Berita Utama

5 Bahaya Berhubungan Saat Menstruasi yang Perlu Diketahui

Melakukan hubungan seks saat menstruasi masih menjadi hal yang sangat tabu. Meskipun ada beberapa manfaatnya namun bahaya berhubungan saat menstruasi juga menakutkan. Artikel ini akan menjelaskan apa saja bahaya yang ditimbulkan.

Memang melakukan hubungan saat menstruasi bisa mengurangi stress dan meredakan nyeri. Keadaan tersebut yang membuat banyak perempuan mau melakukan seks saat menstruasi. Padahal banyak sekali bahaya yang dapat timbul langsung saja simak dibawah ini:

1. Bahaya Penyakit Menular Seks

Melakukan hubungan seks saat menstruasi resikonya besar sekali. Salah satu resiko yang ditimbulkan bisa terjangkit penyakit menular seksual. Penyakit menular seks masih sangat sulit disembuhkan. Meski sudah ditemukan obatnya namun penderita penyakit ini bisa minum obat seumur hidup.

Saat menstruasi pastilah darah yang dikeluarkan berupa darah kotor. Darah ini membawa banyak bakteri yang mengakibatkan penyakit menular seksual antara lain Sifilis, Gonore, HIV/AIDS dan Hepatitis B.

Selain itu darah yang keluar tersebut bisa kembali masuk lagi ke dalam rahim. Karena ditekan oleh penis saat proses penetrasi. Tidak hanya menyebabkan penyakit menular satu orang saja namun keduanya juga bisa terkena.

2. Bahaya Infeksi Jamur Pada Vagina

Saluran menstruasi yang dilalui darah menstruasi akan lebih rentan terkena jamur. Ini disebabkan PH keasaman pada vagina yang meningkat dua kali lipat dari keadaan normal.

Keasaman dan kelembaban akan menyebabkan tumbuh jamur pada area sekitar saluran vagina. Jadi bisa menyebabkan infeksi jamur pada saluran vagina. Karena proses pergesekan penis saat melakukan hubungan seks.

3. Bahaya Penyumbatan Pada Jantung

Saat melakukan penetrasi, penis akan mulai memompa ke dalam vagina. Ini bisa menyebabkan adanya gelembung udara atau emboli masuk ke dalam tubuh. Bisa menyebabkan penyumbatan pada jantung.

Penyumbatan pada jantung ini dikarenakan saat proses penetrasi ada pembuluh darah yang terbuka. Terbukanya pembuluh darah akan menghasilkan emboli. Lalu emboli ini menyumbat ke jantung karena terbawa arus aliran darah.

Ini yang paling bahaya karena saat jantung ada penyumbatan. Maka bisa jadi mengancam nyawa. Jadi usahhakan berhubungan seks saat masa menstruasi sudah benar-benar selesai agar lebih aman dan nyaman.

4. Bahaya Endometriosis Atau Kemandulan

Bahaya berhubungan saat menstruasi adalah bisa menyebabkan timbulnya penyakit endometriosis. Endometriosis atau kemandulan ini disebabkan adanya penebalan pada dinding rahim.

Sudah kita ketahui bahwa menstruasi adalah darah yang keluar dikarenakan sel telur yang tidak dibuahi. Maka saat melakukan hubungan seks darah yang keluar akan menempel kembali pada dinding rahim.

5. Kehamilan yang Tidak Diinginkan

Melakukan hubungan seks saat menstruasi tidak menutup kemungkinan akan terjadi pembuahan. Ini bisa menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan. Bisa dikarenakan terbukanya sel telur yang membuat pembuahan terjadi.

Pembuahan saat menstruasi juga bisa menyebabkan kelainan sel yang nantinya tumbuh menjadi janin. Meski kecil kemungkinannya namun harus berhati-hati juga ya. Lebih baik menunggu menstruasi selesai dan memastikan sudah bersih baru melakukan hubungan seks.

Itulah bahaya berhubungan saat menstruasi. Memang melakukan hubungan seks saat menstruasi seharusnya dihindari. Karena manfaat melakukan hubungan dan bahayanya, lebih banyak bahaya yang ditimbulkan. Maka dari itu harus bijak dalam bertindak.

Jika memang sangat terpaksa ingin melakukannya jangan lupa menggunakan pengaman. Penggunaan kondom bisa mengurangi dampak bahaya yang akan ditimbulkan saat melakukan hubungan seks ketika menstruasi. Bersikap jaga-jaga sebelum kejadian yang tidak diinginkan sangat perlu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button