Berita Utama

Inilah Ciri Penyakit Sinusitis dan Cara Mengatasinya, Wajib Tahu!

Ciri penyakit sinusitis perlu diketahui. Sinusitis adalah kondisi peradangan pada sinus. Penyebabnya adalah alergi atau adanya virus infeksi.

Tanda-tanda sinusitis pada umumnya berupa pilek dan hidung tersumbat. Selain itu, akan muncul rasa nyeri di sekitar wajah.

Beberapa indikasi akan muncul jika seseorang mengalami sinusitis. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut mengenai ciri-ciri atau tanda-tanda sinusitis.

Juga, akan dibahas tentang cara mengobati peradangan sinus sampai sembuh. Selain itu, dibahas pula tips-tips penting untuk melakukan tindakan pencegahan.

Ciri-ciri Seseorang Menderita Sinusitis

Terdapat beberapa jenis peradangan sinus atau sinusitis. Ada penyakit sinusitis akut dan subakut. Ada pula penyakit sinusitis kronis dan penyembuhan.

Setiap jenis ada gejalanya masing-masing. Namun ada beberapa ciri umum peradangan pada sinus atau sinusitis. Ciri-ciri itu, yakni:

  • Seseorang yang menderita sinusitis akan merasakan nyeri pada wajah. Nyeri ini akan semakin terasa sakit jika kepala ditekan.
  • Ciri sinusitis lainnya adalah hidung mampet atau tersumbat. Ini seperti gejala flu. Namun sebenarnya bukanlah flu. Hidung tersumbat itu merupakan gejala peradangan pada sinus.
  • Selain nyeri pada bagian wajah dan hidung mampet, pilek juga merupakan salah satu ciri sinusitis. Ya, orang yang mengalami sinusitis akan mengalami pilek.
  • Hidung tersumbat dan pilek pada akhirnya akan membuat kemampuan penciuman berkurang. Itulah salah satu ciri radang sinus atau sinusitis. Penciuman menjadi menurun dari biasanya.
  • Ciri penyakit sinusitis yang lainnya adalah keluarnya cairan ingus dari hidung. Cairan ingus tersebut berwarna kuning kehijauan. Ini membuat peradangan sinus semakin nyeri.
  • Selain beberapa ciri atau gejala yang disebutkan di atas, mulut orang yang menderita sinusitis akan berbau. Mulut berbau tidak sedap adalah ciri sinusitis.
  • Penderita sinusitis juga akan merasakan sakit tenggorokan. Ini adalah bagian dari ciri-ciri radang sinus akibat infeksi virus atau alergi.
  • Ciri berikutnya adalah adanya pembengkakan di sekitar mata. Jika pembengkakan tersebut terjadi, segera periksa ke dokter. Bisa jadi, itu adalah gejala sinusitis agar segera dilakukan tindakan medis.

Cara Mengobati dan Mencegah Sinusitis

Untuk diketahui penyakit sinusitis bukannya tak bisa diobati dan dicegah. Berikut ini informasi mengenai cara mengobati dan mencegah sinusitis, yakni:

Lantas bagaimana cara mengobati penyakit sinusitis? Seperti yang dijelaskan dalam artikel alodokter.com, berikut ini beberapa cara pengobatannya, yakni:

  • Cara pertama yang harus dilakukan adalah gunakan obat. Obat tersebut berupa obat semprot hidung. Selain itu bisa juga dengan obat minum.
  • Jika cara pertama di atas tidak efektif, lakukan cara lainnya. Cara itu adalah lakukan operasi. Ya, biasanya dokter akan menyarankan penderita sinusitis melakukan operasi.
    Operasi dilakukan jika peradangan pada sinus sudah akut. Karena itu, tidak bisa ditempuh hanya dengan menggunakan obat.

Agar tidak menderita sinusitis, lakukan tindakan pencegahan. Adapun cara-caranya sebagai berikut:

  • Pertama, rajin cuci tangan. Menjaga tangan agar tetap bersih penting untuk mencegah terjadinya sinusitis. Cara pertama ini terlihat sangat sederhana. Namun penting sebagai tindakan preventif.
  • Selain mencuci tangan, hindari diri dari kontak langsung dengan orang sakit. Gunakan pelindung berupa masker hidung agar tetap steril. Itulah cara tepat untuk mencegah terjadinya sinusitis.
  • Jaga diri agar tidak sampai terpapar zat yang menyebabkan alergi atau virus infeksi. Seperti telah disinggung di atas, sinusitis terjadi karena virus infeksi pada bagian sinus.
  • Berobat ke dokter jika ada gigi berlubang. Jangan dibiarkan begitu saja jika ada gigi berlubang apalagi gigi bagian atas. Sebab, gigi bagian atas yang berlubang berpotensi menyebabkan sinusitis.

Itulah pembahasan mengenai ciri penyakit sinusitis. Selain itu diulas juga tentang cara mengatasi dan mengobati peradangan pada sinus.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button