Berita Utama

Cara Menghilangkan Mual dan Pusing Saat Hamil Muda, Paling Ampuh

Saat hamil muda, umumnya merasakan ketidaknyamanan, sehingga perlu mencari cara menghilangkan mual dan pusing saat hamil muda. Hal ini biasa juga disebut morning sickness meskipun ibu hamil juga mengalaminya siang dan malam.

Mual dan pusing ini sedikit banyak mempengaruhi produktivitas ibu hamil. Karena itu, ada banyak cara yang dapat dicoba oleh ibu hamil untuk menguranginya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Menghirup Udara Segar

Ibu hamil dapat membiasakan diri berjalan kaki di pagi hari. Salah satu cara menghilangkan mual dan pusing saat hamil muda adalah menghirup udara segar. Selain itu, usahakan sirkulasi lancar. Salah satunya dengan membuka jendela rumah ibu hamil.

2. Menghindari Bau Pemicu

Ada banyak hal yang membuat penciuman ibu menjadi sensitif selama hamil muda. Ada yang karena mencium bau makanan tertentu, atau bahkan aroma suaminya sendiri. Sebisa mungkin ibu hamil berusaha menjauhi pemicu mual.

3. Menjaga Kebutuhan Cairan

Ibu hamil membutuhkan asupan cairan sebanyak minimal dua liter per hari. Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi ringan. Cukup cairan dapat mencegah pusing pada ibu hamil. Bisa juga minum air kelapa atau infused water.

4. Makan dalam Porsi Sedikit tapi Sering

Makan dalam porsi banyak dapat memicu mual. Makan dalam porsi sedikit dapat menjadi salah satu cara menghilangkan mual dan pusing saat hamil muda. Perbanyak makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi.

5. Mengurangi Makanan yang Bisa Memicu

Makanan asam dan pedas biasanya memicu asam lambung menjadi naik. Mual dapat timbul karena asam lambung ini. Karena itu, ibu hamil disarankan jangan mengkonsumsi makanan pedas dan asam.

6. Mengkonsumsi Buah Dingin

Ibu hamil dapat mengurangi mual dengan mencoba konsumsi buah dingin. Misalnya pepaya, apel, atau semangka yang sudah dipotong dan disimpan di kulkas. Selain buah dingin, bisa juga mengkonsumsi pisang yang kaya B6 yang bisa mengurangi mual untuk ibu hamil muda.

7. Memilih Vitamin Prenatal

Dalam beberapa kasus, vitamin untuk kehamilan kadang bisa memicu rasa mual. Jika vitamin yang dikonsumsi memang memicu muntah, konsultasikan ke dokter. Dokter dapat memberikan pengganti vitamin lain atau obat untuk mual.

8. Memakai Pakaian yang Tidak Ketat

Pakaian yang ketat dapat menekan perut ibu hamil, di mana perut sering mengalami mual. Memakai pakaian yang longgar dapat memberikan ruang bernapas untuk bagian perut ibu hamil.

9. Minum Air Jahe atau Makan Permen Jahe

Ibu hamil dapat meminum air rebusan jahe dan menambahkan gula untuk energi. Jahe dikenal sebagai rempah-rempah yang dapat mengatasi rasa mual, namun ibu hamil perlu konsultasi ke dokter dulu agar lebih aman.

10. Tidak Bangun dari Tidur Secara Terburu-Buru

Bangun terburu-buru dapat memicu pusing. Sebelum bangun tidur, biasakan membuka mata dan diam sejenak. Setelah itu, memiringkan tubuh ke kanan atau kiri, kemudian gunakan bantuan tangan untuk bangkit dari posisi tidur menyamping.

11. Menggunakan Aromaterapi

Meneteskan minyak esensial pada diffuser atau sebaskom air hangat dapat membantu meredakan mual dan pusing. Beberapa minyak yang sering dipakai ibu hamil muda adalah lavender, lemon, dan mint.

Ada banyak cara menghilangkan mual dan pusing saat hamil muda. Morning sickness masih wajar dan umum dialami banyak orang, namun jika sangat mengganggu, segeralah ke dokter.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button