Berita Utama

Kenali Penyebab Perut Sering Kembung dan 6 Cara Mencegahnya

Banyak orang yang masih tidak tahu apa itu penyebab perut sering kembung padahal mereka sudah sering mengalaminya. Ada bermacam-macam penyebabnya seperti gas berlebihan, isi pencernaan, hormone dan masih banyak faktor lainnya yang dapat memicu kembung.

Karena Perut kembung dapat terjadi karena beberapa faktor dan gejalanya yang tidak bisa diremehkan, diperlukan tindakan pencegahan dari kembung tersebut.  Berikut adalah 6 cara agar terhindar dari perut kembung:

1. Pahami Penyebab Kembung

Penyebab perut sering kembung seringkali dikira akibat gas yang berlebihan. Tetapi sebenarnya peneliti menemukan hanya ada sedikit perbedaan gas dalam tubuh orang yang kembung dengan yang tidak.

Kembung bisa disebabkan beberapa faktor seperti stres, makanan yang mengandung lemak tinggi, kecemasan dan lain-lain. Oleh karena itu, pasien harus mengenali dengan baik apa penyebab perut kembungnya.

2. Batasi Makanan yang Dapat Memicu Kembung

Orang-orang banyak yang mengalami kembung setelah makan-makanan tertentu yang mungkin tidak dapat dicerna oleh mereka. Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kembung seperti brokoli, kol, gandum, apel, kacang dan soda.

Meskipun begitu, tidak semua orang langsung kembung setelah makan makanan dan minuman tersebut. Jadi lebih baik untuk mencatat makanan apa saja yang dikonsumsi dan melihat makanan mana yang dapat memicu kembung pasien.

3. Memeriksa Jika Intoleransi Terhadap Laktosa

Laktosa itu sendiri adalah gula yang ditemukan dalam susu. Untuk mengkonsumsi laktosa tersebut, tubuh memerlukan enzim bernama laktase. Tetapi pada usia dewasa, manusia kebanyakan kehilangan enzim tersebut sehingga laktosa dicerna tanpa enzim. Itulah yang akan menyebabkan kembung.

Oleh karena itu, jika terdeteksi pasien mengalami intoleransi laktosa, maka pasien tersebut perlu mengurangi asupan susu. Pasien juga harus berkonsultasi dengan dokter karena mau bagaimanapun, susu merupakan asupan nutrisi yang baik untuk tubuh.

4. Terbiasa Buang Air Besar untuk Menghindari Sembelit

Sembelit sudah menjangkit sekitar 14% orang di dunia. Sembelit dapat menyebabkan tinja yang keras dan kembung. Itu dikarenakan makanan yang tidak dicerna jadi berada di usus dalam waktu lama dan bisa memudahkan perkembangan bakteri di usus.

Untuk mengurangi sembelit, pasien bisa memulai dengan minum air putih yang banyak, meningkatkan asupan serat dari bijian, buah- buahan dan kacang-kacangan, dan berolahraga secara teratur.  Hal-hal tersebut dapat mengurangi sembelit dan mengurangi kembung.

5. Makan dengan Porsi Kecil

Penyebab perut sering kembung salah satunya adalah gas yang berlebih. Gas yang berlebih bisa diakibatkan karena porsi makan yang terlalu besar yang membuat perut menjadi meregang dan membuat adanya penumpukan gas di dalamnya.

Jadi jika seseorang terindikasi terkena kembung, sebaiknya untuk mengetahui porsi makan yang biasanya dan coba untuk menguranginya sedikit demi sedikit. Ini perlu perut menjadi terbiasa dan tidak ada penumpukan gas lagi.

6. Membatasi Garam dan Lemak

Garam yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan retensi air pada usus dan kembung. Makanan berlemak juga dapat menahan gas di dalam pencernaan sehingga mengakibatkan kembung.

Jadi, untuk pasien kembung perlu untuk mengingat 3 hal tadi,yaitu makan dengan porsi kecil, membatasi konsumsi garam yang berlebihan, dan juga menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi.

Itu tadi adalah penyebab perut sering kembung dan 6 cara mencegahnya. Kembung adalah penyakit di dalam pencernaan sehingga setiap orang harus mengawasi apa yang mereka konsumsi sehingga perut kembung dapat dicegah atau diobati dengan lebih cepat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button