Berita Utama

Ketahui Penyebab Leher Tegang Kepala Pusing dan Gejala Penyakit Apa

Dewasa ini, akan ada kalanya jika seseorang mengalami gangguan kesehatan. Adapun salah satunya yakni leher tegang kepala pusing. Namun, masih banyak yang belum mengetahui penyebab dan penyakit yang bisa ditandai dengan hal tersebut.

Perlu diketahui bahwa, leher yang tegang dan kepala pusing ini bisa terjadi dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, hal ini juga bisa dipicu oleh beberapa penyebab yang berbeda.

Namun hal ini tidak boleh disepelekan, karena bisa saja merupakan salah satu gejala penyakit tertentu. Untuk itu, dalam uraian ini akan diberikan sebuah penjelasan terkait dengan penyebab dan beberapa penyakit yang bisa ditandai dengan leher yang tegang dan juga kepala yang pusing.

Penyebab Leher Tegang dan Kepala Pusing

Ternyata, masih ada beberapa kalangan yang belum mengetahui terkait dengan apa penyebab yang bisa menimbulkan ketegangan pada leher dan disertai pusing. Oleh karena itu, simak beberapa penyebabnya berikut ini:

  • Kebiasaan postur tubuh yang buruk. Ini bisa ditandai dengan kebiasaan seseorang menatap layar gawai dalam waktu yang cukup lama.
  • Stres. Stres ini bisa disebabkan oleh otot yang menegang sehingga bisa menimbulkan rasa leher tegang disertai dengan kepala yang pusing.
  • Posisi tidur yang keliru. Jika tidur tidak dalam posisi yang tepat, maka dapat menyebabkan terjadinya ketegangan otot leher dan disertai dengan pusing.
  • Cedera. Jika pernah mengalami cedera pada leher, maka bisa saja menjadi salah satu penyebab leher terasa tegang disertai dengan rasa pusing di kepala.

Penyakit yang Disertai dengan Leher Tegang dan Kepala Pusing

Setelah mengetahui penyebabnya, maka sebenarnya leher yang tegang dan disertai dengan kepala yang terasa pusing ini merupakan gejala dari penyakit apa? Untuk itu, berikut beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan karena hal ini, diantaranya:

1. Radang Sendi

Adapun penyakit pertama yang ditandai dengan leher tegang kepala pusing yakni radang sendi dan disertai dengan penyakit tertentu. Hal ini, biasanya bisa saja terjadi pada seseorang yang telah memasuki usia tertentu.

Seiring dengan bertambahnya umur, maka untuk resiko terjadi penyakit radang sendi ini juga akan meningkat. Oleh karenanya, biasanya akan muncul sebuah tulang baru dari hasil pengapuran tulang.

Hal ini biasanya akan muncul di antara celah persendian tulang leher. Oleh karenanya, bisa memunculkan rasa tegang pada leher disertai dengan pusing.

2. Otot Tegang dan Saraf Terjepit

Penyakit yang selanjutnya yakni otot tegang. Hal ini biasanya akan disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya menunduk yang dilakukan terlalu lama, posisi tidur yang kurang baik, dan kejang otot.

Selain itu, adanya sebuah pergeseran yang ada pada struktur tulang belakang bahkan juga bisa menyebabkan saraf terjepit. Hal ini juga bisa menimbulkan rasa leher yang menegang disertai dengan pusing.

3. Cedera Kepala dan Leher

Jika seseorang pernah mengalami cedera pada bagian leher dan juga kepala, tentu ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu dari banyaknya faktor yang bisa menyebabkan leher tegang.

Selain itu, tentu juga akan disertai dengan rasa pusing yang cukup serius. Hal ini dikarenakan, jika leher mengalami cedera, maka secara otomatis juga akan bisa membuat kepala dalam posisi yang tertekuk.

Itulah uraian yang bisa diperhatikan terkait dengan hal yang bisa menyebabkan leher tegang kepala pusing. Selain itu, juga telah diberikan uraian terkait dengan beberapa penyakit yang bisa ditandai dengan hal tersebut.

Jika telah mengalami leher yang menegang dan disertai dengan kepala pusing, hal ini tidak bisa disepelekan. Lebih baik segera mengunjungi dokter agar bisa segera ditangani.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button