Berita Utama

7 Khasiat Serai Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Serai merupakan salah satu jenis rempah yang cukup populer di Indonesia. Selain digunakan untuk bumbu dalam masakan, khasiat serai untuk kesehatan sebenarnya juga cukup beragam.

Seperti yang telah diketahui bahwa, serai, atau sereh, adalah tanaman serbaguna yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan bahan obat-obatan. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi dengan tangkai yang panjang.

serai memiliki aroma khas yang mirip dengan lemon segar dan memberikan rasa seperti jeruk. Manfaat serai bagi kesehatan sangat beragam.

Serai ini dapat dikonsumsi baik sebagai minuman dari serai untuk aromaterapi, sementara daunnya dapat digunakan sebagai obat oles untuk kulit yang terluka. Oleh karenanya, tak heran jika kini banyak yang mencari serai ini.

Lantas apa saja manfaat dari serai untuk kesehatan ini? Untuk itu, berikut ini akan diberikan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari rempah serai ini:

1. Mengobati Penyakit Kulit

Serai memiliki sifat antijamur yang membuatnya efektif dalam mencegah penyakit kulit. Minyak serai juga dapat mencegah penyebaran jamur pada kulit. Penelitian menunjukkan bahwa larutan minyak serai dengan konsentrasi 2,5 persen ampuh melawan jamur. Sifat antijamur ini sangat efektif dalam mencegah berbagai jenis jamur yang menyebabkan kurap dan gatal di selangkangan.

2. Mengatasi Kecemasan

Selain dioleskan, menghirup minyak serai juga memiliki manfaat kesehatan, terutama dalam mengurangi stres dan kecemasan. Berdasarkan sebuah penelitian, menghirup aromaterapi serai dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks, mengurangi ketegangan, dan mempercepat pemulihan dari situasi yang menyebabkan kecemasan.

3. Mencegah Penyumbatan Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa serai memiliki kemampuan untuk mencegah penyumbatan jantung yang disebabkan oleh peradangan. Khasiat serai ini berasal dari kandungan antioksidan, terutama quercetin, yang berfungsi melawan radikal bebas. Peradangan merupakan faktor utama yang memicu penyumbatan pembuluh darah di jantung, atau dikenal sebagai aterosklerosis.

4. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. serai telah lama digunakan sebagai obat herbal yang diyakini dapat menurunkan kolesterol tinggi. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi ekstrak serai selama minimal 7 hari terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol.

5. Meredakan Diare

Manfaat serai dalam mengatasi masalah pencernaan telah lama dipercaya oleh masyarakat. Salah satu khasiat serai untuk kesehatan yang telah dibuktikan melalui penelitian adalah kemampuannya dalam mengatasi diare.

Manfaat ini diperoleh karena sifat antibakteri dari serai yang dapat melawan bakteri Escherichia coli, yang merupakan salah satu penyebab umum diare. Selain itu, serai juga membantu memperlambat pergerakan usus, sehingga mengurangi frekuensi buang air besar yang berlebihan saat diare.

6. Mengatasi Tukak Lambung

Selain membantu mengatasi diare, serai juga bermanfaat untuk meredakan berbagai gangguan pencernaan lainnya, seperti sakit perut, kram perut, dan tukak lambung.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial serai bisa melindungi lapisan lambung dari kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan aspirin. Konsumsi aspirin seringkali menjadi penyebab utama terjadinya tukak lambung.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lain dari serai untuk kesehatan adalah membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalium dan antioksidan saponin dalam serai. Zat-zat ini bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Selain itu, terapi pijat dengan menggunakan minyak esensial serai dapat membantu mengurangi stres, yang merupakan salah satu pemicu utama tekanan darah tinggi.

Itulah uraian terkait dengan beberapa khasiat serai untuk kesehatan yang bisa diketahui. Tentunya tak heran jika kini serai banyak dicari untuk dijadikan sebagai salah satu obat dari berbagai jenis penyakit.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button