Berita Utama

Manfaat Daun Kenikir untuk Kanker Payudara, Simaklah Penjelasannya!

Pengobatan kanker payudara beragam caranya, namun pengobatan yang sering dilakukan baru menggunakan cara medis atau resep dokter. Namun, selain cara tersebut ternyata  manfaat daun kenikir untuk kanker payudara juga banyak tetapi belum banyak dikenal masyarakat.

Kanker payudara adalah jenis kanker yang menyerang bagian organ payudara, hal ini terjadi karena sel pada  payudara membelah. Kanker payudara ini tentunya sudah tidak asing lagi didengar karena sudah sering diderita khususnya oleh kaum wanita.

Mengenal Tanaman Kenikir

Tentunya sudah banyak yang kenal dengan tanaman kenikir, dimana kenikir merupakan tanaman yang mirip dengan seledri namun kenikir lebih panjang. Kenikir ini termasuk tanaman yang masuk ke dalam genus Cosmos dengan spesies Cosmos caudatus Kunt.

Daun dari tanaman kenikir memiliki banyak kandungan senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid, tanin, saponin, minyak atsiri, polifenol dan lainnya. Dari kandungan tersebut yang menjadikan tanaman kenikir ini dapat dimanfaatkan sebagai obat termasuk obat kanker payudara.

Manfaat Daun Kenikir untuk Pengobatan Kanker Payudara

Mungkin sejauh ini masih banyak kaum awam yang menanyakan tentang khasiat dari daun kenikir untuk apa saja. Karena kebanyakan orang sampai sejauh ini masih banyak yang memanfaatkan daun kenikir hanya digunakan sebagai sayuran saja terutama lalapan.

Perlu diketahui daun kenikir ini sebenarnya memiliki khasiat yang begitu banyak untuk menunjang kesehatan tubuh. Nah, disini akan dibahas mengenai manfaat daun kenikir untuk kanker payudara yang akan menjadi sumber ilmu, dengan manfaat sebagai berikut:

1. Mampu Melawan Kanker Payudara

Di dalam daun kenikir sendiri memiliki kandungan senyawa metabolit sekunder berupa saponin, terpenoid, serta terpenoid. Kandungan senyawa tersebut memiliki sifat antikarsinogenik, dimana zat ini mampu melawan serta mencegah adanya pertumbuhan dan juga perkembangan  sel kanker.

Selain mampu melawan kanker payudara, daun kenikir ini juga bisa dimanfaatkan untuk melawan kanker lambung serta kanker hati. Untuk itu mengkonsumsi kenikir itu perlu dilakukan dan kalau bisa sering supaya lebih efektif dalam mencegah pertumbuhan kanker.

2. Mampu Membunuh Sel Kanker

Terdapat banyak penelitian sekali yang menyatakan bahwa daun kenikir ini memiliki manfaat untuk membunuh sel kanker. Contoh penelitiannya yaitu ada penelitian yang dilakukan oleh Prof Henry Lai dan juga penelitian bioengineering di University of Washington.

Dari penelitian tersebut dijelaskan bahwa daun kenikir mampu membunuh sel kanker kurang lebih dalam kurun waktu hanya 16 jam. Hal ini terjadi karena pada daun kenikir memiliki zat artemisinin yang bermanfaat untuk membunuh sel kanker.

3. Mampu Mencegah Kanker Payudara

Banyak sekali penelitian-penelitian secara ilmiah yang menemukan bahwa daun kenikir ini mampu mencegah kanker payudara. Akan tetapi, untuk penelitian yang dilakukan secara medis belum pernah dilakukan sehingga belum ada hasil yang bisa dilihat dan disimpulkan.

Daun kenikir ini mengandung beberapa senyawa seperti antioksidan dan juga anti radang yang mampu mencegah pertumbuhan kanker payudara. Untuk itu tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi daun kenikir secara langsung untuk membuktikannya khasiatnya sebagai obat pencegah kanker payudara.

Cara Pengolahan Daun Kenikir sebagai Obat Kanker Payudara

Cara pengolahan daun kenikir sampai saat ini masih dilakukan secara tradisional karena belum ada medis yang memanfaatkan daun kenikir ini. Cara tradisional yang digunakan yaitu dengan cara dilalap secara langsung dan dibuat ekstrak daun kenikir.

Dari hal tersebut daun kenikir sudah bisa dikonsumsi secara langsung, sehingga kesehatan tubuh terjaga dari penyakit tanpa ribet dalam pengolahannya. Salah satu manfaat daun kenikir bagi kesehatan yaitu mampu mencegah dan juga membunuh sel kanker payudara.

Itulah penjelasan mengenai manfaat daun kenikir untuk kanker payudara yang belum banyak diketahui oleh orang-orang. Dengan cara mengonsumsi yang mudah dan praktis tentunya tidak menyusahkan konsumen, untuk itu mari konsumsi daun kenikir untuk menjaga kesehatan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button