Berita Utama

7 Cara Mengatasi Sakit Leher Bagian Belakang Sebelum Lebih Parah

Nyeri leher bagian belakang dapat disebabkan oleh posisi tidur yang kurang tepat, bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama, atau postur tubuh yang kurang baik. Namun, Pengguna tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi saksit leher di bagian belakang yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Nyeri leher merupakan kondisi yang umum terjadi. Kabar baiknya, rasa sakit ini jarang menandakan adanya penyakit serius. Sebagian besar kasus nyeri leher yang ringan bisa diatasi secara mandiri di rumah. Seringkali, rasa nyeri di leher ini bisa menyebar ke bagian belakang kepala, baik di sisi kanan maupun kiri.

Untuk itu, dalam penjelasan kali ini akan diberikan sebuah uraian terkait dengan bagaimana cara yang bsias dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Berikut diantaranya:

1. Berendam dalam Larutan Garam

Berendam dalam air yang dicampur garam dapat membantu meredakan nyeri di bagian belakang leher. Salah satu jenis garam yang direkomendasikan untuk keperluan ini adalah garam Epsom.

Metode ini diketahui efektif untuk meredakan ketegangan otot, mengurangi stres, serta memperlancar aliran darah. Selain meredakan nyeri leher, berendam dalam larutan garam juga dapat memberikan efek relaksasi pada pikiran.

2. Menggunakan Kompres Hangat dan Dingin

Berendam dengan air hangat atau menggunakan bantalan pemanas di area leher dapat membantu memperlancar aliran darah serta oksigen ke leher, yang membuat otot-otot leher lebih rileks.

Selain itu, Pengguna juga bisa mencoba kompres dingin di leher. Cukup bungkus es batu dengan handuk, lalu tempelkan selama beberapa menit untuk meredakan nyeri.

3. Mengoleskan Balsam

Salah satu cara untuk meredakan nyeri di leher bagian belakang adalah dengan mengoleskan balsem pada area yang terasa sakit. Pilihlah balsem atau salep yang memiliki kandungan bahan aktif seperti metil salisilat dan mentol.

Kedua zat ini bekerja dengan memberikan sensasi dingin dan hangat pada kulit, yang membantu membuat otot-otot leher menjadi lebih rileks.

4. Menggerakan Otot Leher

Cobalah untuk menggerakkan otot leher secara perlahan. Lakukan gerakan memutar untuk membantu meregangkan otot-otot yang tegang. Setelah itu, tambahkan variasi gerakan dengan memiringkan kepala ke depan dan belakang, serta ke kiri dan kanan.

Secara bertahap, rentang gerak otot leher akan meningkat seiring latihan yang Anda lakukan. Namun, jika rasa sakit muncul, segera hentikan gerakan tersebut.

5. Memperhatikan Posisi Tidur

Posisi tidur yang tidak tepat dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian leher belakang. Untuk menghindarinya, cobalah memperbaiki posisi tidur dengan menggunakan bantal yang memiliki ketinggian sedang, sehingga kepala tetap dalam posisi yang tidak terlalu terangkat.

6. Memperbaiki Postur Tubuh

Untuk mengatasi sakit leher belakang, selain memperbaiki posisi tidur, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan postur tubuh. Penting untuk membiasakan diri duduk dan berdiri dengan posisi yang tegak, sehingga tulang dan sendi dapat berada dalam posisi yang tepat.

Dengan cara ini, tekanan yang berlebihan pada otot leher dapat diminimalkan, sehingga nyeri yang disebabkan oleh sakit leher belakang dapat dikurangi.

7. Memijat

Pijat berfungsi untuk meredakan ketegangan pada otot leher bagian belakang. Penelitian menunjukkan bahwa terapi pijat sangat efektif dalam mengurangi rasa nyeri, termasuk pada area leher belakang.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara mengatasi sakit leher bagian belakang yang bisa dilakukan. Tentunya dengan menerapkan beberapa cara yang bisa dilakukannya maka dapat meringankan derita yang dialaminya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button