7 Jenis Aromaterapi untuk Tidur dan Cara Menggunakannya

7 Jenis Aromaterapi untuk Tidur dan Cara Menggunakannya

infokeluargasehat.com – 7 Jenis Aromaterapi untuk Tidur dan Cara Menggunakannya. Aromaterapi adalah terapi alami yang menggunakan wewangian minyak esensial untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan emosional. Inilah mengapa aromaterapi sering disebut sebagai terapi minyak esensial.

Ada banyak manfaat kesehatan dari aromaterapi, salah satunya adalah meningkatkan kualitas tidur. Sebuah studi mengklaim bahwa menggunakan aromaterapi tertentu dapat merilekskan tubuh dan membantu seseorang tidur lebih nyenyak.

Jenis aromaterapi untuk tidur

Ada beberapa jenis essential oil yang bisa Anda gunakan sebagai aromaterapi tidur, yaitu:

1. kamomil

Penggunaan aromaterapi jenis chamomile diketahui dapat menyebabkan kantuk. Minyak ini mengandung senyawa apigenin, yaitu antioksidan yang dapat merangsang bagian otak untuk mengatur tidur. Penggunaannya juga dinilai efektif untuk mengatasi insomnia.

2. Lavender

Kandungan linalool dan linalyl acetate pada lavender dapat merelaksasikan tubuh, sehingga dapat membuat seseorang lebih cepat tertidur. Selain itu, lavender juga diketahui dapat membantu mengatasi gangguan tidur akibat kecemasan dan gejala menopause.

3. Aroma Terapi Sage

Aromaterapi sage juga bisa digunakan sebagai aromaterapi tidur. Tumbuhan ini memiliki efek antidepresan dan dapat menurunkan kadar hormon stres, atau kortisol. Dengan menghirup minyak esensial sage, seseorang dapat merasa lebih rileks dan tertidur lebih cepat.

4.Aroma Terapi Kayu Cendana

Kayu cendana atau sandalwood memiliki aroma woody dan earthy yang menenangkan. Selain dapat merelaksasikan tubuh, cendana juga dapat membuat seseorang menjadi lebih mengantuk karena memiliki efek sedatif.

5. Kayu cedar

Anda juga bisa mencoba menggunakan aromaterapi kayu cedar atau kayu cedar untuk tidur jika Anda menyukai aroma kayu. Hal ini dikarenakan kayu cedar mengandung senyawa kimia cedrol yang memiliki efek sedatif sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

6. Bergamot

Bergamot juga bisa digunakan sebagai aromaterapi untuk tidur. Tanaman perdu ini masih tergolong jenis jeruk sehingga memiliki aroma yang menyegarkan seperti jeruk. Bagi sebagian orang, aroma segar ini mungkin lebih cocok untuk memicu semangat, misalnya saat bekerja di siang hari.

Namun, aromaterapi bergamot juga bisa menenangkan pikiran dan menurunkan tekanan darah. Alhasil, produk ini juga kerap digunakan sebagai aromaterapi tidur bagi orang-orang yang sangat menyukai aroma jeruk.

7. geranium

Berbeda dengan aromaterapi bergamot, geranium memiliki aroma floral. Sebuah studi mengklaim bahwa menggunakan geranium essential oil sebagai aromaterapi dapat meningkatkan kualitas tidur. Manfaat ini berasal dari kandungan geranyl acetate yang dikandungnya.

Minyak esensial ini biasanya dicampur dengan minyak mawar, sehingga aromanya cenderung lebih unik dan memberikan efek menenangkan pada tubuh.

Cara menggunakan aromaterapi untuk tidur

Menggunakan aromaterapi untuk tidur cukup mudah. Anda bisa meneteskan aromaterapi ke dalam air panas lalu menghirup uapnya. Anda juga bisa menggunakan diffuser atau mengoleskan minyak esensial ke kulit dengan memijat bagian tubuh tertentu.

Namun, sebelum mengoleskan minyak esensial ke kulit, pastikan Anda sudah mengencerkannya dengan minyak penghilang minyak, seperti minyak zaitun atau minyak almon, agar tidak mengiritasi kulit. Caranya, cukup larutkan 1 sendok teh minyak pelarut dengan 1 tetes minyak esensial. Jika ingin menggunakan diffuser, cukup teteskan 2-3 tetes essential oil ke dalam mangkuk diffuser dan hirup uap yang dihasilkannya.

Banyaknya jenis aromaterapi untuk tidur bisa membuat Anda bingung dalam memilihnya. Anda juga harus tahu bahwa aroma minyak atsiri yang disukai satu orang mungkin tidak disukai orang lain.

Oleh karena itu, agar lebih efektif membantu Anda tidur, pilihlah aromaterapi dengan aroma yang Anda sukai. Wewangian favorit seringkali dapat menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *