Berita Utama

6 Manfaat Buah Kecipir Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Banyak manfaat buah kecipir untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui, meskipun sayuran ini sering dikonsumsi. Kecipir mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk penurunan berat badan dan mengurangi risiko terkena stroke.

Kecipir, yang dikenal dengan nama latin Psophocarpus tetragonolobus, banyak tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, Thailand, dan Myanmar. Masyarakat di wilayah tersebut telah lama memanfaatkan kecipir sebagai bahan pangan, meskipun tidak selalu menyadari kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan.

Sebagai salah satu makanan sehat yang termasuk dalam keluarga polong-polongan atau Fabaceae, kecipir dipercaya memiliki berbagai manfaat yang sangat beragam. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat dari buah tersebut:

1. Menurunkan Risiko Peradangan Pada Tubuh

Manfaat lain dari kecipir adalah membantu mengurangi risiko peradangan dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan mangan dalam kecipir yang dapat meredakan nyeri dan peradangan akibat keseleo. Mineral ini berperan dalam meningkatkan kadar enzim Superoxide Dismutase (SOD) di dalam tubuh.

Enzim SOD bertugas untuk memecah molekul oksigen yang berpotensi berbahaya bagi sel-sel tubuh. Enzim ini membantu memperbaiki dan mencegah kerusakan jaringan.

Selain itu, SOD juga berperan dalam menyerap toksin yang muncul akibat residu dan peradangan dalam tubuh. Dengan demikian, peradangan bisa lebih cepat sembuh, termasuk peradangan pada sendi seperti rematik dan asam urat.

2. Menurunkan Berat Badan

Kecipir memiliki kandungan serat yang tinggi namun rendah kalori. Serat dalam kecipir dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, dengan kandungan kalori yang rendah, kecipir dapat membantu mengurangi asupan makanan berlebihan, sehingga bermanfaat dalam mendukung proses penurunan berat badan.

3. Menjaga Mata Tetap Sehat

Kecipir mengandung vitamin B kompleks, termasuk vitamin B1, yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Vitamin B1 membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit seperti glaukoma dan katarak.

Selain itu, kecipir juga kaya akan vitamin A. Vitamin A berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan DNA. Vitamin A juga memainkan peran penting dalam proses metabolisme pada lapisan terluar retina, yang bertugas menangkap cahaya yang masuk ke mata.

4. Meredakan Sembelit

Kecipir memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit. Memenuhi kebutuhan serat harian sekitar 20-30 gram dapat membantu menjaga kelancaran proses pencernaan di usus.

Selain itu, serat juga berperan dalam menjaga konsistensi tinja agar tetap lunak, sehingga mempermudah proses buang air besar.

5. Mencegah Keriput

Antioksidan yang terdapat dalam kecipir memiliki manfaat untuk mencegah keriput. Antioksidan berfungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kolagen.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti kecipir, kita dapat menjaga kadar kolagen di kulit, sehingga mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kecipir mengandung serat dan gula oligosakarida yang memiliki manfaat dalam pengelolaan kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2. Serat dalam kecipir tidak langsung diserap atau dipecah oleh tubuh, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Selain itu, studi menunjukkan bahwa oligosakarida dalam kecipir dapat meningkatkan fungsi pankreas dalam memproduksi insulin, yang berperan dalam mengendalikan kadar gula darah. Proses ini membantu mencegah lonjakan gula darah akibat pemecahan karbohidrat, sehingga kadar gula darah tetap stabil.

Itulah beberapa manfaat buah kecipir untuk kesehatan. Ternyata cukup banyak manfaat dari buah yang satu ini dan jarang diketahui oleh masyarakat sekitar. Oleh karenanya, jika sudah mengetahui berbagai manfaat yang ada di buah ini maka jangan ragu lagi untuk mengkonsumsinya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button