Berita Utama

Simak! Ini Dia 7 Cara Memutihkan Mata yang Kekuningan dengan Mudah

Cara memutihkan mata yang kekuningan adalah hal yang cukup banyak dicari orang di internet. Ini dikarenakan bola mata yang terlihat menguning akan membuat seseorang terlihat lelah dan menjadi tidak percaya diri.

Biasanya mata menguning karena ada masalah pada hati. Ada beberapa cara untuk memutihkan bola mata yang sudah kekuningan. Berikut 7 cara mudah memutihkan mata yang kekuningan:

1. Memakan Buah dan Sayuran Segar

Buah dan sayuran memiliki khasiat untuk membuat mata menjadi putih dan segar karena kandungan vitamin dan antioksidan yang ada di dalamnya. Buah dan sayuran segar yang bisa dikonsumsi contohnya adalah wortel, labu, jeruk, dan lemon.

Sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Buah dan sayuran juga dapat mendetoksifikasi hati yang membuat mata menjadi jernih dan cerah.

2. Tidur

Cara memutihkan mata yang kekuningan selanjutnya adalah tidur. Setiap orang perlu tidur selama 7-8 jam perhari. Tidak hanya untuk membuat tubuh segar dan memperbaiki setiap sel-sel lama, tidur yang cukup juga dapat membuat mata menjadi putih.

Tidur menjadi sangat penting untuk mata karena dengan tidur yang cukup, mata yang sebelumnya kelelahan akan menjadi segar lagi.

3. Minum Air Putih

Tubuh harus selalu terhidrasi. Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, akan mengurangi bengkak dan kekuningan yang ada pada mata.

Dianjurkan untuk meminum sekitar 8-10 gelas per hari untuk menjaga tubuh terhidrasi dan menjaga mata tetap putih dan jernih.

4. Hindari Penyebab Iritasi pada Mata

Ada banyak hal-hal yang menjadi penyebab iritasi pada mata. Contohnya, asap, debu, dan serbuk bunga. Hal-hal yang menyebabkan iritasi pada mata itu akan membuat mata jadi tampak kekuningan dan lelah.

Hindari tempat-tempat yang banyak penyebab iritasi. Lindungi mata anda menggunakan helm atau kacamata saat bepergian ke luar ruangan.

5. Istirahatkan Mata

Mata yang lelah juga  bisa menjadi penyebab mata kekuningan. Salah satu hal yang membuat mata menjadi lelah adalah seharian menatap layar gadget seperti smartphone dan computer.

Maka dari itu, cobalah kurangi pemakaian gadget harian. Tetapi jika diharuskan menatap layar gadget dengan lama, kurangi kecerahan layar dan tatap objek kejauhan setiap 20 menit.

6. Membersihkan Mata dengan Air Garam

Jika mata sudah menguning dan tampak kelelahan, air garam dapat menjadi solusi. Garam berfungsi untuk mengurangi kotoran yang ada pada mata dan membersihkan mata.

Masukkan air bersih ke ember, lalu tuang sendok teh garam ke dalamnya. Celupkan wajah ke dalam ember dan cobalah untuk berkedip berapa kali di dalam air. Dengan begitu, garam dapat membersihkan mata anda.

7. Mengompres Mata dengan Teh Celup

Cara memutihkan mata yang kekuningan yang terakhir adalah Mengompres mata dengan teh celup. Kandungan flavonoid pada teh celup memiliki manfaat membuat mata menjadi lebih rileks. Mata yang rileks akan membuat bola mata menjadi jernih kembali.

Celupkan kantong teh dalam air, kemudian angkat dan masukkan ke kulkas dan simpan selama 30 menit.  Setelah itu, kompres mata dengan menggunakan kantong teh tadi dan diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan mata dengan kain bersih.

Itu tadi tujuh cara memutihkan mata yang kekuningan dengan mudah. Bola mata yang putih bersih tentu akan membuat seseorang tampak segar dan menjadi sangat percaya diri tampil di depan umum.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button