Berita Utama

5 Cara Mengatasi Penyakit Herpes Paling Ampuh yang Perlu Diketahui

Penyakit herpes ini tergolong pada jenis penyakit menular dengan cara yang cukup mudah. Untuk itu, bagi penderita sakit herpes ini harus segera mengobatinya. Ada sejumlah cara mengatasi penyakit herpes yang bisa dicoba oleh setiap penderitanya.

Cara dalam mengatasi penyakit herpes ini memang tidak boleh sembarangan. Pasalnya, jika proses pengobatan atau penyembuhan dilakukan sembarang, akan membuat herpes meradang. Adapun cara mengatasi penyakit satu ini, antara lain:

1. Jaga Kebersihan Diri

Bagi penderita herpes, kebersihan diri menjadi kunci utama untuk mempercepat proses penyembuhan. Karena herpes ini sendiri berasal dari infeksi virus atau bakteri yang diakibatkan dari tidak terjaganya kebersihan diri.

Ketika mengalami sakit herpes ini, akan sangat disarankan untuk menjaga kebersihan diri secara baik. Mulai dari mencuci tangan hingga bersih sebelum makan, mandi dengan air dan sabun mengalir, dsb.

Bagi penderita sakit herpes yang sudah cukup meradang, biasanya akan disarankan untuk mengurangi intensitas mandinya. Akan tetapi, kebersihan diri ini masih bisa dilakukan dengan tidak membuat tubuh berkeringat secara berlebihan.

2. Konsumsi Sayuran Berwarna Jingga dan Merah

Saat sakit, penderita biasanya akan disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan tentunya bergizi. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi si penderita itu sendiri. Sehingga, proses penyembuhan cepat dilakukan.

Sebagai cara mengatasi penyakit herpes ini sendiri ada baiknya untuk selalu konsumsi sayuran yang berwarna jingga dan merah. Karena bagi penderita herpes ini sangat membutuhkan Vit C yang cukup untuk dapat membuat daya tahan tubuh jadi lebih kuat.

Jumlah pengkonsumsian sayuran berwarna jingga dan merah ini pun dapat dikonsumsi setiap hari selama proses penyembuhan. Hal ini bertujuan untuk membuat tubuh jadi lebih cepat dalam memproses penyembuhan dari herpes ini.

3. Oleskan Madu Atau Lidah Buaya

Lepuhan herpes yang ada di bagian tubuh tertentu ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Meskipun dibiarkan proses penyembuhan akan tetap dapat dilakukan, namun dengan durasi yang cukup lama.

Berbeda halnya jika penderita juga memperhatikan lepuhan dari herpes ini secara baik, tentu proses penyembuhannya pun akan memakan waktu cepat. Pada lepuhan tersebut, dapat diberikan olesan madu ataupun lidah buaya agar tidak kering.

Jika sudah berkonsultasi dengan dokter, biasanya akan diberikan salep tertentu untuk dioleskan ke lepuhan tersebut. Tentunya, jenis dari salep ini akan disesuaikan dengan tingkatan keparahan dari lepuhan herpes yang dialami si penderita.

4. Jangan Digaruk

Saat mengalami sakit herpes ini tentu harus sangat menjaga untuk tidak berinteraksi secara langsung pada orang lain. Karena air yang terkandung pada lepuhan tersebut dapat menginfeksi orang lain yang bisa menyebabkan tertularnya sakit herpes ini.

Oleh karenanya, lepuhan dari sakit herpes ini sangat tidak disarankan untuk digaruk. Hal ini dilakukan agar tidak membuat cairan pada lepuhan akan mengkontaminasi orang lain disekitarnya.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Apapun sakit yang dideritanya, air putih menjadi obat penting dan utama untuk tidak lupa dikonsumsi. Karena air putih ini sangatlah dibutuhkan oleh tubuh setiap orang untuk menjaga stamina dan kekebalan tubuh dari serangan virus apapun.

Jumlah pengkonsumsian air putih ini 2 liter setiap harinya. Saat tubuh tidak mendapatkan air putih dalam jumlah yang cukup, maka akan terasa lemas dan bisa membuat dehidrasi.

Masa penyembuhan dari sakit herpes ini tergantung dari tingkat keparahan dan cara mengatasi penyakit herpes tersebut. Akan tetapi, jika durasi penyembuhan minimal selama 5 hari tidak kunjung membaik, segera bawa ke pusat kesehatan terdekat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button