6 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan, Yuk Simak Apa Aja Manfaatnya

6 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan, Yuk Simak Apa Aja Manfaatnya

Infokeluarga.com – 6 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan, Yuk Simak Apa Aja Manfaatnya. anfaat timun suri untuk kesehatan ada bermacam-macam. Meski belum banyak dibahas, perlu Anda ketahui bahwa mentimun suri mengandung berbagai nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti kalium, kalsium, fosfor, vitamin C, flavonoid, hingga saponin.

Mentimun suri termasuk dalam famili labu kuning (Cucurbitacea) yang memiliki kemiripan dengan mentimun dan melon. Mentimun suri merupakan salah satu buah yang paling banyak diburu saat bulan Ramadhan karena buah ini enak untuk dijadikan sebagai hidangan buka puasa.

6 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan

Berikut berbagai manfaat mentimun suri untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh Anda lewatkan:

1. Melembabkan tubuh

Mentimun suri merupakan buah yang memiliki kandungan air yang tinggi. Mengkonsumsi timun suri dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Mentimun suri juga mengandung potasium yang merupakan mineral penting yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh.

2. Menghambat pertumbuhan bakteri

Kandungan alkaloid, flavonoid, saponin, steroid, dan triterpenoid dalam mentimun suri dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dapat bermanfaat dalam memerangi bakteri penyebab penyakit, seperti Streptococcus sp. Namun, manfaat mentimun suri ini masih perlu dipelajari lebih lanjut.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Beberapa sumber menyebutkan bahwa vitamin C dan vitamin A yang terkandung dalam mentimun suri cukup tinggi, sehingga mentimun suri diduga bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Kedua vitamin ini dapat membantu mendorong produksi sel darah putih, terutama limfosit dan fagosit, yang berperan dalam melindungi tubuh dari infeksi.

Vitamin C juga merupakan antioksidan sehingga dapat melindungi sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C dibutuhkan tubuh untuk penyerapan zat besi, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan kadar asam urat.

4. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin A diketahui bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Sebuah penelitian pada hewan juga mengungkapkan bahwa vitamin A dari mentimun suri dapat menjaga kesehatan jaringan pada organ yang mengalami peradangan kronis.

5. Membantu menjaga kesehatan tulang

Manfaat mentimun suri selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Manfaat tersebut bisa didapatkan berkat kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya.

Kalsium diketahui tidak hanya baik untuk kesehatan tulang dan gigi, tetapi juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, fungsi otot dan saraf, serta memperlancar aliran darah.

Sedangkan fosfor berguna untuk meningkatkan energi, mengurangi nyeri otot setelah berolahraga, menyaring racun di ginjal, dan memelihara atau memperbaiki jaringan sel.

6. Mencegah anemia

Mentimun suri mengandung zat besi, sehingga konsumsinya dapat membantu mencegah anemia atau kelelahan. Hal ini karena zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Agar manfaat zat besi bisa didapatkan secara maksimal dan kebutuhan zat besi harian Anda terpenuhi dengan baik, sebaiknya Anda juga mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi lainnya, seperti daging sapi, hati ayam, kerang, tiram, lentil, bayam, hingga kacang-kacangan.

Mentimun suri memang paling enak disajikan dengan buah lain dan sirup atau susu kental manis. Namun, sebaiknya jangan mencampur sirup dan susu kental manis terlalu banyak mengingat kandungan gulanya yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.