Berita Utama

6 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel Secara Alami Agar Kulit Kembali Mulus

Menghilangkan bekas luka yang membandel sebenarnya tidak sulit. Selain menggunakan krim khusus penghilang bekas luka, Pengguna juga bisa mencoba bahan-bahan alami atau mempertimbangkan prosedur medis.

Bekas luka pada kulit dapat muncul karena berbagai alasan, seperti luka lecet akibat jatuh, goresan, luka iris, kurap, luka bakar, cacar air, hingga iritasi pada kulit.

Bekas luka, terutama yang berada di wajah, sering kali mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Namun, tidak perlu cemas, karena ada berbagai cara untuk mengatasinya.

Untuk itu, dalam uraian kali ini akan diberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka yang tergolong membandel, namun dengan metode alami. Berikut diantaranya:

1. Menggunakan Madu

Madu, dengan rasanya yang manis, memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka serta menghilangkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Hal ini disebabkan oleh kandungan antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan dalam madu yang mendukung proses penyembuhan kulit.

Caranya cukup mudah, Pengguna hanya perlu mengoleskan madu pada area bekas luka, kemudian menutupnya dengan perban. Biarkan semalaman, dan lepaskan perban keesokan paginya. Bersihkan kulit dengan air hangat setelahnya.

2. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk permasalahan kulit. Selain dapat mengatasi bekas jerawat, bawang putih diyakini mampu membantu memudarkan bekas luka akibat psoriasis dan juga bekas luka di kaki.

Caranya, Pengguna hanya perlu mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan ke area bekas luka dan biarkan selama beberapa menit. Pengguna juga bisa mencampurkan bawang putih dengan lidah buaya atau madu sebelum mengoleskannya.

3. Memanfaatkan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan untuk membantu mengurangi tampilan bekas luka. Minyak ini bermanfaat dalam merangsang produksi kolagen, mengurangi peradangan, memperbaiki tekstur kulit yang terluka, serta memiliki sifat antibakteri dan antioksidan.

Untuk menggunakannya, Pengguna dapat memanaskan beberapa sendok makan minyak kelapa secukupnya, kemudian pijatkan minyak tersebut ke area bekas luka selama sekitar 10 menit. Biarkan kulit menyerap minyak selama minimal 1 jam, dan lakukan prosedur ini dua hingga empat kali sehari.

4. Menggunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, mencegah infeksi bakteri, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mengurangi peradangan. Oleh karena itu, cuka sari apel sering dianggap efektif dalam mengatasi bekas luka, terutama bekas jerawat.

Untuk penggunaannya, campurkan 2 sendok teh cuka sari apel dengan 2 atau 3 sendok makan air, lalu aplikasikan campuran tersebut ke kulit menggunakan kapas.

Jika Pengguna memiliki kulit sensitif, sebaiknya buat larutan yang lebih encer dengan mencampurkan 2 sendok teh cuka sari apel dengan 5 hingga 7 sendok makan air bersih.

5. Manfaatkan Vitamin E

Vitamin E dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan membantu penyembuhan bekas luka. Meskipun hasilnya mungkin tidak terlalu mencolok, penggunaan vitamin E setidaknya dapat mengurangi tampilan bekas luka.

Cara menggunakannya adalah dengan membuka kapsul vitamin E dan mengaplikasikannya langsung pada bekas luka. Pijat area tersebut selama sekitar 10 menit, kemudian diamkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

6. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Selain efektif dalam mengatasi kulit kering dan mencerahkan, lidah buaya juga dapat membantu memudarkan dan menghilangkan bekas luka yang membandel, termasuk bekas gigitan nyamuk.

Penggunaan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka sangatlah sederhana. Pengguna cukup mengoleskan gel lidah buaya pada area bekas luka, lalu biarkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Untuk hasil yang optimal, disarankan menggunakan gel lidah buaya dua kali sehari.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara menghilangkan bekas luka membandel secara alami. Tentunya dengan menggunakan salah satu cara yang disebutkan, maka kulit akan dapat kembali mulus dan halus.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button