Berita Utama

7 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang Agar Tidak Kambuh Lagi Tanpa Dicabut

Sakit gigi berlubang bisa sangat mengganggu dan jika tidak ditangani dengan baik, bisa memburuk dan mengakibatkan masalah gigi dan gusi yang lebih serius. Namun ternyata juga ada beberapa cara menghilangkan sakit gigi berlubang agar tidak kambuh lagi yang bisa dilakukan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan tersebut termasuk kunjungan ke dokter gigi untuk penanganan yang tepat. Seperti pencabutan atau penambalan gigi, tergantung pada kondisi gigi.

Selain itu, ada juga opsi pengobatan alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah untuk mengurangi rasa sakitnya serta mencegah agar tidak kambuh lagi.

Penasaran bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit gigi di gigi berlubang tersebut? Oleh karenanya, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak kambuh lagi, diantaranya:

1. Berkumur dengan Air yang Dicampur dengan Hidrogen Peroksida

Anda juga bisa menggunakan campuran air dengan hidrogen peroksida 3 persen. Gunakan larutan ini untuk berkumur selama 30 detik guna menghilangkan bakteri, meredakan rasa sakit, dan mengurangi pembengkakan.

2. Kunyah Bawang Putih dan Merah

Bawang putih dan bawang merah mengandung auksin, zat alami yang memiliki sifat antibakteri. Auksin ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Ternyata hal ini bisa dilakukan dengan cukup mudah. Caranya adalah dengan menghaluskan salah satu dari bahan tersebut, kemudian mengunyahnya atau mengoleskannya pada gigi yang berlubang.

3. Tempelkan Kantong Teh Basah

Langkah berikutnya adalah dengan menempelkan kantong teh basah yang hangat ke area gigi yang berlubang. Senyawa tanin yang terdapat dalam teh dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

4. Kompres Dingin Menggunakan Es

Saat mengalami sakit gigi berlubang, Anda dapat mengompres bagian luar pipi menggunakan es batu atau kain dingin untuk mengurangi rasa sakit dengan mengurangi sensasi nyeri di area tersebut.

5. Tambal Gigi yang Berlubang

Prosedur tambal gigi dilakukan untuk mengatasi nyeri pada gigi yang berlubang dengan efektif. Langkah pertama melibatkan pengangkatan bagian gigi yang terinfeksi menggunakan bor gigi.

Setelah itu, dokter gigi akan mengisi lubang gigi menggunakan bahan tambalan. Tambalan tersebut seperti resin komposit, porselen, atau amalgam, yang memiliki kekuatan untuk mencegah kambuhnya sakit gigi tersebut.

6. Lakukan Tindakan Perawatan Saluran Akar Gigi

Perawatan saluran akar gigi adalah metode untuk mengatasi sakit gigi berlubang dan mencegah kambuhnya masalah ini, terutama jika infeksi sudah menjangkiti pulpa gigi. Selama prosedur ini, dokter gigi akan menggunakan bius lokal untuk membuat lubang di atas gigi.

Kemudian mengeluarkan pulpa gigi yang terinfeksi dan membersihkan saluran akar gigi. Setelah membersihkan saluran akar, dokter akan mengisi dengan bahan khusus.

Bahan khusus tersebutlah yang disebut gutta-percha dan menutupnya dengan tambalan gigi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko infeksi dan mencegah sakit gigi berulang.

7. Lakukan Perawatan Fluoride

Jika lubang pada gigi masih dalam tahap awal, yang ditandai dengan adanya bintik-bintik coklat kecil di lapisan luar gigi (enamel). Perawatan fluoride dapat menjadi pilihan untuk mengatasi sakit gigi berlubang dan mencegah kambuhnya kondisi tersebut.

Prosedur ini melibatkan pengolesan fluoride dalam bentuk cairan, busa, gel, atau pasta oleh dokter gigi langsung ke area gigi yang berlubang, dengan waktu penyerapan beberapa menit.

Itulah beberapa cara menghilangkan sakit gigi berlubang agar tidak kambuh lagi yang bisa dilakukan. Agar lebih maksimal, sebaiknya lakukan  beberapa  tindakan tersebut sesuai dengan arahan dari dokter yang bersangkutan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button