Berita Utama

Cara Mengatasi Mata Bintit Secara Alami dan Mudah

Banyak orang belum tahu cara mengatasi mata bintit secara alami padahal mudah. Perlu diketahui mata bintit merupakan kondisi ketika muncul bintil di bagian mata, tentunya kondisi ini cukup mengganggu.

Mata bintit dapat terjadi karena adanya suatu bakteri di kelopak mata yang menyumbat kelenjar minyak. Tak hanya itu kulit mati dan kuman pada bagian ujung kelopak mata juga dapat menimbulkan terjadinya mata bintit.

Cara Mengatasi Mata Bintit

Bagi yang merasakan mata bintit, hal tersebut bukanlah hal yang biasa dan tentunya mengganggu aktivitas dan juga rasa percaya diri. Jangan risau, berikut penulis membagikan beberapa tips untuk mengatasi mata bintit secara alami dan mudah:

1. Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Seharian beraktivitas tentunya mengundang debu-debu dan kotoran menempel pada tubuh bagian luar termasuk mata. Apalagi jika mata sedang terkena bintitan, maka harus rajin dibersihkan terutama sebelum tidur, setelah beraktivitas sehari penuh.

2. Menggunakan Sabun Wajah yang Ringan

Bagian di sekitar mata memiliki jenis kulit yang lebih tipis dan sensitif daripada bagian lainnya, terutama jika sedang mengalami bintitan. Oleh karena itu, saat terkena mata bintit disarankan untuk menggunakan jenis sabun yang lebih ringan.

3. Menggunakan Pelindung Mata/Kacamata

Saat mengalami bintitan, mata sedang berada dalam keadaan sensitif dan terdapat banyak bakteri di dalamnya. Untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke mata yang bisa memperparah bintitan, disarankan untuk menggunakan penutup mata seperti kacamata atau lainnya.

4. Mengompres Mata dengan Kompresan Hangat

Bisa menggunakan kain lap bersih kecil, celupkan ke dalam air hangat, lalu tempelkan pada mata yang terkena bintit. Lakukan selama lima belas menit secara rutin selama mata bintitan, tips ini dapat mempercepat mengempeskan mata bintit.

5. Mengompres Mata dengan Kantung Teh Hitam

Kantung teh hitam direndam dalam air panas selama satu menit seperti akan membuat teh, kemudian kantung teh ditempelkan dengan mata. Cara ini dipercaya ampuh mengatasi bintitan karena terdapat kandungan teh hitam yang berkhasiat sebagai antibakteri.

6. Hindari Memegang Mata dengan Tangan Kotor

Memegang mata dengan tangan kotor akan menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran dan dapat menghambat penyembuhan bintitan atau bahkan memperparah. Oleh karena itu, jika ingin memegang mata, pastikan tangan dalam keadaan bersih, atau gunakan lap yang bersih.

7. Hindari Penggunaan Softlens

Penggunaan softlens pada mata memiliki banyak resiko dan seringkali menyebabkan iritasi dan sakit pada mata. Softlens yang digunakan terkadang menyimpan kotoran yang tidak terlihat dan bisa menyebabkan mata bintit semakin parah.

8. Jangan Gunakan Make Up di Sekitar Mata

Menggunakan make up di sekitar mata memberi resiko masuknya bahan-bahan make up ke dalam mata dan bisa mengiritasi mata. Jika teriritasi penyembuhan bintit bisa terhambat selain itu dapat menyebarkan bakteri melalui alat make up.

9. Beristirahat yang Cukup

Mata bintit merupakan salah satu penyakit akibat infeksi bakteri, dimana bakteri atau mikroba menyerang mata. Bakteri dapat menginfeksi tubuh ketika sistem imunitas tubuh lemah, dengan beristirahat tubuh akan membentuk imunitas yang kuat untuk melawan patogen.

Cara Menghindari Mata Bintitan

Meskipun mata yang mengalami bintitan bisa diatasi dengan cara-cara di atas, tetap mencegah sebelum hal itu terjadi lebih baik. Oleh karena itu, penulis juga akan memaparkan beberapa tips untuk mencegah mata bintit, sebagai berikut:

  • Gunakan pelindung mata saat ke tempat yang berdebu atau keluar rumah
  • Hindari memegang mata ketika tangan kotor
  • Hindari mengucek mata saat gatal/kelilipan
  • Rajin membersihkan mata dengan tangan bersih
  • Hindari berbagi handuk atau kain wajah dengan orang lain
  • Bersihkan wajah dari kosmetik ataupun kotoran sebelum tidur

Demikian artikel cara mengatasi mata bintit secara alami dan mudah yang semoga dapat memberi manfaat kepada para pembaca. Jagalah selalu kebersihan dan kesehatan karena obat yang paling baik adalah mencegah sebelum penyakit itu sendiri datang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button