7 Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan Tubuh

infokeluargasehat.com – 7 Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan Tubuh. Asparagus diklasifikasikan sebagai jarang dikonsumsi, bahkan terdengar asing bagi beberapa orang Indonesia. Faktanya, manfaat asparagus untuk kesehatan tubuh tidak kalah besar dari jenis sayuran lainnya.

Asparagus memiliki bentuk seperti batang bambu dan kecil. Sayuran hijau dan putih ini dapat dikonsumsi secara langsung atau diproses dengan menumis, merebus, atau dipanggang. Asparagus juga dapat digunakan sebagai campuran sup dan salad.

Asparagus dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya nutrisi, seperti serat, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, seng, selenium, dan folat.

Tidak hanya berbagai nutrisi di atas, asparagus juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan antioksidan, seperti flavonoid, glutathione, kolin, dan polifenol.

Berbagai manfaat asparagus
Berbagai nutrisi yang terkandung dalam asparagus membuat sayuran ini memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat asparagus yang bisa Anda dapatkan:

1. Cegah penyakit kronis

Asparagus mengandung antioksidan, seperti vitamin C, flavonoid, dan polifenol, yang baik untuk melindungi sel -sel tubuh dari kerusakan karena paparan radikal bebas.

Paparan radikal bebas yang berkepanjangan dapat memicu kerusakan pada sel -sel tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit ginjal.

2. Luncurkan traktat pencernaan

Asparagus memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan diketahui berguna untuk meluncurkan saluran pencernaan. Oleh karena itu, dengan makan makanan berserat secara teratur, seperti asparagus, dapat membuat Anda lebih mudah buang air besar dan menghindari risiko sembelit.

3. Menjaga kesehatan janin

Asparagus juga mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan wanita hamil dan janin, seperti folat. Nutrisi ini diperlukan pada tahap awal kehamilan sehingga janin dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat. Wanita hamil yang mengonsumsi folat yang cukup dapat melindungi janin mereka dari risiko cacat tabung saraf, seperti Spina bifida.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kandungan glutathione dalam asparagus baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan menghilangkan zat beracun dari tubuh. Meski begitu, manfaat asparagus masih perlu diselidiki lebih lanjut.

Untuk menghindari kanker, Anda masih disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat dan secara teratur memeriksa kesehatan Anda.

5. Pertahankan tekanan darah yang stabil

Asparagus mengandung asparagin asam amino yang bertindak sebagai diuretik alami. Zat ini dapat merangsang tubuh untuk menghilangkan kelebihan garam, air, dan zat beracun melalui urin. Mengurangi kadar garam dalam tubuh, dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

Tidak hanya itu, efek diuretik asparagus juga membuat Anda lebih sering buang air kecil. Dengan begitu, risiko pengembangan infeksi saluran kemih berkurang karena bakteri di saluran kemih akan keluar dengan urin. Efek diuretik juga baik untuk mengatasi masalah di saluran kemih.

6. Kontrol gula darah

Asparagus adalah makanan dengan indeks glikemik rendah. Artinya, asparagus tidak akan membuat gula darah meningkat secara dramatis. Selain itu, asparagus juga kaya akan karbohidrat kompleks, antioksidan, dan serat.

Kontennya baik untuk mencegah peningkatan kadar gula darah dan menjaga gula darah stabil.

7. Pertahankan berat badan

Asparagus adalah sayuran rendah kalori dan serat tinggi, jadi baik untuk mencegah kenaikan berat badan. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau diet, tidak ada salahnya untuk meningkatkan asparagus dalam opsi menu makan Anda.

Selain berbagai manfaat di atas, asparagus juga berperan dalam proses pembekuan darah selama cedera dan meningkatkan kekuatan tulang. Ini berkat kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.