Berita Utama

5 Ciri Ciri Orang Terkena Usus Buntu yang Jarang Dikenali

Berbagai penyakit bisa dikenali dari diri sendiri. Salah satunya ciri ciri orang terkena usus buntu. Beberapa bisa dirasakan sendiri. Pahami supaya tindakan yang dibutuhkan akan segera terpenuhi.

Ketika merasakan berbagai gejala yang akan disebutkan di bawah ini secara bersamaan, maka orang tersebut harus segera periksa. Perlu diagnosa dari ahli supaya penanganannya lebih baik karena berhubungan dengan operasi.

Lantas, apa saja ciri yang umum dirasakan oleh penderita usus buntu? Bagaimana cara mengecek gejala tersebut dan membedakannya dengan sakit biasa? Supaya tidak terkesan diagnosa pribadi, simak tulisan informatif berikut:

1. Umumnya Sakit Perut Kanan

Karena usus buntu letaknya di bagian perut, maka ciri ciri orang terkena usus buntu akan merasakan nyeri di bagian tersebut. Bedakan sakit perut dengan nyerinya.

Nyeri ini bisa terjadi karena usus buntu sudah meradang. Oleh sebab hal itu, perlu adanya operasi penghilangan usus buntu yang sudah busuk.

Sakit perut bagian kanan ini bisa diindikasi saat penderita berjalan, batuk, maupun tertawa. Jika sakitnya berlangsung selama berjam-jam segera periksalah ke dokter terdekat.

2. Sakit Dibarengi Diare

Seseorang yang sudah mengalami sakit di bagian perut kanan perlu waspada. Apalagi jika sakit tersebut berhari-hari dan dibarengi dengan sembelit bahkan diare.

Tidak semua orang akan cek tinja saat buang hajat. Beberapa orang juga akan cuek ketika sudah menahan sakit. Namun jika saat perut kanan sudah sakit usahakan cek juga tinja secara kasat mata saja.

Jika ada lendir yang keluar seiring dengan tinja makan bisa diyakinkan bahwa ada masalah pada pencernaan. Selalu upayakan periksa ke dokter minimal jika sudah sakit yang mengganggu.

3. Lakukan Gerakan Berikut

Untuk bisa membedakan radang usus buntu atau sakit perut biasa, penderita bisa cek dengan cara berikut. Pertama, tekan bagian perut bawah sampai terasa tekanannya.

Kemudian dengan cepat, penderita melakukan gerakan mengangkat tangan. Lepas tangan yang tadi menekan perut dan rasakan apa sensasinya.

Jika merasa sakit saat tangan dilepas, segera ke dokter karena itu salah satu ciri ciri orang terkena usus buntu. Apabila pelaku tidak merasakan sakit, yakin saja bahwa usus buntu tidak perlu dipotong.

4. Muntah Karena Mual

Jika usus buntu di dalam tubuh sudah meradang, itu artinya membusuk. Otomatis, tubuh juga mengeluarkan reaksinya terhadap hal yang tidak wajar tersebut.

Reaksi orang biasanya berbeda-beda. Akan tetapi, jika mual dan muntah secara berkepanjangan orang tersebut tentu harus cek kesehatan pencernaan.

Mual disertai muntah di sini diartikan bahwa penderita mengalaminya selama lebih dari 12 jam. Terlebih jika dibarengi dengan tiga ciri yang sudah disebutkan di atas.

5. Langkah Terakhir Tes

Untuk memastikan apakah usus buntu sudah radang atau belum, maka perlu dilakukan tes. Langkah ini juga sangat penting guna memutuskan tindakan selanjutnya.

Tes yang dilakukan yaitu melalui tes darah. Dari hasil tes, darah akan mengindikasikan jumlah sel darah putih atau leukosit dalam tubuh yang bisa dijadikan dokter sebagai acuan.

Kalau sel darah putih dalam darah meningkat, tandanya ada organ yang radang atau terluka. Setelah tes ini, dokter tentu akan menyarankan untuk tindakan selanjutnya yaitu operasi.

Seperti itulah setidaknya lima ciri ciri orang terkena usus buntu. Dalam arti, usus buntu dalam tubuh meradang dan sudah saatnya dipotong atau dibuang.

Tentu saja ciri tersebut di atas harus disadari dan dianggap serius oleh penderita. Jika tidak ingin keadaan lebih buruk, opsi utama yaitu periksa ke dokter.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button