Berita Utama

9 Manfaat Air Rendaman Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat air rendaman nanas didapat dari enzim bromelain yang memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan. Minum air rebusan nanas secara rutin diyakini dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan kesuburan hingga mencegah kanker.

Nanas, yang memiliki nama latin Ananas comosus, mengandung banyak air dan memiliki rasa manis dan asam yang enak untuk dimakan. Buah ini banyak ditemukan di daerah beriklim tropis dan sering dikonsumsi langsung atau diolah menjadi rujak atau jus.

Namun, manfaat nanas juga bisa didapatkan dari air rebusannya. Manfaat air rebusan nanas berasal dari enzim bromelain serta sifat antioksidan, antibakteri, dan anti radang yang ada dalam buah nanas. Berikut beberapa daftar manfaat dari air rendaman buah nanas yang bisa dirasakan oleh sebagian besar orang:

1. Meningkatkan Produksi Sperma

Mineral yang terdapat dalam nanas memiliki peran vital dalam meningkatkan kesuburan pria. Selain itu, bromelain yang terdapat dalam buah nanas juga dapat meningkatkan kadar testosteron. Kedua zat ini dapat meningkatkan kualitas sperma, sehingga disarankan untuk dikonsumsi oleh pasangan yang berencana untuk hamil.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Secara teratur minum air rebusan nanas dapat mengurangi tingkat kolesterol LDL dan trigliserida dalam tubuh, yang membantu mengurangi risiko komplikasi seperti stroke dengan mempertahankan kadar kolesterol yang sehat.

3. Mengatasi Jerawat

Anda dapat memanfaatkan air rebusan nanas tidak hanya sebagai minuman, tetapi juga sebagai masker untuk mengatasi jerawat. Air rebusan nanas memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Gunakan air rebusan nanas untuk mencuci wajah atau celupkan kapas ke dalam air rebusan nanas yang sudah dingin, kemudian tempelkan ke wajah dan biarkan selama 10 menit untuk merasakan manfaatnya.

4. Mencegah Kanker

Air rebusan nanas memiliki manfaat lain yaitu sebagai pencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Antioksidan yang terkandung dalam air rebusan nanas diyakini dapat melawan radikal bebas.

Radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel tubuh jika terpapar secara terus-menerus, dapat memicu penyakit kronis seperti kanker dengan merusak sel-sel tubuh.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat air rendaman nanas yang selanjutnya ini bisa digunakan untuk menurunkan berat badan seseorang. Nanas sering dipilih sebagai camilan sehat untuk menurunkan berat badan karena rendah kalori.

Air rebusan nanas juga dapat memberikan manfaat serupa. Untuk hasil lebih optimal, disarankan untuk tetap mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur.

6. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat utama dari air rebusan nanas adalah meningkatkan fungsi pencernaan. Bromelain yang terkandung dalam air rebusan nanas dapat mempercepat pencernaan makanan di dalam usus, membantu mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti sembelit.

7. Mengurangi Nyeri Sendi

Bromelain yang terdapat dalam nanas memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan mengurangi rasa nyeri pada sendi. Namun, untuk memperoleh manfaatnya, disarankan untuk mengonsumsi air rebusan nanas secara teratur.

8. Mencegah Serangan Jantung

Minum air rebusan nanas dapat berpotensi mencegah serangan jantung karena mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, mengurangi resiko serangan jantung.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Air rebusan nanas diyakini bermanfaat untuk mengatur tekanan darah tinggi karena mengandung kalium. Kalium dapat membantu merilekskan dinding pembuluh darah, yang kemudian dapat menurunkan tekanan darah.

Itulah beberapa manfaat air rendaman nanas yang bisa dirasakan oleh sebagian besar pengonsumsinya. Tentunya dengan rutin meminumnya, maka kesehatan tubuh akan jauh lebih baik dan sehat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button