Berita Utama

6 Cara Menghilangkan Overthinking yang Berlebihan Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Overthinking merupakan kebiasaan di mana seseorang memikirkan sesuatu secara berlebihan. Pola pikir seperti ini tidak hanya membuat kelelahan, tetapi juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Biasanya, overthinking dipicu oleh rasa cemas yang berlebihan atau kurangnya rasa percaya diri. Orang yang mengalami hal ini sering terlihat gelisah dan gusar karena terus-menerus mencoba mencari jawaban dari berbagai kekhawatiran yang ada di pikirannya.

Kebiasaan ini dapat memicu masalah mental, seperti gangguan kecemasan. Beberapa cara untuk mengatasinya termasuk mengalihkan fokus, menarik napas dalam-dalam, serta menghadapi ketakutan secara langsung.

Untuk itu, dalam uraian kali ini akan diberikan beberapa metode yang bisa dilakukan seseorang untuk mengatasi overthingking agar tidak berkelanjutan. Berikut diantaranya:

1. Tantang Pikiran Negatif

Ingatkan diri sendiri bahwa apa yang ada dalam pikiranmu bukanlah kenyataan. Tidak semua pikiran yang muncul akan selalu benar, akurat, atau realistis. Belajar untuk merangkaikan kembali pikiran dengan cara yang lebih positif bisa membantu mengurangi kebiasaan overthinking.

Saat Pengguna menyadari bahwa Pengguna sedang berpikir berlebihan, cobalah untuk menantang pikiran tersebut. Tanyakan kepada dirimu sendiri apakah pikiran itu benar-benar realistis.

Coba pikirkan skenario lain yang mungkin terjadi. Meski terasa sulit pada awalnya, berlatih untuk melepaskan kebiasaan berpikir berlebihan bisa membantu Pengguna menggantikan pikiran negatif dengan yang lebih positif dan bermanfaat.

2. Latih Keterampilan Interpersonal

Meningkatkan keterampilan interpersonal dapat menjadi salah satu metode efektif untuk mengurangi kebiasaan overthinking yang Pengguna alami.  Berikut adalah beberapa langkah untuk memperkuat keterampilan interpersonal:

  • Tingkatkan kesadaran diri.
  • Bangun rasa percaya diri.
  • Latih kemampuan mengendalikan diri.

3. Cari Tahu Pemicunya

Berpikir berlebihan sering kali muncul ketika seseorang menghadapi suatu masalah. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali jenis masalah yang biasanya memicu kebiasaan ini.

Cobalah untuk lebih fokus mencari solusi daripada berlarut-larut memikirkan hal lain, seperti bagaimana masalah tersebut terjadi, yang hanya akan membebani pikiran.

Jika diperlukan, buatlah catatan mengenai langkah-langkah yang Pengguna ambil untuk menyelesaikan masalah. Dengan demikian, ketika menghadapi situasi serupa di masa depan, Pengguna dapat menggunakan cara yang sama untuk mengatasinya.

4. Latih Penerimaan Diri

Berpikir berlebihan sering kali muncul dari memikirkan kesalahan di masa lalu atau mengkhawatirkan hal-hal yang berada di luar kendali.

Daripada menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang mungkin Pengguna sesali, cobalah untuk lebih menerima dan menunjukkan kasih sayang kepada diri sendiri.

Berikut adalah beberapa strategi yang bisa membantu Pengguna lebih menerima diri sendiri:

  • Latih rasa syukur dan renungkan kualitas-kualitas positif yang Pengguna miliki.
  • Bangun jaringan dukungan yang kuat dengan orang-orang yang dapat memberi dorongan dan cinta.
  • Maafkan dirimu atas hal-hal yang Pengguna sesali.

5. Alihkan Perhatian

Daripada terus menerus memikirkan masalah tanpa batas waktu, cobalah untuk mengalihkan perhatianmu sejenak. Ketika Pengguna sibuk dengan hal lain, otak bisa bekerja di latar belakang dan menemukan cara yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Mengalihkan perhatian sejenak juga bisa memberikan jeda yang diperlukan, membantu otak berfokus pada hal-hal yang lebih produktif. Bahkan, otak mungkin menemukan solusinya saat Pengguna berhenti memikirkan masalah itu secara langsung.

6. Lakukan Terapi

Apabila berbagai metode untuk mengatasi overthinking sudah Pengguna coba namun belum berhasil, mungkin sudah waktunya mencari bantuan dari tenaga profesional.

Overthinking bisa menjadi salah satu tanda adanya masalah kesehatan mental, seperti depresi atau gangguan kecemasan. Sebaliknya, overthinking juga dapat meningkatkan risiko Pengguna mengalami masalah kesehatan mental.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara menghilangkan overthinking yang berlebihan. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, maka masalah overthingking akan dapat hilang seiring berjalannya waktu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button