Berita Utama

5 Cara Mengatasi ASI Rembes pada Ibu Menyusui, Moms Wajib Tahu

Seorang ibu menyusui harus mengetahui bagaimana cara mengatasi ASI rembes karena terkadang ASI yang dihasilkan pada masa tersebut terlalu banyak. Meski demikian, ASI rembes tergolong hal yang lumrah atau umum bagi ibu menyusui sesudah 1 hingga 2 minggu persalinan.

Pengeluaran ASI yang tidak terkontrol pun sebenarnya hal yang baik, dikarenakan mampu mencegah pembengkakan payudara atau mastitis pada ibu menyusui. Lantas, berikut ini adalah berbagai cara mengatasi ASI rembes yang dapat dicoba oleh para ibu yang mengalami permasalahan tersebut.

1. Pakai Wadah Penampung ASI

Wadah penampung ASI dapat digunakan oleh ibu menyusui untuk mencegah ASI yang bocor dan rembes pada baju. Sesuai namanya, wadah ini mampu menampung produksi ASI yang banyak hingga rembes tersebut, sehingga tak terbuang sia-sia.

Apabila ibu menyusui akan menggunakan ASI yang telah ditampung, maka wadah yang berbahan silikon ini harus disterilkan terlebih dahulu. Dengan melakukan proses sterilisasi wadah sebelum dipakai, risiko ASI terkontaminasi bakteri maupun kuman dapat berkurang.

2. Menggunakan Bantalan Payudara

Selain wadah penampung ASI sebagai cara mengatasi ASI rembes, ada pula bantalan payudara yang berfungsi agar ASI tidak merembes hingga ke baju. Bantalan ini berupa produk yang sekali pakai maupun kain yang dapat dicuci dan dipakai kembali.

Tips dalam memilih bantalan payudara adalah pastikan produk memiliki bahan yang lembut dan tinggi daya serap. Ibu menyusui perlu menyesuaikan ukuran bantalan dengan payudara agar nyaman ketika digunakan dan tidak mengganggu aktivitas.

Ibu menyusui juga harus memastikan untuk membawa bantalan payudara sebagai persiapan ketika akan pergi ke luar rumah. Bantalan payudara yang basah atau lembab dapat segera diganti dengan bantalan yang baru, sehingga mencegah jamur dan bakteri tumbuh di area puting.

3. Lebih Sering Memompa ASI

Ibu menyusui harus rutin memompa ASI 3 hingga 4 jam sekali agar payudara tidak menampung terlalu banyak ASI.  Saat hendak beraktivitas di luar, kegiatan memompa dan menyimpan ASI dapat dilakukan dengan cara mencuci tangan dahulu agar lebih steril.

4. Tekan Puting Perlahan

Terkadang payudara pada ibu menyusui mengalami kontraksi atau dapat dikatakan bahwa ASI telah rembes di waktu yang kurang tepat. Hal itu dapat terjadi ketika ibu menyusui melakukan berbagai aktivitas, seperti mengobrol atau beres-beres rumah.

Maka dari itu, cara mengatasi ASI rembes berikutnya adalah dengan cara menyilangkan kedua tangan di payudara dan menekannya secara perlahan. Dengan melakukan tindakan tersebut, ASI yang bocor maupun mengalir banyak karena produksi yang berlebihan dapat dicegah dan dihentikan.

5. Mengenakan Baju yang Mampu Menyamarkan ASI Rembes

Tidak hanya memanfaatkan produk atau tindakan tertentu untuk mengatasi ASI yang rembes, ibu menyusui juga dapat melakukan hal yang mudah dan sederhana. Baju dengan warna gelap dan memiliki berbagai motif dapat menjadi jalan keluar bagi ibu menyusui yang sering mengalami ASI rembes.

Karakteristik baju yang seperti itu tentunya mampu menyamarkan ASI yang dapat bocor tak mengenal waktu dan tempat. Selanjutnya, ibu menyusui juga perlu untuk menyiapkan berbagai persediaan lain, seperti baju cadangan, jaket, maupun bra tambahan sebagai antisipasi.

Itulah penjelasan mengenai 5 cara mengatasi ASI rembes pada ibu menyusui yang dapat mulai dicoba di rumah. Dengan mengetahui berbagai cara tersebut, diharapkan mampu membantu para ibu dalam menyediakan ASI yang berkualitas bagi sang buah hati tercinta.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button