Berita Utama

6 Cara Menghilangkan Hidung Mampet Sebelah Secara Alami

Seringkali, hidung tersumbat dapat menjadi gangguan yang mengganggu aktivitas karena membuat napas tidak lancar. Sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan hidung mampet sebelah secara alami yang bisa dilakukan.

Perlu diketahui bahwa, penyebab hidung tersumbat tidak selalu flu. Tetapi juga bisa disebabkan oleh kondisi lain seperti alergi debu, paparan asap, atau ketidaknyamanan terhadap cuaca dingin.

Jika tidak segera ditangani, penyumbatan hidung bisa mengganggu aktivitas harian seseorang. Oleh karena itu, diperlukan metode alami untuk mengatasi hidung tersumbat sebelah agar gejalanya segera mereda.

Biasanya, hidung tersumbat dapat sembuh sendiri dalam rentang waktu 7–10 hari. Namun, mengatasi gejala segera setelah muncul dapat membantu mencegah hidung tersumbat yang berkepanjangan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penasaran bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung yang mampet sebelah ini? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Jaga Tubuh Agar Terhidrasi

Memastikan tubuh selalu terhidrasi adalah salah satu cara untuk mengurangi masalah hidung tersumbat. Hal ini penting karena kecukupan cairan tubuh diperlukan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Kekurangan cairan tubuh dapat memperburuk kondisi kesehatan, oleh karena itu penting untuk terus mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Air putih tidak hanya membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh tetapi juga membantu melarutkan lendir di hidung, sehingga dapat mengurangi gejala hidung tersumbat.

2. Manfaatkan Humidifier di Ruangan

Memasang humidifier adalah solusi efektif untuk mengatasi hidung tersumbat, terutama di ruangan yang menggunakan AC. Dengan meningkatkan kelembaban udara, humidifier membantu menjaga kondisi saluran napas dengan mengurangi penyebaran debu.

3. Gunakan Minyak  Eucalyptus

Minyak eukaliptus adalah pilihan alami yang efektif untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat. Cukup oleskan minyak eukaliptus di area dada, leher, dan hidung. Aromanya dapat membantu meredakan hidung tersumbat dengan menghangatkan saluran pernapasan agar menjadi lebih lancar.

4. Hirup Uap Air Hangat

Cara menghilangkan hidung mampet sebelah secara alami, dapat mencoba menghirup uap hangat. Caranya cukup mudah, siapkan wadah berisi air hangat, lalu dekatkan wajah ke atas wadah dan hirup uapnya.

Pastikan air tidak terlalu panas agar tidak menyebabkan luka bakar pada wajah. Alternatif lainnya, bisa mandi dengan air hangat.

Selain itu juga bisa dilakukan dengan membasuh wajah menggunakan waslap yang sudah dicelupkan ke dalam air panas. Metode ini membantu melegakan pernapasan secara efektif.

5. Jaga Suhu Tubuh Agar Tetap Hangat

Untuk mengatasi masalah hidung tersumbat, disarankan untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Salah satu cara efektifnya adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari, idealnya antara pukul 7-9 pagi di luar ruangan.

Manfaat dari kegiatan ini tidak hanya untuk mengatasi hidung tersumbat, tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Tambah Beberapa Tumpukan Bantal

Ketika malam tiba, gejala hidung tersumbat seringkali memburuk, terutama saat tidur. Ini disebabkan oleh kecenderungan ingus untuk mengumpul di dalam hidung saat berbaring telentang, yang dapat memperparah penyumbatan hidung.

Untuk mengatasi masalah hidung tersumbat secara alami, disarankan untuk menambahkan 1–2 bantal di bawah kepala. Dengan cara ini, dapat mencegah penumpukan ingus di hidung dan mengurangi keparahan hidung tersumbat yang dialami.

Itulah beberapa cara menghilangkan hidung mampet sebelah secara alami yang bisa dilakukan. Tentunya hal ini bisa dilakukan dengan mandiri di rumah tanpa menggunakan obat. Akan tetapi jika kondisi tak kunjung membaik sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button