7 Cara Memperbaiki Pola Tidur, Buat Kamu Yang Sering Begadang

7 Cara Memperbaiki Pola Tidur, Buat Kamu Yang Sering Begadang

infokeluargasehat.com – 7 Cara Memperbaiki Pola Tidur, Buat Kamu Yang Sering Begadang. Bagi kamu yang sering begadang dan sulit tidur, kamu perlu mengetahui beberapa cara memperbaiki pola tidur. Pasalnya, tidur yang cukup dan berkualitas tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga mencegah berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes bahkan penyakit jantung.

Orang dewasa disarankan untuk tidur malam selama 7-9 jam sehari agar tubuh tetap fit dan sehat. Namun, sebagian orang sulit memenuhi kebutuhan tersebut karena memiliki pola tidur yang buruk sehingga membuat tidur atau tidur yang berkualitas menjadi sulit. Padahal, pola tidur yang sehat diperlukan agar ritme sirkadian tubuh tidak terganggu.

Ritme sirkadian adalah mekanisme alami tubuh yang mengatur waktu tidur dan bangun setiap hari. Untuk memenuhi kebutuhan tidur, kamu bisa menerapkan cara memperbaiki pola tidur berikut ini.

Cara Memperbaiki Pola Tidur

Setiap orang memiliki pola tidur yang berbeda karena aktivitas dan kebiasaan tidur yang diikutinya juga berbeda setiap harinya. Namun, jika kamu memiliki pola tidur yang buruk, ada beberapa cara untuk memperbaiki pola tidur kamu, yaitu:

1. Buat jadwal tidur

Untuk memperbaiki pola tidur, hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah membuat waktu tidur yang teratur. Oleh karena itu, usahakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Misalnya, hari ini kamu tidur jam 10 malam dan bangun jam 5 pagi, usahakan tidur dan bangun jam itu setiap hari. Patuhi jadwal tidur yang konsisten, bahkan jika kamu sedang berlibur, untuk mengatur siklus tidur kamu.

2. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Menciptakan lingkungan tidur yang nyaman juga termasuk membantu mengatur pola tidur. Caranya, redupkan atau matikan lampu dan perangkat elektronik, seperti televisi dan ponsel, saat hendak tidur. Hal ini perlu diperhatikan karena paparan cahaya terang dapat mengirimkan sinyal ke otak untuk menghentikan produksi melatonin, atau hormon tidur, sehingga membuat sulit tidur.

Hal yang sama berlaku untuk suara kebisingan televisi. Otak akan terus memproses paparan suara dari televisi dan akan membuat kamu sulit tidur.

3. Hindari bermain game hp sebelum tidur

Hentikan kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur. Pasalnya, cahaya biru yang dipancarkan layar perangkat juga bisa menghambat produksi hormon melatonin yang memengaruhi keinginan untuk tidur. Selain itu, bermain gadget sebelum tidur juga bisa berdampak buruk pada mood. Saat kamu membuka jejaring sosial di perangkat kamu, konten yang mengandung elemen tertentu dapat membuat kamu merasa tidak nyaman saat melihatnya. Efeknya, kamu pun jadi sulit tidur.

4. Meditasi sebelum tidur

Jika kamu sering mengalami kesulitan tidur di malam hari, biasakan bermeditasi sebelum tidur. Kegiatan tersebut bisa merangsang produksi melatonin, sehingga kamu bisa lebih mudah tertidur. Meditasi dapat dilakukan dengan duduk atau berbaring dengan posisi yang nyaman di ruangan yang tenang. Lalu tutup matamu. Tarik napas dalam-dalam selama 5 detik, lalu hembuskan perlahan selama 5 detik. Fokuskan pikiran kamu pada gerakan nafas dan lakukan secara berulang-ulang.

5. Batasi tidur siang

Meskipun tidur siang bermanfaat bagi kesehatan kamu, batasi durasinya. Sebaiknya tidur siang tidak lebih dari 30 menit sehari agar tidur kamu tidak terganggu di malam hari.

Agar tidak menghabiskan waktu tidur siang, jangan lupa untuk selalu menyetel alarm sebelum tidur. Hal lain yang perlu diperhatikan terkait kebiasaan tidur siang yang dapat memengaruhi pola tidur adalah waktu tidur.

Disarankan untuk menghindari tidur siang setelah jam 3 sore. m. Tidur siang setelah jam tersebut justru bisa mengganggu tidur malam kamu.

6. berolahraga secara teratur

Olahraga teratur juga merupakan bagian dari cara memperbaiki pola tidur. Olahraga dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak karena dapat meningkatkan produksi hormon melatonin.

Untuk mendapatkan manfaat dari olahraga ini, disarankan agar kamu rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari atau melakukannya 5 kali dalam seminggu. Namun, hindari berolahraga sebelum tidur.

7. Hentikan kebiasaan makan sebelum tidur

Agar cepat tertidur, hindari juga makan sebelum tidur. Jika kamu merasa lapar, kamu perlu memberi jarak 2-3 jam antara waktu makan dan waktu tidur agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan yang dimakan.

Selain memperhatikan jet lag, dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan berat, berlemak, manis, atau berkafein sebelum tidur. Sebaliknya, konsumsilah makanan yang dapat meningkatkan kadar hormon serotonin, seperti kenari, almond, kacang mete, atau pistachio.

Cara memperbaiki pola tidur sebelumnya sebaiknya diterapkan setiap hari untuk membentuk pola tidur yang sehat.

Kebiasaan Membangun dan Menjaga Pola Tidur Sehat Menjadi sehat juga tidak instan, jadi kamu perlu bersabar dan konsisten agar pola tidur sehat terbentuk dari waktu ke waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *