Berita Utama

Kenali Gejala Vertigo dan Cara Mengatasinya Sejak Dini!

Pernah merasakan sensasi pusing hingga berputar-putar? Mungkin itu gejala dari penyakit vertigo. Oleh karenanya, perlu mengenai gejala vertigo dan cara mengatasinya secara dini agar bisa segera ditangani.

Vertigo akan membuat penderitanya merasakan mual, muntah, kehilangan kesimbangan sehingga kesulitan ketika akan berjalan. Melansir dari Medical News Today, vertigo disebabkan dari gangguan otak, telinga bagian dalam hingga saraf sensorik.

Vertigo bisa dialami oleh semua orang, tetapi umumnya penyakit ini diidap oleh lansia (lanjut usia) diatas 60 tahun. Berikut ini gejala vertigo dan cara mengatasinya yang wajib diketahui oleh penderita penyakit ini:

Gejala Vertigo

Pada umumnya, gejala vertigo ialah kepala terasa sakit hingga merasa lingkungan di sekitar berputar-putar kencang. Hal ini biasanya muncul ketika berubah posisi secara tiba-tiba.

Seperti halnya ketika sudah lama duduk untuk menulis tiba-tiba pulpen jatuh. Selain pusing yang luar biasa dirasakan, berikut ini ada beberapa gejala lainnya yang bisa dirasakan oleh penderitanya, antara lainnya:

  • Kepala terasa berat secara tiba-tiba.
  • Kehilangan keseimbangan, badan seakan-akan mau jatuh.
  • Seolah-olah badan terasa ditarik kencang ke satu arah.
  • Penurunan kesadaran.
  • Mual parah (ini terjadi karena pusing yang berlebihan). • Merasa mabuk perjalanan.
  • Telinga berdengung.
  • Kehilangan kesadaran (pingsan).
  • Sakit kepala.

Cara Mengatasi Vertigo

Ketika gejala vertigo diatas muncul, segeralah cari bantuan atau tempat yang aman untuk beristirahat. Pengobatan pada penyakit vertigo biasanya tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Untuk meredakan sakit akibat vertigo, obatan-obatan seperti meclizine dan terapi rehabilitasi vestibular telah terbukti ampuh mengatasi vertigo. Berikut ini beberapa cara mengatasi vertigo yang bisa dicoba:

1. Obat-obatan

Beberapa jenis obat yang tersedia dipercaya bisa meredakan vertigo, seperti antihistamin dan macline. Kedua obat tersebut bisa mengurangi mual dan sensasi mabuk perjalanan. Namun, efek samping dari obat-obatan tersebut menyebabkan kebingungan bahkan amnesia pada lansia.

2. Obat Herbal

Ada cara meredakan pusing akibat vertigo secara alami. Seperti suplemen tertentu untuk cepat tidur ketika vertigo menyerang, termasuk ginkgo biloba dan melatonin. Selain itu ada cara herbal untuk mengatasi vertigo, seperti jahe dan kunyit.

3. Manuver Reposisi Canalith

Manuver reposisi canalith atau dikenal juga dengan istilah Manuver Epley yang digunakan untuk meredakan gejala vertigo. Manuver reposisi ini bisa membantu menggantikan partikel penyebab vertigo dari telinga bagian dalam.

4. Latihan

Ada beberapa latihan yang dapat membantu meredakan pusing akibat penyakit vertigo. Latihan ini mirip dengan metode terapi rehabilitasi vestibular (VRT), VRT ini dirancang disesuaikan dengan jenis penyakit yang dialami. Berikut langkah-langkah latihan untuk meredakan vertigo:

  • Pertama-tama, duduk di tempat tidur dan siapkan bantal di mana bahu akan berada saat merebahkan tubuh.
  • Lalu, putarlah kepala 45 derajat ke kanan.
  • Pertahankan posisi kepala, kemudian rebahkan tubuh dengan bahu di atas bantal.
  • Tahan hingga 30 detik.
  • Kemudian, putar kepala ke kanan 90 derajat, lalu tahan selama 30 detik juga.
  • Perlahan-lahan, posisikan tubuh ke posisi duduk dan turunkan kaki ke sisi tempat tidur.

5. Minyak Esensial

Minyak esensial seperti lavender dan peppermint bisa membantu untuk meredakan mual dan pusing akibat vertigo. Teteskan minyak pada sapu tangan, tisu atau kapas lalu hiruplah.

Belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa minyak esensial dapat meredakan vertigo. Tetapi, untuk sebagian orang menghirup aroma kesukaannya dapat memanjakan dan meredakan pusing.

6. Operasi

Cara terakhir untuk mengatasi vertigo yaitu dengan melakukan operasi. Tindakan ini akan dilakukan oleh dokter jika semua cara untuk mengobati vertigo telah diupayakan.

Itulah beberapa gejala vertigo dan cara mengatasinya. Vertigo merupakan kondisi di mana disekitarnya berputar-putar, upayakan jika vertigo mulai menyerang segeralah minta bantuan dan cari tempat yang aman untuk beristirahat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button