Berita Utama

6 Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Jambu biji merupakan salah satu buah yang cukup disukai termasuk bagi ibu hamil. Selain rasanya yang enak, ternyata ada banyak manfaat jambu biji untuk ibu hamil yang bisa dirasakan.

Membahas manfaat jambu biji memang tidak ada habisnya. Buah ini memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan, terutama untuk ibu hamil. Manfaat tersebut berkaitan dengan pentingnya pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuh serta perkembangan janin.

Jambu biji mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel imun dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dalam 100 gram (1 buah besar) jambu biji terdapat sekitar 87 mg vitamin C.

Jumlah ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C bagi ibu hamil yang direkomendasikan, yaitu 80-85 mg per hari. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa khasiat jambu biji untuk ibu hamil:

1. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Vitamin B9 atau asam folat yang terdapat dalam jambu biji memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan janinnya. Asam folat berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA, yang berdampak pada pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.

Memenuhi kebutuhan asam folat atau vitamin B9 selama kehamilan dapat mengurangi risiko cacat otak dan saraf pada bayi, seperti anensefali dan spina bifida.

2. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Beberapa ibu hamil berisiko tinggi mengalami preeklamsia, yaitu komplikasi kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, ibu hamil bisa mencoba mengonsumsi jambu biji untuk mengurangi risiko preeklamsia.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi jambu biji setiap hari dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang mengalami hipertensi. Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya bagi ibu hamil untuk mencobanya, bukan?

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan sering dialami oleh ibu hamil dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan serta mengganggu aktivitas harian. Kandungan serat dalam jambu biji bisa membantu mengatasi masalah pencernaan yang umum terjadi selama kehamilan.

Masalah yang umum terjadi ini seperti refluks, diare, dan sembelit. Selain itu, memenuhi kebutuhan serat saat hamil dapat membantu mencegah sembelit.

4. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Selain menjaga sistem kekebalan tubuh, vitamin C yang ada dalam jambu biji dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh ibu hamil. Zat besi sangat penting karena membantu mengalirkan oksigen ke janin.

Selama masa kehamilan, kebutuhan zat besi meningkat hingga dua kali lipat. Kekurangan zat besi dapat membuat ibu hamil berisiko mengalami anemia, yang bisa menyebabkan pusing, kelelahan, dan kelemahan.

5. Membantu Pembentukan Organ Janin

Kandungan tembaga dalam jambu biji berperan dalam meningkatkan produksi sel darah merah, yang penting untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi janin. Selain itu, mineral ini juga berkontribusi pada pembentukan jantung, pembuluh darah, serta sistem kerangka dan saraf bayi yang sedang berkembang di dalam kandungan.

6. Menjaga Ketahanan Tubuh Pada Saat Hamil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jambu biji kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Selain vitamin C, buah ini juga mengandung vitamin A, antioksidan, dan zinc yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Dengan demikian, ibu hamil akan lebih jarang jatuh sakit.

Itulah uraian terkait dengan beberapa manfaat jambu biji untuk ibu hamil. Oleh karenanya, bagi ibu hamil tak perlu khawatir ketika ingin mengkonsumsi buah jambu biji ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button