Berita Utama

Inilah 5 Penyebab Sering Mimisan yang Perlu Diketahui

Banyak orang yang ingin mencari tahu terkait penyebab sering mimisan. Hal tersebut dikarenakan, orang-orang merasa khawatir dan bingung mengenai kondisi seperti itu. Oleh sebab itulah, maka berikut ialah beberapa penyebab dari sering timbulnya mimisan:

1. Udara yang Tidak Stabil

Penyebab sering mimisan yang pertama, yaitu udara di sekitar yang tidak stabil. Pasalnya, kondisi tersebut akan lebih banyak terjadi pada cuaca dingin. Alhasil, saluran pernapasan atas akan mengalami infeksi karena suhu dan kelembabannya naik turun.

Adanya perubahan iklim dingin pada lingkungan luar ke dalam ruangan yang hangat juga akan membuat hidung menjadi rentan mengalami pendarahan. Namun, perlu diketahui bahwa tidak hanya suhu rendah saja yang bisa membuat udara kering.

Pada suhu yang tinggi, mimisan ternyata juga bisa saja terjadi karena kelembaban yang terlalu rendah. Kondisi seperti itu akan membuat lapisan hidung menjadi kering dan luka hingga menyebabkan pendarahan.

2. Adanya Penggunaan Obat Pengencer Darah

Penyebab selanjutnya yang bisa membuat seseorang lebih sering mengalami mimisan, ialah karena adanya penggunaan obat pengencer darah. Adapun jenis golongan obatnya, yaitu seperti warfarin, anti-inflamasi non steroid, aspirin, dan clopidogrel bisulfate.

Pasalnya, pengencer darah tersebut biasanya dipakai untuk orang-orang dengan penyakit yang memiliki risiko menyebabkan pembekuan darah, seperti kelainan jantung. Nantinya, obat pengencer tersebut akan mengubah kemampuan penggumpalan dan pembekuan pada darah.

Dengan begitu, maka darah akan lebih lancar dan baik pada kondisi tertentu. Namun, hal tersebut ternyata juga bisa membuat pendarahan di hidung tidak bisa dicegah dan kemungkinan sulit untuk dihentikan.

3. Sering Mengorek Lubang Hidung

Masih ada banyak orang yang memiliki kebiasaan buruk mengorek lubang hidung dengan terlalu keras. Pasalnya, hal seperti itulah yang ternyata bisa menjadi salah satu penyebab dari sering timbulnya mimisan.

Terlebih lagi, jika kuku tangan yang digunakan untuk mengorek lubang hidung cenderung tajam dan kotor. Hal seperti itu tentunya akan lebih memiliki risiko melukai pembuluh darah yang ada di dalam hidung.

Selain itu, kuku yang kotor juga akan membuat kuman lebih mudah masuk ke saluran pernapasan. Kondisi tersebut juga bisa memungkinkan hidung mengalami infeksi dan mengakibatkan pendarahan atau bahkan penyakit sinusitis.

4. Mengalami Cedera Hidung

Berikutnya ini ada penyebab lainnya yang bisa membuat hidung lebih sering mengalami mimisan. Adapun penyebab tersebut, yaitu adanya cedera pada pembuluh darah di hidung yang mengakibatkan pendarahan.

Kondisi seperti itu biasanya banyak ditemukan pada anak-anak. Pasalnya, anak-anak memang cenderung sering menggaruk lubang hidungnya dengan pembuluh darah yang tergolong masih lemah.

Selain itu, karena pembuluh darahnya masih lemah, maka hidung akan lebih rentan berdarah ketika terkena benturan atau pukulan. Tidak hanya anak-anak, hidung orang dewasa juga memiliki kerentanan mengalami pendarahan jika benturan atau pukulannya terlalu keras.

5. Masalah Kesehatan Tertentu

Penyebab lainnya dari sering timbulnya mimisan, yaitu adanya masalah kesehatan tertentu. Pasalnya, mimisan juga dapat menjadi pertanda bahwa orang mengalami suatu penyakit, terutama yang berhubungan dengan pernapasan, seperti:

  • Peradangan pada rongga sinus.
  • Polip hidung.
  • Tulang hidung yang bengkok.

Namun, mimisan juga perlu diwaspadai jika disertai gejala parah lainnya, seperti sakit kepala. Terkait hal tersebut, mimisan yang seperti itu bisa saja disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan yang lebih serius.

Demikianlah ulasan terkait beberapa penyebab sering mimisan yang perlu untuk diketahui. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka orang-orang yang mengalami mimisan tidak akan merasa bingung lagi. Selain itu, orang-orang nantinya juga akan lebih bijak dalam menanganinya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button