Berita Utama

6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Untuk Kondisi Fisik dan Mental

Seperti yang telah diketahui bahwa, berpuasa biasanya akan selalu dikaitkan sebagai kegiatan agama. Namun sebenarnya, manfaat puasa bagi kesehatan cukuplah banyak sehingga bisa menjadikan tubuh lebih segar.

Akan tetapi, jika ingin memperoleh manfaat dari puasa, tentu hal ini harus dilakukan dengan benar. Tidak asal asalan dan pastinya harus dalam keadaan sehat.

Selain berdampak positif bagi kesehatan secara fisik, puasa ini ternyata juga bisa memberikan dampak positif terhadap kesehatan mental seseorang. Penasaran apa saja manfaat tersebut? Berikut beberapa manfaat dari melakukan puasa bagi orang yang menjalankannya, diantaranya:

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Beberapa orang sering salah paham dan berpikir bahwa puasa bisa menurunkan metabolisme. Padahal, puasa sebenarnya dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan tubuh tetap memperoleh asupan makanan saat sahur dan berbuka.

Puasa sepanjang hari justru membuat metabolisme menjadi lebih efisien karena adanya pelepasan hormon adiponektin. Hormon ini membantu setiap sel organ dan otot tubuh dalam menyerap lebih banyak nutrisi. Semakin banyak nutrisi yang terserap, semakin optimal pula tubuh dalam menjalankan berbagai fungsinya.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan melakukan puasa, kita bisa mencegah berbagai penyakit dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Bagaimana caranya?

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Nutrition, puasa minimal selama tiga hari dapat merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah putih baru. Produksi sel darah putih ini berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

3. Mencegah Serangan Jantung

Jika seseorang akan memperhatikan kesehatan jantung, puasa bisa menjadi pilihan yang baik. Ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang melibatkan orang dewasa dengan obesitas.

Setelah menjalani puasa, para partisipan menunjukkan penurunan tekanan darah, kadar trigliserida, dan kolesterol jahat. Ketiga faktor ini penting untuk dikendalikan agar terhindar dari penyakit jantung.

Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa manfaat puasa bagi kesehatan dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Selanjutnya, salah satu manfaat puasa yang penting untuk kesehatan adalah dampaknya terhadap kesehatan otak. Puasa diketahui dapat merangsang produksi protein yang mendukung pembentukan dan perkembangan saraf.

Protein ini akan merangsang sel punca di otak untuk menghasilkan sel-sel saraf baru, yang memicu berbagai reaksi kimia yang bermanfaat bagi fungsi otak. Selain itu, protein tersebut juga membantu melindungi sel-sel otak dari gangguan, seperti penyakit Alzheimer.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Puasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk dalam pencegahan jerawat. Hal ini dikarenakan puasa mampu mempercepat regenerasi kulit, karena tubuh tidak perlu bekerja keras untuk mencerna makanan.

Selain itu, puasa membantu memperbaiki fungsi hati dan ginjal. Dengan demikian, tubuh lebih efisien dalam mengeluarkan racun, termasuk racun yang bisa memicu jerawat pada wajah.

6. Menurunkan Berat Badan

Sebagaimana kita ketahui, tubuh menggunakan glukosa sebagai sumber energi untuk beraktivitas. Ketika berpuasa, asupan makanan berkurang, sehingga kadar glukosa dalam tubuh bisa menurun. Keadaan ini akan merangsang hormon untuk memecah glikogen menjadi glukosa.

Ketika proses ini berlangsung, tubuh akan mulai memanfaatkan lemak dan otot sebagai sumber energi. Dengan pembakaran lemak, berat badan seseorang pun bisa berkurang.

Itulah uraian terkait dengan manfaat puasa bagi kesehatan yang bisa dirasakan oleh orang yang melakukan puasa. Sebenarnya tidak terkait agama saja, melainkan kegiatan puasa ini memang memiliki berbagai manfaat yang bisa dirasakan baik secara fisik maupun mental seseorang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button