Berita Utama

Kenali Tanda Tanda Asam Urat di Tangan dan Cara Mengatasinya

Tanda tanda asam urat di tangan sangat mudah untuk dikenali. Bagi para penderita asam urat, jika penyakit asam urat lagi kambuh biasanya tanda tanda yang dialami berada pada bagian tangan maupun kaki.

asam urat di tangan menjadi gejala yang sering terjadi di semua kalangan. Penasaran tanda asam urat di tangan apa saja? Berikut ini tanda tanda yang muncul di tangan jika asam urat lagi kambuh.

Tanda Tanda yang Muncul Jika Asam Urat Lagi Kambuh

Tanda tanda asam urat kambuh di tangan sangat mudah untuk dikenali daripada di kaki. Kenapa? Karena gejala yang muncul di tangan lebih dominan akan terlihat lebih jelas daripada gejala di kaki, diantaranya:

1. Pergelangan Tangan dan Jari-Jari Terlihat Membengkak dan Terasa Nyeri

Tanda tanda asam urat di tangan yang pertama yaitu Pergelangan tangan dan jari-jari terlihat membengkak dan terasa nyeri. Jika para penderita mengalami hal tersebut, maka sudah dipastikan bahwa asam urat sedang kambuh.

Tanda tanda ini biasanya sering terjadi di waktu pagi hari saat bangun tidur dan juga waktu selesai magrib. Jika tanda tanda ini terjadi, sudah dipastikan penderita akan sulit untuk melakukan aktivitas seperti memegang benda, menulis, memasak dll.

2. Kulit Kemerahan dan Kekakuan di Sendi Tangan

Tanda tanda yang kedua yaitu kulit tangan terlihat kemerahan disertai kekakuan di sendi tangan. Tanda ini sangat mudah untuk dikenali, sebab kulit tangan akan terlihat kemerahan jika asam urat lagi kambuh.

Jika kulit bagi penderita terlihat merah dan sendi tangan sangat kaku, maka penderita harus segera mengobatinya. Jika terlambat untuk mengobatinya, sudah dipastikan orang tersebut akan sulit melakukan kegiatan seperti biasanya.

3. Benjolan Keras di Bagian Jari Tangan dan Siku

Tanda tanda asam urat ketiga ketika lagi kambuh yaitu munculnya benjolan Keras di sertai warna keputihan di benjolan tersebut. Dalam dunia kedokteran, benjolan tersebut disebut tofus.

Umumnya, benjolan tersebut tidak terasa sakit. Namun, apabila tidak segera diobati, benjolan tersebut akan memberikan efek samping seperti tangan kesemutan, mati rasa serta sulit untuk digerakkan.

Itulah tiga tanda tanda asam urat di tangan yang lebih dominan muncul ketika asam urat lagi kambuh. Dengan adanya gejala seperti di atas, diharapkan yang terkena penyakit ini bisa segera mengobati ketika gejalanya mulai timbul.

Cara Mengatasi Tanda-Tanda Asam Urat di Tangan

Jika seseorang terkena penyakit asam urat dan mengalami pembengkakan di bagian tangan dan juga jari-jari. Segeralah untuk mengompres menggunakan air dingin sekitar 15 menitan.

Tidak itu saja, sebenarnya masih ada beberapa hal yang bisa diterapkan untuk mengatasi penyakit asam urat kambuh. Penasaran bagaimana caranya? Berikut cara mengatasi penyakit asam urat:

1. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol bisa menjadi seseorang terkena penyakit asam urat. Oleh karena itu, dengan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol seseorang bisa terbebas dari penyakit asam urat.

2. Tidak Mengkonsumsi Minuman Manis

Sama seperti minuman beralkohol, minuman manis bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit asam urat. Tidak hanya itu, minuman manis juga bisa membuat seseorang terkena penyakit lainnya seperti penyakit gula.

Oleh sebab itu, seseorang tidak dianjurkan untuk berlebihan dalam mengkonsumsi minuman manis. Hal ini dilakukan agar seseorang bisa tercegah dari penyakit asam urat.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Menyehatkan

Makan-makanan yang menyehatkan bisa menjadi hal yang tepat bagi seseorang agar tidak terkena penyakit asam urat. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, seseorang juga bisa terhindar dari penyakit lainnya seperti diabetes dan lain sebagainya.

Dengan adanya hal-hal yang dapat menghindari seseorang terkena penyakit asam urat. Diharapkan seseorang bisa menerapkan semaksimal mungkin hal tersebut, agar bisa terhindar dari penyakit asam urat.

Itulah uraian mengenai tanda tanda asam urat di tangan serta cara mengatasinya. Penyakit asam urat ini, sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor seperti kegemukan, pola makan yang tidak sehat, faktor keturunan obat-obatan tertentu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button