Berita Utama

Hati-Hati, Ini 5 Pantangan Makan Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui 

Pantangan makan penyakit jantung cukup beragam dan terbilang sangat sulit dihindari karena mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari. Namun, walaupun begitu pasien penyakit jantung harus tetap menghindarinya. 

Pasien penyakit jantung memang harus cermat dalam memilah makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Makanan yang dikonsumsi harus menyehatkan dan tidak mengandung jenis makanan yang menjadi pantangan. Berikut adalah 5 makanan yang menjadi pantangan bagi pasien penyakit jantung. 

1. Makanan yang Mengandung Gula Tinggi 

Sebenarnya gula itu sendiri tidak berpengaruh langsung pada penyakit jantung. Namun, akibat dari konsumsi gulanya adalah yang menjadi masalah. Karena konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi kemudian cukup sering. 

Hal ini akan mengakibatkan kelebihan berat badan. Sedangkan, obesitas atau berat badan yang tidak seimbang dapat meningkatkan resiko dari penyakit jantung. Jika memang sudah memiliki penyakit jantung. Kondisi ini akan memperparahnya. 

Karena itu, pasien penyakit jantung pun perlu menghindari makanan dengan kandungan gula tinggi. Bukan berarti tidak boleh mengonsumsi sama sekali namun lebih baik untuk mengendalikannya. 

2. Makanan dengan Rasa Terlalu Asin 

Garam juga merupakan musuh utama dari pasien dengan penyakit jantung. Karena garam bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Kondisi tersebut akan memperburuk kondisi pasien dengan penyakit jantung. 

Karena itu, pasien dengan penyakit jantung harus mengawasi dengan ketat konsumsi garamnya. Camilan yang terlalu asin seperti keripik kentang atau makaroni yang asin dilarang keras bagi pasien penyakit jantung. 

Sebagai ganti, para pasien bisa memilih camilan seperti buah, kacang-kacangan, atau olahan camilan tanpa garam. 

3. Margarin dan Mayonaise yang Tinggi Lemak 

Pantangan makan penyakit jantung berikutnya adalah margarin dan juga mayonaise. Terutama, margarin dan mayonaise yang tinggi kandungan lemak transnya. Kandungan lemak trans pada makanan ini dapat memicu kenaikan kolesterol. 

Seperti yang diketahui, kolesterol tinggi dapat membuat penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung semakin buruk. Jika memang harus memakan makanan dengan margarin dan mayonaise para pasien bisa menggantikannya dengan makanan alternatif. 

Misalnya saja, untuk mayonaise bisa diganti dengan yogurt plain yang rendah lemak. Sangat cocok untuk topping salad menggunakan mayonaise. Kemudian menggunakan cream susu rendah lemak untuk pengganti margarin. 

4. Segala Macam Daging Olahan 

Daging sebagai sumber protein hewani memang baik untuk kesehatan jantung. Namun, sebagai catatan daging yang dikonsumsi adalah daging murni dan asli juga bukan merupakan daging olahan. 

Karena segala macam daging olahan sangat berbahaya bagi penderita penyakit jantung. Daging olahan yang dimaksud disini adalah kornet, sosis, daging asap, dan berbagai bentuk olahan dari daging lainnya. 

Walaupun mengandung daging, daging olahan juga mengandung bahan lainnya. Misalnya saja nitrit dan juga garam yang berperan sebagai pengawet. 

5. Makanan yang Tinggi Lemak dan Kolesterol 

Penimbunan lemak dan kolesterol adalah sebab umum mengapa seseorang bisa menderita penyakit jantung. Karena itu, sudah merupakan hal wajib bagi pasien penyakit jantung untuk menghindari makanan dengan kandungan lemak dan kolesterol tinggi. 

Jika memang sudah punya penyakit jantung dan masih mengkonsumsi makanan jenis ini. Bisa dipastikan kondisi pembuluh darah akan semakin buruk. Karena akan mengalami penyempitan berkala. Karena itu, harus dihindari sepenuhnya. 

Itulah berbagai pantangan makan penyakit jantung yang harus diperhatikan. Menghindari makanan di atas sangat penting untuk dilakukan. Terutama, agar penyakit jantung yang diderita tidak semakin parah. Selain itu, meningkatkan kondisi kesehatan dan jantung. 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button