Berita Utama

Kenali Gejala Tifus pada Anak dan Cara Mengatasinya

Gejala tifus pada anak menjadi salah satu gejala yang membuat seluruh orang tua akan merasa panik. Jika anak terkena gejala tifus, para orang tua dipastikan akan sangat panik karena penyakit ini akan datang begitu saja.

Ya, penyakit tifus ini biasanya datang secara tiba-tiba. Karena itu, semua orang tua harus mengetahui gejala tifus agar bisa mengatasi dengan tenang apabila anak terkena penyakit ini.

Kenali Gejala Tifus pada Anak

Jika para orang tua masih bingung gejala yang muncul apa saja jika anak terkena penyakit tifus. Berikut ini gejala yang sering timbul apabila anak terkena penyakit tifus.

1. Penyakit Demam yang tak Kunjung Redah Hingga Lebih dari Tiga Hari

Gejala tifus pada anak yang pertama yaitu penyakit demam yang tidak kunjung redah hingga lebih dari tiga hari. Jika orang tua mendapati anaknya sedang demam selama tiga hari, orang tua harus bisa mengantisipasi hal tersebut.

Kenapa? Jika anak sudah terkena demam selama tiga hari lebih, bisa jadi anak tersebut terkena penyakit tifus. Oleh sebab itu, orang tua harus segera membawa anak tersebut ke dokter agar bisa diberikan pengobatan yang terbaik.

2. Muntah Terus Menerus

Gejala tifus pada anak yang kedua yaitu muntah terus menerus. Jika para anak kedapatan muntah yang tidak wajar, para orang tua harus segera memeriksanya.

Ya, orang tua harus segera membawa anak tersebut ke dokter untuk diobati. Karena salah satu gejala penyakit tifus yang sering muncul pada semua anak yaitu muntah yang terjadi secara terus menerus.

3. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan menjadi penyebab gejala tifus yang terjadi pada semua anak. Contoh gangguan pencernaan yang sering muncul pada anak seperti, susah buang air besar atau diare.

Jika para orang tua mengetahui anaknya terkena gangguan pencernaan, mereka harus sigap untuk segera membawa ke dokter. Kenapa? Karena gangguan pencernaan menjadi salah satu gejala tifus yang sering terjadi pada anak.

Biasanya jika para orang tua sigap membawa anak yang terkena gejala tifus, anak tersebut akan sembuh dalam jangka waktu 3-4 hari.

Cara Mengatasinya

Gejala tifus memang menjadi hal yang sangat ditakutkan terutama bagi para ibu rumah tangga. Untuk itu, semua ibu rumah tangga selain mengetahui gejala tifus pada anak, juga harus bisa mengetahui cara mengatasi jika anak terkena gejala tifus.

Berikut ini cara mengatasi penyakit tifus yang bisa diterapkan oleh semua para orang tua:

1. Memberi Makanan yang Bernutrisi

Makanan yang bernutrisi sangat penting bagi kesehatan anak. Jika para orang tua memberikan makanan yang bernutrisi, para anak akan bebas dari berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu penyakit tifus.

Makanan-makanan seperti ikan, sayur, buah-buahan dan juga telur menjadi makanan yang bisa membuat anak akan sehat. Karena itu, para ibu rumah tangga harus bisa memberikan makanan yang bernutrisi agar para anak terhindar dari gejala tifus

2. Memastikan Istirahat Anak dengan Cukup

Istirahat yang cukup menjadi salah satu pengobatan yang baik yang bisa dilakukan oleh semua kalangan. Oleh karena itu, para ibu rumah tangga harus bisa memastikan istirahat yang cukup bagi anaknya.

Biasanya, jika anak terkena penyakit tifus, anak tersebut harus beristirahat selama seminggu total. Hal ini dilakukan agar penyakit tifus pada anak memang benar sudah teratasi.

3. Obat-Obatan

Minum obat menjadi alternatif yang sesuai bagi ibu rumah tangga yang ingin anaknya sembuh dengan cepat. Yang bisa diberikan oleh ibu rumah tangga yaitu obat seperti kapsul, tablet dan obat sirup.

Namun, orang tua harus bisa mengontrol para anak dalam mengkonsumsi obat-obatan. Karena, jika para anak mengkonsumsi secara berlebihan, itu juga tidak baik bagi kesehatan anak.

Itulah gejala dan cara yang bisa diterapkan oleh semua ibu rumah tangga untuk mengatasi penyakit tifus. Meski penyakit tersebut telah hilang, akan tetapi, para orang tua harus tetap waspada karena gejala tifus bisa datang secara tiba-tiba.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button