7 Cara Mudah dan Praktis Melembutkan Rambut

7 Cara Mudah dan Praktis Melembutkan Rambut

infokeluargasehat.com – 7 Cara Mudah dan Praktis Melembutkan Rambut. Rambut yang lembut dan mudah diatur bukan satu-satunya hal yang bisa kamu dapatkan dengan perawatan rambut di salon. Ada juga berbagai cara melembutkan rambut yang mudah dilakukan sendiri di rumah. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan rambut impian tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Rambut yang kasar, kusam, dan susah diatur dapat mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, tidak sedikit pria dan wanita yang berusaha mencari cara agar rambut mereka terlihat lembut dan tidak kusut.

7 Cara Mudah dan Praktis Melembutkan Rambut

Konon, rambut lembut adalah salah satu ciri rambut sehat dan terawat, lho. Nah, untuk mewujudkannya, simak cara melembutkan rambut yang bisa membuat hari-hari kamu terhindar dari bad hair day.

Berbagai Cara Melembutkan Rambut

Ada berbagai kebiasaan sehari-hari yang bisa kamu terapkan sebagai cara untuk melembutkan rambut, di antaranya:

1. Memilih sampo yang tepat

Langkah pertama untuk melembutkan rambut kamu adalah dengan memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut kamu. Disarankan agar kamu memilih sampo yang berlabel ‘bebas sulfat’ atau ‘bebas deterjen’ dan mengandung dimetikon.

Kandungan sulfat memang bisa menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari rambut. Namun, zat ini juga dapat merusak rambut dan menyumbat pori-pori.

2. Perhatikan frekuensi keramas

Shampoo diformulasikan untuk membersihkan minyak berlebih pada kulit kepala. Namun, jika digunakan setiap hari, sampo dapat menghilangkan minyak alami rambut kamu, membuat rambut kamu terlihat kusam, kering, dan rapuh.

Untuk jenis rambut normal, keramas dua kali seminggu sebenarnya bisa menjaga kebersihan rambut. Jika rambut kamu cenderung berminyak dan lepek, disarankan untuk mencuci rambut setiap 1 atau 2 hari sekali.

Seberapa sering kamu mencuci rambut juga bisa dilihat dari beberapa faktor. Misalnya, paparan polusi, aktivitas yang dilakukan, dan kondisi cuaca.

3. Gunakan kondisioner

Setelah keramas, oleskan kondisioner ke rambut kamu secara merata dan diamkan selama beberapa menit agar menyerap ke batang rambut dan melembutkan setiap helainya.

Selain melembutkan rambut, kondisioner juga dapat mengurangi pembentukan ujung bercabang dan kerusakan rambut akibat cuaca panas atau paparan sinar matahari.

4. Gunakan masker rambut

Gunakan masker rambut minimal seminggu sekali. kamu bisa memilih masker rambut yang mengandung keratin, asam amino, atau provitamin B5. kamu juga bisa membuat masker rambut sendiri dengan mencampurkan 1 buah alpukat, 2 sendok makan gel lidah buaya, dan 1 sendok makan minyak kelapa.

Selanjutnya, oleskan masker secara merata dan bungkus rambut dengan handuk hangat. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Gunakan minyak sayur

Minyak nabati, seperti minyak kelapa dan minyak zaitun, juga dikenal dapat melembutkan rambut. kamu hanya perlu mengoleskan minyak pada rambut secukupnya, lalu pijat hingga ke akar rambut.

Biarkan semalaman, lalu cuci keesokan paginya. kamu juga bisa langsung mencuci rambut setelah didiamkan selama 30 menit. Lakukan minimal seminggu sekali.

6. Batasi penggunaan pewarna rambut, pengering dan pelurus rambut

Terlalu sering menggunakan pengering, pelurus, dan pengeriting rambut juga dapat merusak rambut kamu. Paparan udara panas dari alat ini bisa membuat rambut menjadi kasar, kering, dan kusam.

Batasi juga penggunaan pewarna rambut, karena produk tersebut mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan rambut kering dan kasar. Disarankan juga agar kamu mengenakan topi saat berada di luar ruangan untuk melindungi rambut kamu dari paparan sinar matahari.

7. Makan makanan bergizi

Untuk mendapatkan rambut yang lembut dan sehat, tidak cukup hanya merawatnya dari luar, tetapi juga dari dalam. kamu bisa melakukannya dengan mengonsumsi makanan bergizi yang dapat menunjang kesehatan rambut, seperti ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan.

Kandungan nutrisi dalam makanan tersebut, seperti protein, seng, asam lemak omega-3, dan vitamin, dapat menyehatkan kulit kepala. Kulit kepala yang sehat akan menghasilkan rambut yang sehat pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published.