Berita Utama

7 Cara Menghilangkan Kutu pada Rambut Tanpa Ribet

Masalah kutu pada rambut meskipun sepele tapi menjengkelkan. 7 cara menghilangkan kutu pada rambut di bawah ini adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan hewan pengganggu tersebut.

Kutu rambut sendiri dapat menyerang sejak usia balita hingga menjadi orang tua. Serangga dengan nama ilmiah Pediculus humanis capitis ini dapat berkembang biak cepat dengan menempatkan telur di batang rambut. Berikut cara membasminya:

1. Menggunakan Sisir Kutu

Sisir kutu sebagai opsi pertama dalam cara menghilangkan kutu pada rambut secara konvensional. Jenis sisir ini memiliki gigi yang rapat-rapat (untuk menyingkirkan kutu beserta telurnya), tipis dan sifatnya keras. Sisir kutu tersebut dengan mudah diperoleh melalui toko online.

Cara menggunakannya tidak berbeda dengan sisir biasa, terlebih dahulu membasahi rambut agar tidak kusut. Kemudian sisir rambut sedekat mungkin dengan kulit kepala untuk menggosok lapisan kutu.

2. Menggunakan Garam

Garam dapur yang memiliki nama kimia natrium klorida (NaCl) diketahui dapat menjadi antiseptik alami untuk menghilangkan kutu. Selain itu, garam dapur dapat dicampur dengan cuka untuk mengurangi kelembaban pada kulit kepala.

Cara yang dilakukan yakni menyiapkan 3 sendok makan garam, 2 sendok makan cuka dan 100 cc air. Larutan dicampurkan dan dimasukkan pada botol spray kemudian menyemprotkannya pada rambut. Biarkan meresap lalu jeda 2 jam dibersihkan.

3. Menggunakan Alkohol

Alkohol dengan jenis benzyl alcohol dengan konsentrasi 5% dapat digunakan untuk membasmi kutu pada rambut. Alkohol juga diketahui sebagai antiseptik untuk membersihkan luka dan mensterilkan alat-alat laboratorium.

Alkohol yang bersifat keras sebaiknya tidak diberikan untuk anak-anak. Cara menggunakannya dengan mencampur 5 – 6 sendok makan alkohol dengan baby oil atau cuka sebanyak 3 sendok makan lalu mengoleskannya pada kepala sampai rata.

4. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah diantara banyak produk herbal yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah terdapat kandungan vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Untuk menggunakan minyak kepala, dapat disiapkan 3 sendok makan minyak kelapa dalam kondisi hangat lalu oleskan pada rambut. Selesai dioleskan kemudian pijat ringan pada bagian kulit kepala agar minyak dapat meresap.

5. Memanfaatkan Minyak Zaitun

Salah satu ekstraksi buah-buahan yang mendatangkan banyak manfaat adalah zaitun. Minyak yang diambil dari ekstrak buah zaitun bersifat melembabkan rambut dan mengurangi jumlah air yang diserap rambut, sehingga rambut tidak mengambang.

Untuk menggunakan minyak zaitun, campurkan minyak tersebut dengan minyak kelapa. Kemudian dioleskan pada kulit kepala dan batang rambut sampai rata. Setelah itu, biarkan campuran minyak tersebut terserap oleh pada kepala.

6. Memanfaatkan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih adalah di antara banyak obat herbal lazim dijumpai di masyarakat karena khasiatnya yang luar biasa. Beberapa diantaranya yaitu melindungi dari gigitan serangga, memperlancar pernapasan dan lain sebagainya.

Menggunakan minyak kayu putih sebagai obat kutu rambut ternyata sangat mudah. Cukup oleskan 5 – 10 tetes minyak eucalyptus langsung pada rambut sembari dipijat dengan pelan. Kemudian biarkan selama 2 jam lalu disiram.

7. Menggunakan Ekstrak Lemon

Buah lemon selain segar dan enak dikonsumsi, namun terdapat berbagai kegunaan. Diantaranya adalah sebagai perawatan tubuh kita. Beberapa manfaat buah lemon diantaranya untuk mengatasi jerawat, menghilangkan ketombe dan tentunya mengobati kutu rambut.

Sebelum digunakan buah lemon diperas dahulu, kemudian air perasan dicampurkan dalam 100 cc air. Setelah dicampurkan, larutan lemon dioleskan pada kulit rambut sembari pijat dengan lembut. Biarkan selama 45 menit kemudian siram dengan air hangat.

Itulah tadi 7 cara menghilangkan kutu pada rambut yang praktis dan mudah ditemukan. Obat-obatan tersebut juga juga sering dijumpai di kehidupan kita.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button