Berita Utama

5 Manfaat Jus Wortel Untuk Kulit, Bisa Bikin Glowing

Dalam pencarian kecantikan alami, jus wortel telah menjadi bahan yang populer. Manfaat jus wortel untuk kulit telah diakui secara luas. Kaya akan beta-karoten, vitamin A, dan antioksidan. Selai itu jus wortel bukan hanya memberi nutrisi bagi tubuh tetapi juga memperbaiki kondisi kulit.

Bagi yang penasaran dengan manfaat dari jus wortel ini maka bisa simak selengkapnya dibawah ini. Berikut manfaat dari jus wortel:

1. Mengurangi Kemerahan dan Menyamarkan Bekas Luka

Manfaat jus wortel untuk kulit adalah kemampuannya dalam meredakan kemerahan dan menyamarkan jejak luka. Beta karoten, yang melimpah dalam jus wortel, diubah menjadi retinol, salah satu bentuk paling murni dari vitamin A. Vitamin A, sebagai elemen penyembuh kulit, menonjolkan keajaiban dalam menenangkan kemerahan serta mengurangi pembengkakan.

Selain penggunaan melalui konsumsi, penerapan langsung jus wortel pada kulit dengan lembut melalui kapas juga dianjurkan untuk memetik manfaat maksimal. Atau, dapat diubah menjadi masker wajah.

Untuk menciptakan masker wortel, cukup campurkan jumlah jus wortel yang memadai dengan 2 sendok makan oatmeal serta 1 sendok makan madu hingga mencapai konsistensi pasta yang padat. Oatmeal, dengan sinergi bersama jus wortel, mengurangi kemerahan dan peradangan, sekaligus membersihkan pori-pori berkat saponin yang melimpah. Setelah masker jadi, aplikasikan pada wajah, diamkan selama 20 menit sebelum dibilas.

2. Mengurangi Jerawat

Manfaat jus wortel untuk kulit selanjutnya adalah dengan mengurangi jerawat. Dalam barisan manfaat jus wortel bagi kulit, peran menonjolnya adalah dalam mengatasi jerawat. Beta karoten, sebagai bahan yang melimpah dalam jus wortel, mampu mengatur produksi sebum serta mengurangi kehadiran jerawat.

Untuk hasil yang lebih optimal, disarankan untuk mengonsumsi jus wortel sambil menerapkannya secara langsung pada kulit.

Dengan konsistensi dalam penggunaan, jerawat akan mereda dan kulit akan menampilkan kehalusan dalam waktu beberapa bulan.

Seorang dermatologis terkemuka, menyarankan individu yang menghadapi masalah jerawat untuk menciptakan serta menggunakan masker DIY berbasis jus wortel. Untuk caranya sebagai berikut:
Campurkan 1 cangkir jus wortel kental dengan 1 sendok teh tepung buncis dan 1 sendok teh kunyit sampai mencapai konsistensi yang halus.
Aplikasikan masker ini pada wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Mencegah dan Mengobati Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Keuntungan yang ditawarkan oleh jus wortel bagi kulit ketiga adalah kemampuannya dalam mencegah serta menyembuhkan kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Penerapan jus wortel secara topikal terbukti efektif dalam memerangi dampak negatif yang disebabkan oleh sinar matahari terhadap kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan falcarinol dan antioksidan yang terdapat dalam wortel. Tidak hanya itu, beta karoten yang terkandung di dalamnya juga berperan sebagai perlindungan matahari alami yang lembut.

Pilihlah wortel berukuran kecil untuk diolah menjadi jus guna mendapatkan manfaat nutrisi yang lebih maksimal. Jangan lupakan penggunaan tabir surya saat melakukan perawatan dengan jus wortel.

4. Merangsang Produksi Kolagen

Keuntungan lain yang ditawarkan oleh jus wortel bagi kulit adalah kemampuannya dalam merangsang pembentukan kolagen. Vitamin C yang melimpah dalam jus wortel terbukti mampu merangsang produksi kolagen serta menjaga kekenyalan kulit.

Perlu diketahui bahwa produksi kolagen dalam tubuh cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Namun, kolagen memiliki peran penting dalam menjaga elastisitas, kekenyalan, dan kesehatan kulit.

Berita baiknya adalah, jus wortel menawarkan manfaat luar biasa dalam mencegah serta mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit dengan merangsang produksi kolagen secara alami.

5. Membuat Kulit Glowing

Manfaat lain dari jus wortel bagi kulit adalah kemampuannya dalam menciptakan kilauan alami. Karotenoid yang terkandung dalam jus wortel merupakan antioksidan yang kuat dalam melawan radikal bebas penyebab kulit kusam dan kurang bercahaya.

Oleh karena itu, bagi yang menginginkan kulit berkilau sekaligus tampak lebih berisi, jus wortel merupakan pilihan yang tepat. Untuk hasil maksimal, konsumsilah jus wortel secara teratur serta gunakan secara topikal pada kulit.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat jus wortel untuk kulit. Jika ingin kulit sehat maka rajin rajinlah untuk mengkonsumsi jus wortel dan melakukan perawatan terhadap kulit.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button