7 Manfaat Lidah Buaya: Cegah Diabetes hingga Jaga Kesehatan Kulit

infokeluargasehat.com – 7 Manfaat Lidah Buaya: Cegah Diabetes hingga Jaga Kesehatan Kulit.
Lidah buaya atau Aloe vera sering kita jumpai di lingkungan sektar tempat tinggal. Tanaman ini ada yang dirawat maupun tumbuh liar.

Gel yang terkandung pada lidah buaya, baik yang alami maupun sudah berupa produk kemasan sering dijadikan sebagai pengobatan tradisional.

Hal ini lantaran gel lidah buaya kaya akan vitamin dan mempunyai kandungan senyawa bioaktif lainnya, seperti mineral, asam amino, dan antioksidan.

Merangkum Medical News Today, berikut 7 manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

7 Manfaat Lidah Buaya Cegah Diabetes hingga Jaga Kesehatan Kulit

1. Cegah diabetes

Mengkonsumsi ekstrak lidah buaya dapat membantu turunkan kadar gula darah sehingga dapat mencegah penyakit diabetes. Pada penderita diabetes, aloe vera juga mampu mengurangi risiko komplikasi.

Meski demikian, penggunaannya mesti berhati-hati dikarenakan jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes, glukosa darah bisa turun dalam jumlah yang tinggi sehingga malah bisa membahayakan kesehatan.

2. Punya sifat antioksidan dan antibakteri

Gel yang terkandung pada lidah buaya mempunyai kandungan antioksidan kuat berupa zat yang disebut sebagai polifenol.

Polifenol dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang mengakibatkan infeksi pada manusia. Itu sebabnya, gel lidah buaya sering dijadikan obat oles pada luka atau masalah kulit lainnya.

3. Asam lambung

Getah gel lidah buaya berguna untuk mempertahankan ekuilibrium asam perut bila dikonsumsi dengan jumlah tepat.

Sebaiknya anda mengkonsumsi lidah buaya dalam jumlah yang disarankan atau tidak berlebihan. Anda sebaiknya juga berkonsultasi  dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat herbal lidah buaya.

4. Mengurangi plak gigi

Kerusakan gigi dan penyakit gusi adalah masalah kesehatan yang sangat umum. Salah satu cara paling baik untuk mencegah kondisi ini adalah dengan mengurangi penumpukan plak, atau biofilm bakteri pada gigi. Hal ini dapat dilakukan dengan gel atau jus lidah buaya yang efektif membunuh bakteri penghasil plak Streptococcus mutans di mulut, dan juga ragi Candida albicans.

Berdasarkan riset yang dipublikasikan ethiopian Journal of Health Science pada April 2014, jus lidah buaya murni memiliki manfaat yang sama dengan klorheksidin atau obat antiseptik untuk melawan infeksi bakteri pada mulut (Biasanya berbentuk obat kumur, salep, atau larutan).

5. Mengobati sariawan

Sariawan bisa terjadi beberapa titik, seperti bawah bibir dan di dalam mulut. Kondisi ini membuat seseorang merasa tak nyaman saat makan ataupun minum.

Dilansir berasal dari Medical News Today, penelitian memperlihatkan bahwa lidah buaya mampu mempercepat penyembuhan sariawan. Lidah buaya tak sekedar mempercepat penyembuhan sariawan, namun juga mengurangi rasa sakit yang terkait dengannya.

6. Mengobati sembelit

Getah lidah buaya juga bisa dijadikan sebagai pencahar ampuh yang menaikkan takaran air di usus sehingga bisa menstimulasi sekresi lendir. Kandungan ini juga meningkatkan peristaltik usus, yang merupakan kontraksi yang memecah makanan dan mencampur ke dalam chyme.

Setelah bercampur dengan zat asam dan enzim, makanan berubah jadi cairan kental yang dinamai chyme. Chyme akan bergerak meninggalkan lambung menuju usus halus.

7. Menjaga kesehatan kulit

Lidah buaya juga kaya akan beta karoten, vitamin C, dan E, sehingga dapat mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Aloe vera gel juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang mencegah kerutan dan garis halus. Menggunakan gel ini membantu membuat kulit lebih kenyal dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.