Berita Utama

7 Cara Mengatasi Mata Merah Secara Alami Agar Semakin Membaik

Mata merah adalah kondisi yang sering dialami banyak orang. Salah satu cirinya adalah perubahan warna pada bagian putih mata yang menjadi kemerahan.

Kabar baiknya, jika kondisi ini tidak disertai gejala lain, biasanya menandakan gangguan mata ringan. Hal ini dapat ditangani di rumah dengan perawatan sederhana.

Apabila mata merah terjadi tanpa gejala tambahan, kamu bisa mengatasinya dengan perawatan sederhana di rumah.

Cara mengatasi mata merah beragam, tergantung penyebabnya. Namun, untuk meredakan gejala mata merah yang ringan, kamu bisa melakukan perawatan berikut:

1. Manfaatkan Humidifier

Menggunakan AC dalam ruangan tertutup dapat menyebabkan udara menjadi kering, yang bisa mengakibatkan mata merah. Untuk mengatasi masalah mata merah karena kondisi ini, disarankan untuk menggunakan pelembap udara atau humidifier.

Humidifier tidak hanya berfungsi untuk melembapkan udara, tetapi juga membantu membersihkan udara dari debu dan kotoran. Dengan demikian, risiko mata terpapar debu yang menyebabkan iritasi atau alergi dapat berkurang.

2. Hindari Riasan Mata

Ketika mengalami kondisi tertentu pada mata, seperti infeksi atau iritasi, disarankan untuk tidak menggunakan riasan mata. Penggunaan riasan mata dalam kondisi tersebut dapat memperburuk situasi, memperlambat proses penyembuhan, dan meningkatkan risiko infeksi lebih lanjut.

Selain itu, produk riasan mata seperti maskara, eyeliner, dan eyeshadow dapat mengandung bahan kimia yang bisa memicu reaksi alergi atau iritasi pada mata yang sudah sensitif.

3. Kompres dengan Air Hangat

Langkah-langkahnya sangat sederhana. Rendam handuk dalam baskom berisi air hangat, kemudian peras dan letakkan di atas mata yang merah selama 10–15 menit. Metode ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di area mata dan meredakan iritasi. Dengan cara ini, masalah mata merah bisa berkurang.

4. Kompres dengan Air Dingin

Mengompres mata yang merah dengan air hangat pada awalnya dapat membantu meredakan gejala dengan meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan otot di sekitar mata. Namun, jika gejala tidak membaik, kompres dingin dapat menjadi alternatif yang lebih efektif.

Kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan dengan menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke area yang terkena. Selain itu, kompres dingin dapat meredakan gatal yang disebabkan oleh iritasi atau alergi dengan menenangkan jaringan yang meradang.

5. Teteskan Air Mata Buatan

Penggunaan obat tetes mata buatan memiliki beberapa manfaat penting bagi kesehatan mata. Pertama, tetes mata buatan membantu menjaga kelembapan mata, yang sangat penting untuk kenyamanan dan fungsi normal mata.

Kelembapan ini mencegah mata menjadi kering, yang bisa menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan. Kedua, tetes mata buatan juga membantu membersihkan mata dari debu, kotoran, atau partikel kecil lainnya yang bisa menyebabkan iritasi.

6. Istirahatkan Mata

Anda dapat memberi istirahat pada mata Anda dengan cara mengurangi penggunaan gadget atau dengan memejamkan mata. Selain itu, gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi yang dibutuhkan mata juga dapat membantu.

Jauhi kebiasaan merokok karena asap rokok dapat menyebabkan iritasi pada mata. Terkadang, beberapa obat sakit mata tersedia tanpa resep dokter untuk membantu meredakan kondisi ini, tergantung pada penyebabnya.

7. Jangan Digaruk

Ketika mengalami situasi ini, disarankan untuk tidak menggaruk mata. Apabila terjadi rasa gatal dan tidak nyaman pada mata, segera lakukan pemeriksaan medis di fasilitas kesehatan yang tepat.

Itulah beberapa cara mengatasi mata merah yang bisa dilakukan. Tentunya beberapa metode yang telah disebutkan ini ternyata bisa dilakukan secara mandiri dirumah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button