatan dan fungsi mata

Manfaat melon selanjutnya adalah untuk kesehatan mata anak. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin A dan antioksidan yang terdapat pada buah melon, yaitu antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan antioksidan, seperti melon, dapat menjaga kesehatan dan fungsi mata, serta mencegah masalah penglihatan.

3. Menjaga kesehatan dan sistem syaraf

Melon mengandung potasium yang cukup banyak. Mineral ini diperlukan untuk meningkatkan kesehatan otot dan sistem saraf bayi kamu. Selain itu, potasium juga membantu mengontrol keseimbangan cairan tubuh, dan menjaga tekanan darah tetap sehat.

4. Memperkuat daya tahan tubuh anak

Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah melon juga sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh anak, Bun. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh si kecil akan lebih jarang sakit dan kuat melawan infeksi.

Selain itu, kedua bahan ini berperan penting dalam mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit.

5. Pencernaan lancar

Karena banyak mengandung serat dan air, buah melon juga baik dikonsumsi si kecil untuk memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, melon juga memiliki sifat prebiotik yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.

6. Mendukung kesehatan dan kekuatan tulang

Manfaat melon lainnya adalah dapat menunjang kesehatan tulang anak. Khasiat tersebut didapat dari kandungan vitamin K, kalsium, dan asam folat yang terkandung dalam buah melon.

Ketiga jenis nutrisi ini merupakan komponen penting untuk memperkuat tulang si kecil dan mendukung pertumbuhannya.

Itulah informasi mengenai berbagai manfaat buah melon untuk kesehatan anak yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui informasi di atas, kini kamu tidak perlu ragu untuk menambahkan melon ke dalam menu harian si kecil, bukan?

Agar mendapatkan manfaat buah melon yang maksimal, pilihlah buah melon dalam kondisi baik dan tidak ada cacat pada kulit buahnya, Bun. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci melon hingga bersih dan memotongnya terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada si kecil.

Selain rutin mengonsumsi melon, anak kamu juga perlu mengonsumsi makanan bergizi lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.