6 Manfaat Tomat untuk Anak, Yuk Kenali Manfaatnya Bun

6 Manfaat Tomat untuk Anak, Yuk Kenali Manfaatnya Bun

infokeluargasehat.com – 6 Manfaat Tomat untuk Anak, Yuk Kenali Manfaatnya Bun. Tomat mengandung nutrisi yang cukup lengkap, sehingga baik dikonsumsi oleh anak-anak. Selain itu, buah yang sering disalahartikan sebagai sayuran ini juga bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak lho. Ketahui apa saja manfaat tomat untuk anak.

Buah yang memiliki nama latin Solanum lycopersicum ini cukup mudah ditemukan di Indonesia dan harganya ekonomis. Tomat dapat dikonsumsi langsung setelah dicuci atau diolah menjadi berbagai masakan.

Jika si kecil tidak suka makan tomat, Anda mungkin bisa mengubahnya menjadi berbagai hidangan menarik, seperti sup, jus, salad buah, atau digunakan sebagai saus untuk campuran pasta.

Kandungan Gizi Buah Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk kesehatan anak berkat kandungan nutrisinya yang beragam. Buah ini mengandung banyak antioksidan, seperti likopen, lutein, beta karoten, dan flavonoid.

Dalam 1 buah tomat mengandung sekitar 20 kalori dan berbagai nutrisi sebagai berikut :

  • 1,5 gram serat
  • 1 gram protein
  • 4 gram karbohidrat
  • 10 miligram kalsium
  • 0,5 miligram zat besi
  • 10 miligram magnesium
  • 25 miligram fosfor
  • 240 miligram potasium
  • 0,1 miligram seng
  • 7 miligram kolin
  • 15 mikrogram (µg) folat
  • 900 IU vitamin A
  • 20 miligram vitamin C
  • 2 miligram vitamin E
  • 8 mikrogram vitamin K

6 Manfaat Tomat untuk Anak

Karena kandungan nutrisinya yang melimpah, ternyata banyak sekali manfaat tomat untuk anak, antara lain:

1. Mendukung proses pertumbuhan

Tomat dapat diberikan sebagai makanan pendamping untuk bayi dan anak yang lebih besar. Buah-buahan yang mengandung karbohidrat, protein, serta berbagai vitamin dan mineral dikenal baik untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangannya.

2. Meningkatkan daya tahan

Tomat mengandung berbagai nutrisi yang dapat memperkuat daya tahan tubuh anak, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, likopen, beta karoten, protein, dan zat besi.

Dengan sistem pengenalan yang kuat, tubuh si kecil bisa lebih kuat melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit. Hal ini dapat membuat si kecil lebih jarang jatuh sakit.

3. Menjaga kesehatan mata

Anak usia 1 sampai 8 tahun membutuhkan sekitar 2000-3000 IU vitamin A atau setara dengan 400-500 RE per hari. Asupan vitamin tersebut dapat diperoleh melalui makanan yang kaya vitamin A atau beta karoten, termasuk tomat. Nutrisi tersebut berperan penting dalam menjaga fungsi dan kesehatan mata anak.

Selain vitamin A, tomat juga mengandung lutein, zeaxanthin, lycopene, vitamin C, vitamin E, dan protein yang baik untuk kesehatan mata. Untuk memaksimalkan manfaat tomat ini pada si kecil, Anda juga bisa memberinya makanan bergizi lainnya, seperti wortel, bayam, mangga, dan ubi jalar.

4. Mencegah sembelit

Kandungan serat dan air dalam tomat baik untuk pencernaan anak. Dengan memberinya asupan serat dan air yang cukup, si kecil bisa terhindar dari sembelit.

5. Menjaga kesehatan jantung

Tahukah Ibu? Salah satu manfaat tomat adalah untuk menjaga fungsi dan kesehatan jantung anak. Manfaat tomat adalah karena kandungan serat, potasium, dan antioksidan, seperti likopen dan beta-karoten yang terkandung di dalamnya.

Konsumsi buah dan sayuran, termasuk tomat, diketahui baik untuk menjaga tekanan darah normal, menjaga irama jantung yang teratur, dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Inilah alasan mengapa tomat baik untuk kesehatan jantung anak.

6. Menjaga kesehatan kulit

Tomat juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit anak berkat kandungan likopen, vitamin, A, vitamin C, dan vitamin E. Nutrisi tersebut diketahui dapat menjaga sel-sel kulit tetap sehat, meningkatkan produksi kolagen dalam kulit, dan melindungi kulit anak dari bahaya polusi dan paparan sinar matahari yang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.