Berita Utama

5 Cara Merawat Kulit Wajah yang Kasar dan Kering Agar Kembali Sehat

Masalah kulit wajah kering tidak hanya mempengaruhi penampilan, tetapi juga dapat menjadi indikasi adanya gangguan kulit lain seperti eksim (dermatitis atopik). Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara merawat kulit wajah yang kasar dan kering agar kulit tampak lebih lembab, sehat, dan halus.

Selain menggunakan produk perawatan kulit, pengguna juga dapat memanfaatkan bahan alami, mengonsumsi makanan bergizi, dan mencukupi asupan cairan tubuh untuk mencegah kulit kering.

Kulit wajah kering bisa disebabkan oleh perubahan hormonal, faktor usia, paparan sinar matahari, radikal bebas, serta bahan kimia yang terdapat dalam produk kosmetik. Berikut ini adalah berbagai cara untuk merawat kulit kering agar tetap terjaga kelembabannya, diantaranya:

1. Cuci Muka dengan Air Dingin

Mencuci wajah dengan air hangat atau panas dapat menghilangkan kelembaban alami kulit, yang berujung pada kulit wajah yang lebih kering. Oleh sebab itu, disarankan untuk mencuci wajah dengan air dingin. Selain itu, saat membersihkan wajah, gunakan pembersih wajah yang dirancang khusus untuk kulit kering.

Hindari penggunaan sabun mandi untuk mencuci wajah, karena pH-nya tidak ideal untuk kulit wajah. Membersihkan wajah merupakan langkah dasar perawatan yang penting untuk mencegah masalah kulit, sehingga sangat disarankan untuk melakukannya secara rutin setidaknya dua kali sehari.

Ketika ingin mengeringkan wajah setelah mencuci, sebaiknya jangan menggunakan handuk yang berbahan kasar, karena dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan iritasi. Sebaiknya pilih handuk yang lembut dan tepuk-tepuk wajah dengan lembut.

2. Melakukan Eksfoliasi

Kulit secara terus-menerus memproduksi sel baru dan mengelupas sel-sel kulit yang sudah mati. Jika sel-sel kulit mati menumpuk di wajah, hal ini dapat menyebabkan kulit tampak kusam dan kering.

Salah satu cara untuk merawat kulit kering adalah dengan melakukan eksfoliasi. Proses ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah, sehingga menghasilkan kulit yang lebih sehat. Eksfoliasi umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu eksfoliator mekanis dan eksfoliator kimia.

3. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Paparan sinar matahari yang berkepanjangan dapat mengakibatkan hilangnya elastisitas dan minyak alami pada kulit. Hal ini berpotensi menyebabkan kulit menjadi kering, tampak kusam, serta munculnya kerutan halus.

Oleh karena itu, menghindari paparan langsung dari sinar matahari bisa menjadi langkah efektif dalam merawat kulit yang kering. Selain menerapkan tabir surya, penggunaan topi juga bisa membantu melindungi wajah dari sinar matahari.

4. Gunakan Sabun Khusus Pembersih Wajah

Salah satu langkah penting dalam merawat kulit kering adalah dengan rutin membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari. Namun, sebaiknya hindari penggunaan sabun mandi untuk mencuci wajah, karena pH yang terdapat dalam sabun mandi tidak ideal untuk kulit wajah. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan sabun pembersih yang diformulasikan khusus untuk kulit kering.

5. Penuhi Nutrisi Kulit

Cara untuk menjaga kelembaban kulit wajah kering dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin A, C, D, E, zinc, dan asam lemak omega-3. Contoh makanan yang dapat dikonsumsi meliputi ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, ubi manis, dan mentimun.

Selain itu, penting juga untuk memperbanyak asupan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan E, seperti jeruk, semangka, dan alpukat. Kedua vitamin ini berperan dalam melembabkan kulit wajah dan melindunginya dari radikal bebas. Makanan yang kaya kolagen, asam hialuronat, ceramide, dan probiotik juga dapat memberikan manfaat dalam menjaga kelembapan kulit.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara merawat kulit wajah yang kasar dan kering yang bisa dilakukan. Tentunya dengan melakukan beberapa cara tersebut, maka akan bisa mengembalikan kulit wajah yang sehat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button