7 Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

7 Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

infokeluargasehat.com – 7 Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung. Di Indonesia, bandeng sering diolah menjadi bandeng presto. Selain enak, manfaat bandeng untuk kesehatan juga beragam. Hal ini berkat kandungan nutrisi pada ikan bandeng salah satunya omega-3 yang baik untuk menunjang fungsi otak hingga menjaga kesehatan jantung.

Ikan bandeng (Chanos chanos) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Habitat asli bandeng sebenarnya berada di laut, tepatnya di Samudera Hindia hingga Samudera Pasifik. Namun ikan ini dapat hidup di air tawar atau air payau, sehingga banyak dibudidayakan sebagai ikan air tawar.

7 Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan Tubuh

Ikan bandeng memiliki duri yang banyak sehingga sering diolah menjadi bandeng presto agar durinya melunak dan lebih mudah untuk dimakan. Meski memiliki banyak duri, ikan bandeng juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Ikan Bandeng

Ikan bandeng merupakan sumber protein yang baik. Dalam 100 gram ikan bandeng terkandung sekitar 20 gram protein dan berbagai nutrisi sebagai berikut:

  • 123 kalori
  • 5 gram lemak
  • 150 miligram fosfor
  • 270 miligram potasium
  • 67 miligram natrium
  • 20 miligram kalsium
  • 2 miligram zat besi
  • 45 mikrogram (mcg) vitamin A

Ikan bandeng juga mengandung vitamin B12 dan asam lemak omega-3 (EPA dan DHA). Padahal, kandungan omega-3 pada ikan bandeng bisa menjadi pengganti ikan salmon.

Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan Tubuh

Dibalik rasanya yang gurih dan nikmat, bandeng memiliki berbagai manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan bandeng yang bisa Anda dapatkan:

1. Mendukung kesehatan dan fungsi otak

Kandungan asam lemak omega-3, protein, dan antioksidan pada ikan bandeng berperan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi otak. Berbagai nutrisi tersebut diketahui dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta mencegah demensia atau kepikunan, terutama pada lansia.

Selain itu, omega-3 juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dan anak.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat lain dari bandeng adalah dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Hal ini didukung oleh kandungan asam lemak omega-3 yang diketahui mampu menurunkan trigliserida dan kolesterol, serta mengontrol tekanan darah.

3. Menjaga kesehatan dan fungsi mata

Ikan bandeng mengandung nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, seperti vitamin A, vitamin B6 dan B12, serta omega-3. Asupan nutrisi yang cukup dapat mengoptimalkan fungsi mata dan mengurangi risiko gangguan mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

4. Menjaga kesehatan tulang dan sendi

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan bandeng juga dapat meningkatkan kekuatan tulang dan mengatasi radang sendi.

Selain itu, manfaat ikan bandeng untuk tulang juga ditunjang dengan kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit tulang, seperti rakhitis dan osteoporosis.

5. Mencegah anemia

Ikan bandeng mengandung vitamin B12, folat, dan zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan nutrisi tersebut dapat menyebabkan produksi sel darah merah berkurang yang kemudian memicu anemia.

Anda bisa memanfaatkan ikan bandeng untuk mencegah anemia dengan memasukkan ikan ini ke dalam menu makanan Anda.

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A, zat besi, dan protein pada ikan bandeng berperan dalam pembentukan sel kekebalan tubuh, sehingga dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan kuman penyebab penyakit. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah sakit.

7. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin

Ikan bandeng juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti zat besi, protein, seng, dan asam lemak omega-3, dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin serta memenuhi kebutuhan nutrisi ibu selama kehamilan. Porsi ikan bandeng yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah 2-3 porsi per minggu.

Ikan bandeng merupakan sumber protein hewani yang baik untuk tubuh. Manfaat ikan bandeng di atas bisa didapatkan secara maksimal jika Anda juga menerapkan pola hidup sehat, antara lain mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan berolahraga secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.