8 Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil

8 Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil

infokeluargasehat.com – 8 Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil. Memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan adalah hal yang wajib. Selain untuk menjaga kesehatan ibu hamil, hal ini juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Nah, salah satu jenis buah yang bisa ibu hamil masukkan ke dalam daftar cemilan sehat adalah salak.

Selain dikenal dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, manfaat buah salak untuk ibu hamil juga sangat banyak lho. Hal ini karena salak mengandung sejumlah nutrisi penting di dalamnya. Yuk, cari tahu manfaat lengkapnya di artikel ini.

Buah dengan nama latin Salacca zalacca ini mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti karbohidrat, protein, zat besi, kalsium, potasium, tembaga, seng, fosfor, vitamin A dan C, serta antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. ibu hamil dan janinnya.

Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah salak untuk ibu hamil yang perlu kamuketahui:

1. Meningkatkan imunitas

Selama masa kehamilan, perubahan hormonal dapat menyebabkan daya tahan tubuh ibu hamil juga melemah. Hal ini akan menyebabkan beberapa ibu hamil lebih mudah sakit.

Nah, agar ibu hamil tetap sehat, ibu hamil bisa mengonsumsi buah salak yang kaya akan vitamin C dan A. Tercukupinya kebutuhan kedua vitamin ini dapat menunjang daya tahan tubuh ibu hamil.

Namun selain mengkonsumsi salak, untuk mengurangi resiko infeksi terutama saat hamil, jangan lupa untuk makan makanan bergizi seimbang lainnya, terapkan pola hidup bersih dan sehat, jalani vaksinasi ibu hamil sesuai jadwal, dan rutin kontrol kehamilan. ke dokter kandungan.

2. Mengurangi morning sickness

Sebagian besar ibu hamil mengalami morning sickness pada tahap awal kehamilan. Kondisi ini bisa membuat nafsu makan ibu hamil berkurang bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Meski cukup sering dialami oleh ibu hamil dan biasanya akan mereda setelah usia kehamilan memasuki trimester 2 dan 3, tidak sedikit ibu hamil yang merasa terbebani dengan kondisi ini karena akhirnya sulit makan dan minum.

Salah satu cara untuk mengurangi keluhan tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium. Kalium terkandung dalam beberapa jenis buah-buahan, antara lain salak, pisang, jeruk atau tomat.

3. Mengatasi kram otot

Selain bermanfaat untuk mengurangi morning sickness, kandungan kalium pada buah salak juga berkhasiat untuk membantu meredakan kram otot dan nyeri yang sering terjadi saat hamil.

Selain mengonsumsi salak yang mengandung potasium, untuk meredakan kram dan nyeri otot, ibu hamil juga bisa melakukan pijat ringan dan mandi air hangat.

4. Memperkuat tulang

Selain mengandung potasium, salak juga mengandung kalsium, lho. Kebutuhan kalsium yang cukup dapat membantu memperkuat tulang ibu hamil dan mengurangi risiko terkena hipertensi atau preeklampsia selama kehamilan. Mineral yang satu ini juga akan mendukung pembentukan tulang dan gigi janin.

5. Mengatasi sembelit

Selama kehamilan, peningkatan hormon progesteron dapat memperlambat pergerakan usus dan menyebabkan ibu hamil mengalami sembelit.

Maka, memenuhi kebutuhan serat harian dengan mengonsumsi buah-buahan, termasuk salak, ditambah dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup akan membantu mengatasi sulit buang air besar.

6. Meningkatkan fungsi otak

Beberapa wanita hamil mungkin mengeluh bahwa mereka mudah lupa. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari perubahan hormon kehamilan, kurang tidur, atau stres yang tidak dikelola dengan baik.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah terjadinya kondisi tersebut, sekaligus meningkatkan fungsi otak dan daya ingat ibu hamil adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Salah satu yang bisa ibu hamil pilih adalah salak.

Soalnya, salak mengandung beta karoten, pektin, dan potasium yang diketahui bisa meningkatkan aliran darah ke otak, yang bisa mendukung kesehatan sel saraf di otak.

7. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat buah salak untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Indeks glikemik buah salak cukup rendah sehingga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama penderita diabetes gestasional.

8. Mencegah kerusakan sel

Buah salak mengandung flavonoid yang dikenal dengan sifat antioksidannya. Antioksidan akan membantu menangkal efek paparan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh ibu hamil.

Selain salak, ibu hamil juga perlu melengkapi gizinya dengan rutin mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti daging, ikan, ayam, kacang-kacangan, lemak sehat, dan produk susu, agar ibu hamil dan janinnya tetap sehat. Jangan lupa untuk rutin memeriksakan diri ke dokter agar kondisi ibu hamil dan janin dapat terpantau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *