7 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan, Ternyata Banyak Manfaatnya

7 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan, Ternyata Banyak Manfaatnya

infokeluargasehat.com – 7 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan, Ternyata Banyak Manfaatnya. Manfaat mandi air hangat tidak hanya untuk mengatasi udara dingin di pagi hari, tetapi juga dapat meredakan keluhan tertentu bahkan baik untuk kesehatan mental. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat mandi air hangat, simak pembahasannya di sini.

Air hangat sering digunakan untuk mengompres bagian tubuh yang sakit atau nyeri, seperti perut atau punggung. Selain kompres air hangat, Anda juga bisa mandi atau berendam di air hangat untuk meredakan keluhan ini. Anda juga bisa mandi air hangat untuk meredakan hidung tersumbat.

Tak hanya itu, manfaat mandi air hangat juga bisa melancarkan peredaran darah. Saat kulit bersentuhan dengan air hangat, tubuh akan melepaskan endorfin, yaitu zat kimia yang bisa membuat Anda merasa nyaman dan bahagia. Inilah sebabnya mengapa Anda akan merasa lebih rileks setelah mandi air hangat.

7 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan

Selain beberapa hal di atas, ada berbagai manfaat mandi air hangat yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Menghilangkan rasa sakit

Saat otot tubuh terasa nyeri dan tegang, mandi air hangat bisa menjadi solusi untuk meredakan ketegangan otot dan mengurangi rasa tidak nyaman pada persendian dan tulang.

2. Untuk tidur lebih banyak suara

Bagi Anda yang mengalami insomnia atau sulit tidur, Anda bisa mencoba mandi di malam hari menggunakan air hangat untuk mengatasinya. Manfaat ini berkaitan dengan efek relaksasi yang dapat dihasilkan dengan mandi atau berendam di air hangat, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur dan tidur lebih nyenyak.

3. Mengatasi Sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah suatu kondisi ketika buang air besar tidak teratur, sehingga sulit untuk buang air besar dalam waktu yang lama. Mandi atau berendam dengan air hangat yang dicampur dengan garam Epsom dipercaya menjadi salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut.

4. Menghilangkan gejala wasir

Wasir dapat terjadi di dalam rektum atau di luar saluran anus. Kondisi ini disebabkan oleh adanya pembuluh darah yang bengkak dan meradang di daerah tersebut.

Seseorang yang terkena wasir biasanya akan merasa tidak nyaman karena gatal atau keluarnya darah dari anus. Mandi air hangat setidaknya bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dan gatal-gatal.

5. Menghilangkan rasa sakit akibat prostatitis

Kelenjar prostat menghasilkan cairan yang mengangkut dan memelihara sperma. Peradangan dan pembengkakan kelenjar prostat dikenal sebagai prostatitis. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan membuat seseorang sulit untuk buang air kecil.

Prostatitis adalah suatu kondisi yang memerlukan perhatian medis. Namun, mandi air hangat juga bermanfaat bagi penderita prostatitis untuk menghilangkan keluhan nyeri.

6. Mengatasi gatal setelah prosedur episiotomi

Beberapa persalinan memerlukan episiotomi, yaitu sayatan di perineum untuk melebarkan bayi keluar. Perineum adalah daerah antara vulva atau genitalia eksterna dan anus.
Agar tidak terinfeksi, sayatan di perineum harus tetap bersih. Perawatan luka episiotomi dimulai segera setelah melahirkan.

Mandi air hangat disertai dengan merendam bagian bokong terutama perineum dapat membersihkan luka episiotomi dan juga berguna untuk menghilangkan rasa gatal atau nyeri di sekitar perineum.

7. Mengatasi iritasi kulit

Bagi pemilik kulit gatal dan teriritasi, mandi atau berendam di air hangat yang dicampur dengan bubuk oatmeal khusus dapat menjaga kelembapan kulit dan mengurangi iritasi kulit. Efek mandi air hangat juga bisa meredakan peradangan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.